PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY MARKER BASED
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6422Abstract Views: 297 File Views: 178
Abstract
Pemahaman mengenai tata surya merupakan tantangan dalam dunia pendidikan, terutama karena keterbatasan media pembelajaran yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis Marker sebagai media pembelajaran interaktif dalam mengenalkan tata surya. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang meliputi pengumpulan informasi, perancangan aplikasi, dan pengujian usability. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat model tiga dimensi (3D) dari planet-planet dalam tata surya melalui kamera perangkat mobile. Hasil pengujian usability menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif, dengan tingkat keberhasilan pengguna dalam menyelesaikan tugas mencapai 100%. Dengan demikian, teknologi Augmented Reality dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik.Downloads
References
I. B. Kade, M. Sudana, W. A. Suyasa, and K. Agustini, “EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERKONSEP GAMIFIKASI PENGENALAN TATA SURYA MATA PELAJARAN IPA TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KUBUTAMBAHAN,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 18, no. 1, 2021.
A. Agfary, M. Muhallim, and S. Paembonan, “AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN REPRODUKSI TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI SMP NEGERI 8 KOTA PALOPO,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, Jan. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.5951.
B. Hermawan, A. Faqih, and G. Dwilestari, “IMPLEMENTASI APLIKASI PEMBELAJARAN PETUALANGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN INTERAKTIVITAS DI SMAN 1 DUKUPUNTANG,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, Jan. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.5688.
F. Zulfiqar, R. Raza, M. O. Khan, M. Arif, A. Alvi, and T. Alam, “Augmented Reality and its Applications in Education: A Systematic Survey,” IEEE Access, vol. 11, pp. 143250–143271, 2023, doi: 10.1109/ACCESS.2023.3331218.
K. Sepdyana Kartini and dan I. Nyoman Tri Anindia Putra, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA,” Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, vol. 3, pp. 8–12, 2022.
K. S. Kartini, N. Tri, and A. Putra, “RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID,” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 4, pp. 12–19, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index
A. Sadikin, T. Mary, and A. A. Samudra, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMK NEGERI 1 KOTO BARU,” 2023.
S. D. Riskiono, T. Susanto, and K. Kristianto, “Augmented reality sebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala,” Krea-TIF, vol. 8, no. 1, p. 8, May 2020, doi: 10.32832/kreatif.v8i1.3369.
A. Febriyanto, R. M. H. Bhakti, and P. Wahyuningsih, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BENDA LANGIT DI SMP N 1 TANJUNG,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4996.
R. A. Jariyah and Moch. Lutfi, “GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL 3D UNTUK ANAK USIA DINI,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.5286.
M. Mukramin, I. Husna, and R. Suppa, “AUGMENTED REALITY PENGENALAN TANAMAN OBAT HERBAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4685.
R. Robianto, H. Andrianof, and E. Salim, “PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA PERANCANGAN EBROUCHURE SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS ANDROID,” 2022.
S. T. Armia, Z. Ardian, S. Kom, M. Eng, and A. Nasri, “PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA,” Journal of Informatics and Computer Science, vol. 7, no. 1, 2021, [Online]. Available: https://developer.vuforia.com/
F. Arena, M. Collotta, G. Pau, and F. Termine, “An Overview of Augmented Reality,” Feb. 01, 2022, MDPI. doi: 10.3390/computers11020028.
S. Adi Wibowo and K. Auliasari, “PENGENALAN TOOLS KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” 2020. [Online]. Available: http://sibima.pu.go.id/
I. Made, A. R. Putra, M. Windu, A. Kesiman, I. Gede, and M. Darmawiguna, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI KELAS X SMKN 1 MANGGIS,” 2023.
I. Yoga Pratama, S. A. Wibowo, and Y. A. Pranoto, “APLIKASI PENGENALAN CANDI-CANDI PADA PROVINSI JAWA TIMUR MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” 2020.
R. Silhavy, M. Bures, M. Alipio, and P. Silhavy, “More Accurate Cost Estimation for Internet of Things Projects by Adaptation of Use Case Points Methodology,” IEEE Internet Things J, vol. 10, no. 21, pp. 19312–19327, Nov. 2023, doi: 10.1109/JIOT.2023.3281614.
S. Ahdan, A. Thyo Priandika, F. Andhika, and F. Shely Amalia, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI MENGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID LEARNING MEDIA FOR BASIC TECHNIQUES OF VOLLEYBALL USING ANDROID-BASED AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY,” 2020, [Online]. Available: http://journalbalitbangdalampung.org
P. W. Aditama, P. S. U. Putra, I. M. M. Yusa, and I. N. T. A. Putra, “Designing augmented reality sibi sign language as a learning media,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Mar. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1810/1/012038.
M. S. Ariantini et al., “Augmented Reality Introduction To Cirebon Mask At Setia Darma Mask House Gianyar,” Informatika dan Sains, vol. 14, 2024, doi: 10.58471/infosains.v14i02.
G. R. Dantes, “EVALUATION AND REDESIGN OF AUGMENTED REALITY APPLICATION BASED ON USABILITY TESTING,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 19, no. 2, pp. 118–127, 2022.
I. Putu et al., “‘PRASI BERTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY,’” INSERT: Information System and Emerging Technology Journal, vol. 3, no. 2, pp. 75–81, Dec. 2022.
Y.-T. Lin, F.-N. Wu, Z.-Y. Tsai, and Y.-S. Huang, “Development of an AR Food Education System to Support Elementary School Nutrition Education,” in 2023 IEEE International Conference on Advanced Learning Technologies (ICALT), 2023, pp. 242–244. doi: 10.1109/ICALT58122.2023.00077.
Yudhi Widya Arthana Rustam, “INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi),” Nov. 2021.