EVALUASI USABILITY APLIKASI TIKTOK SHOP BERDASARKAN NIELSEN'S ATTRIBUTES OF USABILITY PADA KONSUMEN GENERASI Z DI INDONESIA
Keywords:
TikTok Shop, Usability, Nielsen’s Attributes of Usability, Generasi Z, Social Commerce.Abstract
Abstrak. Perkembangan pesat platform social commerce di Indonesia menuntut adanya evaluasi pengalaman pengguna yang komprehensif untuk menjaga daya saing dan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi usability aplikasi TikTok Shop pada konsumen Generasi Z dengan menggunakan kerangka Nielsen’s Attributes of Usability, yang mencakup Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction. Pendekatan penelitian menerapkan mixed methods, yaitu kuesioner berbasis skala Likert sebagai instrumen kuantitatif serta observasi langsung sebagai instrumen kualitatif untuk memperoleh gambaran interaksi nyata pengguna. Sampel penelitian terdiri dari 50 responden Generasi Z yang aktif menggunakan TikTok Shop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi memiliki tingkat Learnability dan Satisfaction yang relatif tinggi, namun masih ditemukan kendala pada aspek Efficiency dan Errors, khususnya pada proses checkout dan pencarian produk. Temuan ini memberikan kontribusi strategis bagi pengembang untuk meningkatkan performa aplikasi dan kualitas pengalaman pengguna. Selain itu, hasil penelitian menegaskan relevansi penggunaan kerangka Nielsen sebagai instrumen evaluasi usability yang mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan aplikasi secara lebih spesifik, bukan hanya menilai kepuasan pengguna secara umum.
Downloads
References
Noprella Azura Zeta, Muhammad Najib, Erwin Permana, and Lazarus Sinaga, “Analisis Perilaku Belanja Impulsif Gen Z di Tiktok Shop,” Jurnal Nuansa : Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, vol. 3, no. 3, pp. 274–284, Jun. 2025, doi: 10.61132/nuansa.v3i3.1968.
I. Purwandani, N. O. Syamsiah, and S. Nurwahyuni, “Perceived Usability Evaluation of TikTok Shop Platform Using the System Usability Scale,” Sinkron, vol. 8, no. 3, pp. 1389–1399, Jul. 2023, doi: 10.33395/sinkron.v8i3.12473.
A. Galib Andreas, P. Dellia, S. Rizqa Rahma, J. Nurqomariah, R. Soleha, and I. Sentiawati, “Journal of Artificial Intelligence and Engineering Applications Analysis of User Experience (UX) in the Use of the TikTok Shop Application with the HEART Metrics Method,” 2024. [Online]. Available: https://ioinformatic.org/
“251-+258+JURNAL+FLENDIO_021255”.
D. Miranti, N. Sudiar, and H. Latiar, “Evaluation of Repository Usability Test Using Nielsen’S Attributes of Usability (NAU) Model in Libraries,” JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), vol. 9, no. 1, p. 37, May 2024, doi: 10.30829/jipi.v9i1.17999.
D. Aditya Febrianti, S. Hadi Wijoyo, and H. Muslimah Az-Zahra, “Evaluasi Usability Web UniPin dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
M. Maguire, “A Review of Usability Guidelines for E-Commerce Website Design,” in Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), Springer Science and Business Media Deutschland GmbH, 2023, pp. 30–43. doi: 10.1007/978-3-031-35702-2_3.
N. K. R. Juniantari, I. Nyoman, and T. A. Putra, “ANALISIS SISTEM INFORMASI DPMPTSP MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE,” Jurnal Informatika dan Komputer) Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.33387/jiko.
I. Nyoman Tri Anindia Putra, K. Sepdyana Kartini, P. Wirayudi Aditama, and S. Prian Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” International Journal of Natural Science and Engineering, vol. 5, pp. 25–29, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i.
N. Kadek, V. Agustina, N. Tri, and A. Putra, “ANALISIS FRONT END SISTEM INFORMASI WEBSITE PT. BALI SWAKINARYA CIPTA SEJAHTERA DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE,” JTII, vol. 6, no. 02, 2021.
K. S. Kartini, I. N. T. A. Putra, I. M. M. Yusa, and I. N. W. Adnyana, “Tridatu Responsive Inquiry Adaptive Navigation to Enhance Acid-Base Titration Understanding in Bali Schools,” Jurnal Edutech Undiksha, vol. 12, no. 2, pp. 281–290, Dec. 2024, doi: 10.23887/jeu.v12i2.88273.
“39043”.
I Nyoman Putra Yasa, Nyoman Ari Surya Dharmawan, I Made Pradana Adiputra, I Putu Hendra Martadinata, and Nyoman Trisna Herawati, “Tax Comprehension and Ethics Education Integration in Improving Tax Compliance Among Accounting Students,” International Journal of Finance & Banking Studies (2147-4486), vol. 10, no. 1, pp. 96–108, May 2021, doi: 10.20525/ijfbs.v10i1.1159.
K. D. A. P. Sutarja and I. N. T. A. Putra, “APLIKASI MOBILE SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG DALAM MENGELOLA KECEMASAN SOSIAL,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 2, Apr. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i2.6486.
N. Putri, Y. Prasetya, P. W. Handayani, and H. Fitriani, “TikTok Shop: How trust and privacy influence generation Z’s purchasing behaviors,” Cogent Soc Sci, vol. 10, no. 1, 2023, doi: 10.1080/23311886.2023.2292759.
I. P. Julianto, G. Nandra, H. Wiguna, I. Nyoman, and P. Yasa, “Analysis of the Digitalization of Accounting Information Systems in Supporting the Sustainability of MSMEs During the Pandemic (Study on MSMEs in Buleleng Regency).”
I. P. H. Martadinata and I. N. P. Yasa, “The Role of Taxpayer Trust and Awareness on Voluntary Compliance: An Experimental Study,” Jurnal Ilmiah Akuntansi, vol. 7, no. 2, pp. 184–199, Jan. 2023, doi: 10.23887/jia.v7i2.43346.
“oktap,+4.+I+Nyoman+Tri+Anindia+Putra+79-84”.
K. S. Kartini, N. Tri, A. Putra, K. J. Atmaja, N. Putu, and S. Widiani, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA SALAD YOO.” [Online]. Available: https://ejournal.catuspata.com/index.php/jkdn/index
Zulfan Zulkarnaen Z and Agus Hermawan, “Social Commerce 2.0: TikTok Shop dan Masa Depan Belanja Digital,” Jurnal Rimba : Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akuntansi, vol. 3, no. 2, pp. 285–295, May 2025, doi: 10.61132/rimba.v3i2.1791.
Z. R. F. Nur, I. N. N. Rabbiana, T. Diba, and F. Fitroh, “TikTok Shop: Unveiling the Evolution from Social Media to Social Commerce and its Computational Impact on Digital Marketing,” Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), vol. 4, no. 2, pp. 88–96, Nov. 2023, doi: 10.36596/jcse.v4i2.512.
J. Pendidikan, E. Undiksha, N. Luh, P. E. Yanti, and N. Sujana, “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha pada Aplikasi Tiktokshop,” vol. 17, no. 2, 2025, doi: 10.23887/jjpe.v17.
K. Hulliya et al., “Some rights reserved BY-NC-SA 4.0 International License EVALUASI APLIKASI MOBILE DESAIN MENGGUNAKAN METODE NIELSEN’S ATTRIBUTES OF USABILITY,” vol. 9, no. 2, pp. 372–379, 2024, doi: 10.36341/rabit.v7i2.4769.
“marselin90,+8.+Musrifah+Mardiani+Sanaky”.
G. P. Brilianti, “Usability Evaluation of E-Learning Besmart Using SUS at Yogyakarta State University,” 2024. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/publications/eejie/
W. I. Rahayu and M. R. Shafina, “Program Studi D4 Teknik Informatika 123 Politeknik Pos Indonesia 123.”
H. Shabilla Fanfa, S. Diah Apriliani, G. Andian Pratama, and A. Wulansari, “Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI) 2024 Surabaya,” 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



