PERANCANGAN UI APLIKASI PENGINGAT MINUM AIR BERBASIS GAMIFIKASI DENGAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6430Abstract Views: 305 File Views: 220
Abstract
Aplikasi pengingat minum air berbasis gamifikasi dirancang untuk membantu pengguna menjaga dan terhindar dari hidrasi dengan pendekatan interaktif dan menyenangkan. Dalam penelitian ini, metode gamifikasi diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna melalui sistem poin, dan hadiah. Perancangan aplikasi menggunakan metode Design Thinking dengan tahapan analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi dalam aplikasi pengingat minum air dapat meningkatkan kepatuhan pengguna dalam memenuhi kebutuhan cairan harian. SUS Skor yang di dapat dari 30 responden adalah 82 yang bisa di kategorikan Good. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan berbasis permainan dapat menjadi solusi efektif dalam mengubah kebiasaan kesehatan sehari-hari.
Downloads
References
N. A. Masento, M. Golightly, D. T. Field, L. T. Butler, and C. M. van Reekum, “Effects of hydration status on cognitive performance and mood,” British Journal of Nutrition, vol. 111, no. 10, pp. 1841–1852, 2014. doi:10.1017/S0007114513004455
D. Kunjuzwa, B. Scholtz, and I. Fashoro, “An Indigenous Knowledge System for Promoting Awareness of Water Resource Issues,” in 2021 IST-Africa Conference (IST-Africa), 2021, pp. 1–9.
M. Yildiz, D. Hepdogan, and A. Coskun, Living Better with Water: Identifying Design Considerations for Products Aimed at Motivating Regular Water Intake. 2019.
H. E. P. Sari, D. Sunardi, K. Sutanto, D. N. Chandra, D. Friska, and P. N. C. Insani, “Effect of smartphone application with reminder on total fluid intake adequacy and hydration status among adults in Bontang, East Kalimantan,” World Nutrition Journal, vol. 7, no. 2, pp. 46–53, Feb. 2024.
I. Made et al., “PELATIHAN PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI BAGI GURU-GURU SMK SE-KECAMATAN GEROKGAK,” J. WIDYA LAKSANA, vol. 9, pp. 120–124, Jan. 2020, doi: 10.23887/jwl.v9i1.22369.
I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, and N. N. Widiyaningsih, “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA MATERI HIDROKARBON
K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID”, JPKI, vol. 4, no. 1, pp. 12–19, Apr. 2020.
K. Kartini, I. Yusa, I. Adnyana, and I. N. T. A. Putra, “Impact of augmented reality on high school students’ motivation and understanding of acid-base titration concepts,” Edelweiss Appl. Sci. Technol., vol. 8, pp. 7559–7569, Dec. 2024, doi: 10.55214/25768484.v8i6.3638.
I Nyoman Tri Anindia Putra,Anak Agung Dewi Puspita Sari, Nyoman Trinity Laksmi Maharani, “Perancangan User Interface Pura Teluk Terima Dengan Metode Design Thinking”, teknois. jurnal. ilmiah. teknologi. informasi. dan. sains, vol. 13, no. 2, pp. 221–233
K. Cahyadi, I. Indradewi, and P. Pratiwi, “UI/UX Design for Mobile-based Sports Instructor Search Application ‘Befind’ using Design Thinking,” SISTEMASI, vol. 12, p. 835, Sep. 2023, doi: 10.32520/stmsi.v12i3.2986.
P. Y. Pratiwi, I. M. A. Pradnyana, and N. K. W. Damayanti, “Usability Analysis on Digital Library Information System using System Usability Scale (SUS),” in 2023 International Conference on Electrical and Information Technology (IEIT), 2023, pp. 293–298. doi: 10.1109/IEIT59852.2023.10335582.
I. N. T. A. . Putra, I. G. I. . Sudipa, N. M. S. D. Sukerthi, and N. P. Y. Yunia, “Analisis User Experience Pada Layanan Telekomunikasi Operator Seluler Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) ”, digitech, vol. 3, no. 1, pp. 49-57, Jun. 2023.
N. Widyasari, I. Arthana, and P. Pratiwi, “Perbaikan Pengalaman Pengguna Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha Menggunakan Metode Design Thinking,” Techno Com, vol. 23, pp. 149–162, Feb. 2024, doi: 10.62411/tc.v23i1.9352.
G. S. Mahendra and I. K. A. Asmarajaya, “Evaluation Using Black Box Testing and System Usability Scale in the Kidung Sekar Madya Application”, SinkrOn, vol. 6, no. 4, pp. 2292-2302, Oct. 2022.
N. W. Utami, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “EVALUASI USABILITY PADA E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DENGAN METODE USABILITY TESTING”, j. nas. pendidik. teknik. inform., vol. 9, no. 1, pp. 107–118, Apr. 2020.
I. Walhidayah, A. Pradnyana, and I. Putra, “Evaluasi Usability Aplikasi Rudaya Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire,” Techno.Com, vol. 21, pp. 667–679, Aug. 2022, doi: 10.33633/tc.v21i3.6392.
K. Dodi, I Nyoman Tri Anindia Putra, and I. K. D. Saputra, “USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS) ”, J. Teknik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 113-120, Jul. 2023.
N. L. G. Aprilianti and I. N. Putra, “ANALISIS SISTEM INFORMASI SMA NEGERI 1 KERAMBITAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE”, MIU, vol. 19, no. 1, pp. 3-11, Apr. 2021.
B. Baldassarre, G. Calabretta, I. O. Karpen, N. Bocken, and E. J. Hultink, “Responsible Design Thinking for Sustainable Development: Critical Literature Review, New Conceptual Framework, and Research Agenda,” J. Bus. Ethics, vol. 195, no. 1, pp. 25–46, 2024, doi: 10.1007/s10551-023-05600-z.
M. A. M. Baldoz, E. M. Y. Jabilles, and R. R. Seva, “TIKETAP: Designing a Smartphone App for Traffic Violation Tickets Through Design Thinking Process,” in 2021 IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management (IEEM), 2021, pp. 1422–1426. doi: 10.1109/IEEM50564.2021.9672868
J. Andrianda and W. Dhewanto, “Research, Development and Design for Product Development SAC: Interaction Design Mobile Web Application Using User Centered Design Methodology,” Int. J. Curr. Sci. Res. Rev., vol. 06, Dec. 2023, doi: 10.47191/ijcsrr/V6-i12-82.
J. Liedtka, R. Salzman, and D. Azer, Design Thinking for the Greater Good: Innovation in the Social Sector. 2017. doi: 10.7312/lied17952.
M. Sain, M. Rizkiawan, M. Rahmat, and M. Sidik, “OPTIMALISASI PENGALAMAN PENGGUNA: REDESIGN UI/UX WEBSITE SIMAKIP UHAMKA DENGAN METODE DESIGN THINKING.,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 13, Jan. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.5479.
S. Borsci, S. Federici, A. Malizia, and M. L. De Filippis, “Shaking the usability tree: why usability is not a dead end, and a constructive way forward,” Behav. Inf. Technol., vol. 38, pp. 519–532, May 2019, doi: 10.1080/0144929x.2018.1541255.