IMPLEMENTASI DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI HARMONY BLOOD

Authors

  • I Putu Tonyco Satria Pradipta Universitas Pendidikan Ganesha http://orcid.org/0009-0006-5474-3186
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6425

Abstract Views: 190 File Views: 156

Abstract

Aplikasi Harmony Blood dirancang agar pencarian pendonor di lingkungan universitas menjadi lebih mudah dan cepat, dengan menggunakan metode Design Thinking. Metode ini terdiri dari lima tahap, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. penelitian ini, melakukan wawancara terhadap responden untuk memahami kebutuhan utama pengguna, kemudian dirangkum untuk merancang solusi yang sesuai. Proses perancangan meliputi pembuatan User Flow, Wireframe, danPrototype menggunakan Figma. Pengujian menggunakan aplikasi Maze dengan enam tugas utama, seperti masuk/daftar, pencarian pendonor, daftar menjadi pendonor, lihat profil, lihat notifikasi, dan fitur live chat untuk berinteraksi dengan pendonor. Hasil pengujian menunjukkan seluruh responden berhasil menyelesaikan task yang diberikan, meskipun terdapat beberapa kesalahan klik (missclicks), namun tidak berpengaruh pada kelancaran pengguna dalam menggunakan aplikasi. Ini membuktikan bahwa penerapan metode Design Thinking dalam perancangan UI/UX dapat menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan user friendly. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mempermudah proses pencarian pendonor serta dapat dikembangkan lebih lanjut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadilah Fadilah, Khairunisa Khairunisa, Risma Handayani, and Usiono Usiono, “Pentingnya Pengetahuan Tentang Donor Darah Terhadap Kesadaran Perilaku Masyrakat,” Jurnal Anestesi, vol. 2, no. 1, pp. 77–87, Nov. 2023, doi: 10.59680/anestesi.v2i1.755.

M. Yamin and A. Qadri, “Aplikasi pencarian sukarelawan donor darah berbasis Android,” Indonesian Journal of Data and Science (IJODAS), vol. 2, no. 3, pp. 158–170, 2021.

K. W. Cahyadi, I. Gusti, A. Agung, D. Indradewi, and Y. Pratiwi, “SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Pencarian Instruktur Olahraga ‘BeFind’ berbasis Mobile menggunakan Design Thinking UI/UX Design for Mobile-based Sports Instructor Search Application ‘Befind’ using Design Thinking,” Sep. 2023. [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

P. Yudia Pratiwi, N. Putu, and E. Suchahyani, “IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD AND USABILITY TESTING IN THE DESIGN OF A SCHOLARSHIP INFORMATION SYSTEM,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 21, no. 2, 2024.

J. Vokasi Teknik, F. Nur Awal, M. Zainul Rohman, and F. Metandi, “APLIKASI PENCARIAN PENDONOR DARAH UNTUK PASIEN MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING BERBASIS MOBILE,” Jurnal Vokasi Teknik (JuVoTek), Sep. 2024, doi: 10.12345/xxxxx.

M. F. A. Nasrullah, D. O. Harsachatri, and D. Anripal, “Pengembangan Aplikasi Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Batam Menggunakan Metode Waterfall,” Journal of Technology and Informatics (JoTI), vol. 5, no. 1, pp. 34–40, Oct. 2023, doi: 10.37802/joti.v5i1.380.

J. Pendidikan, K. Undiksha, K. Sepdyana Kartini, N. Tri, and A. Putra, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI HIDROKARBON,” Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, vol. 5, pp. 37–43, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK

Q. Khadim, E. P. Kaikko, E. Puolatie, and A. Mikkola, “Targeting the user experience in the development of mobile machinery using real-time multibody simulation,” Advances in Mechanical Engineering, vol. 12, no. 6, Jun. 2020, doi: 10.1177/1687814020923176.

I. Nyoman Tri Anindia Putra, K. Sepdyana Kartini, P. Wirayudi Aditama, and S. Prian Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” International Journal of Natural Science and Engineering, vol. 5, pp. 25–29, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i.

C. Canella, C. Braun, and C. M. Witt, “Developing a digital mind body medicine supportive care intervention for people with amyotrophic lateral sclerosis using stakeholder engagement and design thinking,” Digit Health, vol. 10, Jan. 2024, doi: 10.1177/20552076241255928.

M. D. Wolcott, J. E. McLaughlin, D. K. Hubbard, C. R. Williams, and S. N. Kiser, “Using Design Thinking to Explore Rural Experiential Education Barriers and Opportunities,” J Med Educ Curric Dev, vol. 8, p. 238212052199233, Jan. 2021, doi: 10.1177/2382120521992333.

F. R. Isadora, B. T. Hanggara, and Y. T. Mursityo, “PERANCANGAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE HOMECARE RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), pp. 1057–1066, Oct. 2021, doi: 10.25126/jtiik.202184550.

N. Mustika, M. Mirfan, A. M. Abdul Kadir Parewe, and T. T. Layuk, “Designing the User Interface for the Virtual Tour Selayar System using Figma,” Brilliance: Research of Artificial Intelligence, vol. 4, no. 2, pp. 478–483, Sep. 2024, doi: 10.47709/brilliance.v4i2.4587.

N. Tri, A. Putra, I. Gede, A. Chandra Wijaya, I. Kadek, and D. Saputra, “USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS),” JURNAL TEKNIK INFORMATIKA(JTINFO), vol. 2, no. 2, Jul. 2023.

N. I. Luh, G. E. Aprilianti, N. Tri, A. Putra, and S. Stikom Indonesia, “ANALISIS SISTEM INFORMASI SMA NEGERI 1 KERAMBITAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE,” Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 19, no. 1, Apr. 2021.

I. A. G R W Astari and I. T. Nyoman Putra, “ANALISIS SISTEM INFORMASI KEMDIKBUD PADA SD NEGERI 2 DAWAN KLOD DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE,” Jurnal Informatika dan Komputer) Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.33387/jiko.

M. Patria and I. Hilimudin, “PENDEKATAN DESIGN THINKING DALAM MERANCANG APLIKASI EDUKASI DAN TRANSAKSI PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, Jan. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.5838.

R. Panjaitan, T. Maharani, and R. Syuhada, “DESAIN ANTARMUKA WEBSITE PELAYANAN PENGADUAN PELANGGAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, Jan. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.6104.

P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI PEMBELIAN HASIL TANI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 3, Jul. 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.

C. Dina Marwah Alfirahmi and D. S. Kania, “Menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Dadang Yusup INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 3, pp. 219–233, 2023.

D. F. Aryansyah, P. Sokibi, and R. Fahrudin, “Perancangan Design UI/UX Aplikasi Penjualan Store Pakaian Dengan Metode Design Thinking Berbasis Android,” Jurnal Manajemen Informatika, Sistem Informasi dan Teknologi Komputer (JUMISTIK), vol. 2, no. 1, pp. 128–135, Jun. 2023, doi: 10.70247/jumistik.v2i1.19.

D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” Nov. 2022. [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech86

N. Tri et al., “Perancangan Sistem Monitoring Ketersediaan Air Otomatis Menggunakan Applikasi Blynk Berbasis Internet of Things (IoT),” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), vol. 6, pp. 154–164, 2023.

T. Buana Ayu and N. Wijaya, “2 ND MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2023 PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI PAYOPRINT BERBASIS ANDROID,” 2ND MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2023, 2023, [Online]. Available: https://www.payoprint.id/.

R. N. Fadilah and D. Sweetania, “PERANCANGAN DESIGN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JUIT, vol. 2, no. 2

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Pradipta, I. P. T. S., & Putra, I. N. T. A. (2025). IMPLEMENTASI DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX APLIKASI HARMONY BLOOD. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6425

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>