ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA UNTUK PERANCANGAN KONSEPTUAL APLIKASI MOBILE NUSALEARN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA

Authors

  • Ni Komang Bintang Kertika Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6663

Abstract Views: 77 File Views: 44

Abstract

Penelitian ini menganalisis kebutuhan pengguna untuk pengembangan NusaLearn, aplikasi mobile pembelajaran budaya. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan kuisioner pada responden usia 15–25 tahun, data dianalisis dengan statistik deskriptif dan metode Indeks Penting Relatif (RII). Hasil menunjukkan bahwa mayoritas responden memperoleh pengetahuan budaya melalui media digital, dengan preferensi pada fitur game edukasi dan pembelajaran berbasis game. Tantangan utama yang dihadapi adalah keterbatasan informasi budaya yang terpercaya. Gamifikasi dianggap penting untuk meningkatkan motivasi belajar. Temuan ini menjadi dasar dalam merancang fitur NusaLearn yang mendukung pelestarian budaya dan literasi budaya generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Candra and R. Okra, “Perancangan Media Pembelajaran Mobile Programming Berbasis Android Di Prodi PTIK IAIN Bukittinggi,” J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 1, pp. 183–190, 2022.

N. Kadek Risma Juniantari and I. N. Tri Anindia Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i1.2379.

I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P. Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 25–29, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i1.29289.

I. N. T. A. Putra and K. S. Kartini, “Implementation of Mobile-Based Interactive Learning Media Case Study : Class Xi Hydrocarbons Material,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 43–52, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i2.28536.

K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Redoks J. Pendidik. Kim. Dan Ilmu Kim., vol. 3, no. 2, pp. 8–12, 2020, doi: 10.33627/re.v3i2.417.

K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981.

C. K. Nugraha, G. F. Nama, and H. Diap Septama, “Rancang Bangun Sistem Layanan Ambulance Gratis Kota Bandar Lampung Berbasis Android,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.23960/jitet.v9i2.2821.

B. Ertl and H. Mandl, “Providing macrostructure for microlearning,” Didact. Microlearning, no. July, 2007, [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=J0-KAwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA283&dq=microlearning&ots=3uJ4CawGqs&sig=cUi7P8q0ex_U6ZRHA91omB6K0rY

I. D. N. M. Suputera, I. M. A. Pradnyana, and I. K. R. Arthana, “Usability Testing pada Sistem Informasi Akademik New Generation (SIAK-NG) Undiksha Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa,” Inser. Inf. Syst. Emerg. Technol. J., vol. 3, no. 1, pp. 14–27, 2022, doi: 10.23887/insert.v3i1.43173.

H. S. Vitry and Syamsir, “Analisis Peranan Pemuda Dalam Melestarikan Budaya Lokal Di Era Globalisasi,” Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, vol. 3, no. 88, pp. 1–12, 2024.

F. S. Tanggur, Y. L. Haba, I. R. Lado, M. Mafo, E. Naldison, and W. Lulu, “TRANSFORMASI NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL DI ERA DIGITAL PADA GENERASI Z KOTA KUPANG,” vol. 9, no. 1, pp. 273–278, 2025.

B. Warsita, “Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif,” J. Teknodik, vol. XIV, no. 1, pp. 062–073, 2018, doi: 10.32550/teknodik.v14i1.452.

N. Nurbani and H. Puspitasari, “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 1908–1913, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2357.

A. D. Kurniasih, S. Sunardi, and S. Sariyatun, “Analisis dan perancangan mobile learning berbasis cagar budaya di Kabupaten Sragen sebagai media pembelajaran sejarah,” Historiography, vol. 3, no. 1, p. 126, 2023, doi: 10.17977/um081v3i12023p126-139.

S. Eko, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android Dengan Metode Rad,” J. Ilmu Komput. JIK, vol. 5, no. 01, pp. 30–39, 2022.

R. Rendrahadi, A. Handojo, and A. Setiawan, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia pada Mobile Device Berbasis Android,” J. Infra, vol. 5, no. 1, pp. 6–10, 2017, [Online]. Available: http://www.php.net.

E. Krisnanik, B. S. Yulistiawan, I. H. Indriana, and B. Yuwono, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pelestarian Budaya Dan Wujud Bela Negara,” J. Bela Negara UPN Veteran Jakarta, vol. 1, no. 2, pp. 83–98, 2023.

H. M. . Nahak, “Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi,” J. Sosiol. Nusant., vol. 5, no. 1, pp. 65–76, 2019, doi: 10.33369/jsn.5.1.65-76.

A. A. Siswoyo, B. R. Wijaya, and R. C. Nizar, “Multimedia Interaktif Game Edukasi Terintegrasi Kearifan Lokal Madura untuk Menanamkan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu …, vol. 5, no. 6, pp. 2879–2888, 2023, [Online]. Available: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5820

J. Hamari, J. Koivisto, and H. Sarsa, “Does Gamification Work?,” Proc. Annu. Hawaii Int. Conf. Syst. Sci., vol. January, no. 6–9, pp. 3025–3034, 2019.

F. Fitriyah and M. Bisri, “Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 9, no. 2, pp. 67–73, 2023, doi: 10.26740/jrpd.v9n2.p67-73.

S. Rakhma et al., “Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa SD,” vol. 5, no. 4, pp. 6552–6556.

T. Puspitasari and D. Anggraeni, “Pendekatan Games Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bagi Relawan Gemma Insani Indonesia,” J. Komunitas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 16–21, 2019, doi: 10.31334/jks.v2i1.288.

Nur Azmi Alwi and Putri Lestari Agustia, “Penggunaan Media Vidio Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” J. Bintang Pendidik. Indones., vol. 2, no. 3, pp. 183–190, 2024, doi: 10.55606/jubpi.v2i3.3095.

D. Daryanti, D. Desyandri, and Y. Fitria, “Peran Media dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 215–221, 2019, doi: 10.31004/edukatif.v1i3.46.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Putri, N. K. B. K., & Putra, I. N. T. A. (2025). ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA UNTUK PERANCANGAN KONSEPTUAL APLIKASI MOBILE NUSALEARN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6663

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2