EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI WONDR BY BNI MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6428Abstract Views: 501 File Views: 367
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengalaman pengguna aplikasi wondr by BNI menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Evaluasi berfokus pada pengukuran enam dimensi UX: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner daring yang diisi oleh 35 responden pengguna aplikasi. Data dianalisis menggunakan UEQ Data Analysis Tool yang menghasilkan nilai rata-rata positif untuk seluruh dimensi: daya tarik (1,98), kejelasan (2,24), efisiensi (2,22), ketepatan (1,75), stimulasi (1,67), dan kebaruan (1,19). Berdasarkan perbandingan benchmark, dimensi daya tarik, kejelasan, efisiensi, dan ketepatan berada pada kategori "Excellent" (dalam rentang 10% hasil terbaik), sementara dimensi stimulasi dan kebaruan berada pada kategori "Good" (10% hasil lebih baik, 75% hasil lebih buruk). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi WONDR by BNI telah memberikan pengalaman pengguna yang positif secara keseluruhan, meskipun masih memerlukan peningkatan pada aspek stimulasi dan kebaruan. Untuk pengembangan selanjutnya, direkomendasikan penambahan fitur offline, peningkatan elemen interaktif, dan integrasi dengan layanan pihak ketiga untuk memperkuat ekosistem digital aplikasi.Downloads
References
J. E. Muh. Hamzah, Ahmad Shofi, Daud Em Paulia, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI WONDR BY BNI TERHADAP KEPUASAN NASABAH ( STUDI KASUS : BANK BNI KCP PAITON ),” J. Manaj. Perbank. Keuang. Nitro, vol. 8, no. 1, pp. 38–51, 2024, doi: 10.56858/jmpkn.v8i1.400.
A. P. Simamora, A. Yanto, and W. Winanti, “Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Bank Digital Seabank Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq),” Insa. Pembang. Sist. Inf. dan Komput., vol. 11, no. 2, p. 1, 2023, doi: 10.58217/ipsikom.v11i2.254.
N. A. Puspita, S. Subono, and S. P. Kristanto, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Website Alam Privat Indonesia Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Metode Human Centered Design (Hcd),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4729.
A. Hinderks, M. Schrepp, F. J. Domínguez Mayo, M. J. Escalona, and J. Thomaschewski, “Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire,” Comput. Stand. Interfaces, vol. 65, no. February, pp. 38–44, 2019, doi: 10.1016/j.csi.2019.01.007.
M. Schrepp, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S),” Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 4, no. 6, p. 103, 2017, doi: 10.9781/ijimai.2017.09.001.
M. Schrepp, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 4, no. 4, p. 40, 2017, doi: 10.9781/ijimai.2017.445.
C. Paper, M. Schrepp, A. Hinderks, and A. Hannover, “Applying the User Experience Questionnaire (UEQ) in different evaluation scenarios,” vol. 8517, no. January 2015, 2014, doi: 10.1007/978-3-319-07668-3.
I. N. T. A. Putra, V. T. Djani, and Fariani, “Analisis User Experience Pada E-Wallet GoPay Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 3, pp. 294–300, 2023.
N. Tri et al., “Analisis User Experience Pada Layanan Telekomunikasi Operator Seluler Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” Digit. Transform. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 49–57, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.47709/digitech.v3i1.2391
I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P. Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 25–29, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i1.29289.
N. Kadek Risma Juniantari and I. N. Tri Anindia Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i1.2379.
L. A. T. Arakian, I. G. M. Darmawiguna, and I. G. A. A. D. Indradewi, “Evaluation of User Satisfaction Using the Pieces Framework in the Teman Bus Application,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 19, no. 1, pp. 11–18, 2023, doi: 10.33480/pilar.v19i1.3948.
I. G. A. A. D. Mitha, I. M. A. P., Pradnyana, I. M. A., & Indradewi, “Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Karya Akhir Menggunakan Metode McCall : Studi Kasus di Universitas Pendidikan Ganesha,” Techno.Com, vol. 23, no. 4, pp. 935–946, 2024, doi: https://doi.org/10.62411/tc.v23i4.11625.
ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA, “EVALUASI USER EXPERIENCE APLIKASI TOKOPEDIA DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) Ahmad,” vol. 9, no. 11, pp. 356–363, 2022.
S. raishah Adilah, “Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Linkaja Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” vol. Vol 3, no. 4, pp. 323–331, 2022.
I. N. S. W. Wijaya, P. P. Santika, I. B. A. I. Iswara, and I. N. A. Arsana, “Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2020762763.
R. Hasna Salsabil Rakha and S. Hadi Wijoyo, “Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 12, pp. 5391–5401, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id