PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN BAHASA BALI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Ida Bagus Ananda Nosa Putraditya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6400

Abstract Views: 148 File Views: 86

Abstract

Bahasa Bali merupakan salah satu aset budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Namun, minat generasi muda terhadap bahasa Bali semakin menurun karena kurangnya media pembelajaran yang menarik dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk merancang User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi mobile pembelajaran bahasa Bali menggunakan metode Design Thinking. Metode ini terdiri dari lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pada tahap prototyping ini rancangan aplikasi mobile akan ditampilkan dalam bentuk high fidelity wireframe. Pengujian prototype dilakukan menggunakan Maze. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang dapat digunakan dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah prototype aplikasi mobile yang memudahkan pengguna dalam mempelajari bahasa Bali secara interaktif dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. S. Mahendra dan I. K. A. Asmarajaya, “Konservasi Kidung Sekar Madya dalam Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Successive Approximation Model,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), vol. 10, no. 4, hlm. 542, Des 2022, doi: 10.26418/justin.v10i4.56806.

G. N. Mastini, N. Ketut Kantriani, N. W. Arini, G. Bagus, dan S. Denpasar, “Peran Media Sosial Instagram Dalam Upaya Menjaga Eksistensi Bahasa Bali,” vol. 4, no. 2, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya

N. Luh Putu Sri Adnyani, G. Aditra Pradnyana, N. Made Rai Wisudariani, I. Made Ardwi Pradnyana, dan G. Rasben Dantes, “The Development of an Android-Based Kata Kolok Sign Language Dictionary,” 2021.

I. Nyoman Tri Anindia Putra, K. Sepdyana Kartini, dan N. Nyoman Widiyaningsih, “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA MATERI HIDROKARBON,” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 4, no. 2, hlm. 43–52, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

J. Pendidikan, K. Undiksha, K. Sepdyana Kartini, N. Tri, dan A. Putra, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI HIDROKARBON,” Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, vol. 5, hlm. 37–43, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK

N. Tri dkk., “Implementation Of Mobile-Based OOAD Interactive Learning Media Implementasi Media Pembelajaran Interaktif OOAD Berbasis Mobile,” Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, vol. 19, no. 2, hlm. 271–282, 2022, doi: 10.31515/telematika.v19i2.7363.

S. Fuada, E. Setyowati, N. Restyasari, Y. Mei Heong, dan L. Paris Hasugian, “INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION journal homepage : www.joiv.org/index.php/joiv INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION UI/UX Redesign of SH-UPI App Using Design Thinking Framework.” [Daring]. Tersedia pada: www.joiv.org/index.php/joiv

M. Shortt, S. Tilak, I. Kuznetcova, B. Martens, dan B. Akinkuolie, “Gamification in mobile-assisted language learning: a systematic review of Duolingo literature from public release of 2012 to early 2020,” Comput Assist Lang Learn, vol. 36, no. 3, hlm. 517–554, 2023, doi: 10.1080/09588221.2021.1933540.

S. Mohtar, N. Jomhari, N. A. Omar, M. B. P. Mustafa, dan Z. M. Yusoff, “The usability evaluation on mobile learning apps with gamification for middle-aged women,” Educ Inf Technol (Dordr), vol. 28, no. 1, hlm. 1189–1210, Jan 2023, doi: 10.1007/s10639-022-11232-z.

N. Tri, A. Putra, I. Putu, S. Dwipayana, dan M. F. Somantri, “Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation Serta Pengaruh Skin dalam Kepercayaan Diri untuk Meningkatkan Probalitas Kemenangan,” vol. 9, no. 2, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.fikom-unasman.ac.id

C. F. Aini, S. No, dan J. A. Prasetyo, “PENGEMBANGAN FRONT-END MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA APLIKASI RESERVASI PESONA JAVA IJEN HOMESTAY,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Agu 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4916.

M. Sabarina Harlina, E. Susilowati, M. Susana Herawati, A. Zahra Zamzani, dan J. Sistem, “PERANCANGAN PROTOTYPE USER INTERFACE APLIKASI MOBILE TOKO KUE AZEL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 13, no. 2, hlm. 2024.

M. N. Ashiddiq, “PERANCANGAN UI/UX LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) APLIKASI MOBILE EDU-LEARN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3693.

N. Tri, A. Putra, A. A. Dewi, P. Sari, N. Trinity, dan L. Maharani, “TeknoIS: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains [221] Perancangan User Interface Pura Teluk Terima Dengan Metode Design Thinking,” vol. 13, hlm. 221–233, 2023, doi: 10.36350/jbs.v13i2.

K. W. Cahyadi, I. G. A. A. D. Indradewi, dan P. Y. Pratiwi, “UI/UX Design for Mobile-based Sports Instructor Search Application ‘Befind’ using Design Thinking,” SISTEMASI, vol. 12, no. 3, hlm. 835, Sep 2023, doi: 10.32520/stmsi.v12i3.2986.

D. Setiaji, D. Brahmantya Pradifta, I. A. Aziz, dan M. Setiyawan, “PERANCANGAN APLIKASI MAYO JAPAN (PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG) BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING,” 2025.

A. Aldi, A. H. Mufidah, dan C. B. Sanjaya, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN PAKET WISATA DI DESA WONOKITRI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Okt 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.5250.

A. A. Krishnavarty, M. Defriani, dan T. I. Hermanto, “UI/UX Design for Language Learning Mobile Application Chob Learn Thai Using the Design Thinking Method,” SinkrOn, vol. 7, no. 3, hlm. 1044–1053, Agu 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i3.11585.

E. Z. Dewi, M. Fransisca, R. I. Handayani, dan F. L. D. Cahyanti, “Analysis and Design of UI/UX Mobile Applications for Marketing of UMKM Products Using Design Thinking Method,” Sinkron, vol. 7, no. 4, hlm. 2329–2339, Okt 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i4.11505.

I. Gede Bagastia Widi Atmaja, K. Ngurah Adi Kusuma, A. Agung Eka Wirayuda, I. Komang Widiantara, N. Premadhipa, dan G. Surya Mahendra, “Penerapan Metode Prototype pada Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Buleleng Berbasis Website.”

F. Juansyah dan D. Rosa Indah, “Juansyah and Indah-Application of Design Thinking Method in Redesigning The UI/UX of SIMAK (Academic Information System) of Sriwijaya University Based on Mobile Platform. APPLICATION OF DESIGN THINKING METHOD IN REDESIGNING THE UI/UX OF SIMAK (ACADEMIC INFORMATION SYSTEM) OF SRIWIJAYA UNIVERSITY BASED ON A MOBILE PLATFORM.”

A. Putu Candra dkk., “Sistem Informasi Penjualan Online Thrift Shop Berbasis Web,” Journal of Technology and Informatics (JoTI), vol. 5, no. 2, hlm. 116–124, Apr 2024, doi: 10.37802/joti.v5i2.586.

K. S. Kartini, N. Tri, A. Putra, K. J. Atmaja, N. Putu, dan S. Widiani, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA SALAD YOO.” [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.catuspata.com/index.php/jkdn/index

R. Agam, A. Achmad Khan, R. Alsauqi, M. Darwis, dan W. Trisari, “Perancangan UI/UX Aplikasi Tanify Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI, vol. 7, no. 1, hlm. 273–285, 2024.

M. J. Narizki, R. A. Widyanto, dan N. A. Prabowo, “Perancangan UI/UX Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Perangkat Mobile dengan Metode Design Thinking,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 4, hlm. 1127–1135, Jul 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3652.

M. Trifena, A. Voutama, dan A. A. Ridha, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI SISTEM PENDAFTARAN RUMAH SAKIT SARASWATI BERBASIS MOBILE DENGAN METODE DESIGN THINKING,” INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 7, no. 2, hlm. 113–123, 2023.

P. Yudia Pratiwi, N. Putu, dan E. Suchahyani, “IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD AND USABILITY TESTING IN THE DESIGN OF A SCHOLARSHIP INFORMATION SYSTEM,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 21, no. 2, 2024.

F. Zamakhsyari dan A. Fatwanto, “INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION journal homepage : www.joiv.org/index.php/joiv INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION A Systematic Literature Review of the Design Thinking Approach for User Interface Design.” [Daring]. Tersedia pada: www.joiv.org/index.php/joiv

I. Darmawan, M. Saiful Anwar, A. Rahmatulloh, dan H. Sulastri, “INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION journal homepage : www.joiv.org/index.php/joiv INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION Design Thinking Approach for User Interface Design and User Experience on Campus Academic Information Systems.” [Daring]. Tersedia pada: www.joiv.org/index.php/joiv

N. Tri, A. Putra, I. Gede, A. Chandra Wijaya, I. Kadek, dan D. Saputra, “USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS),” vol. 2, no. 2, 2023.

P. Y. Pratiwi dan I. G. Sudirtha, “SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Identification of Learning Experience in Online Learning with User Persona Techniques Based on Learner-Centered Design Concepts.” [Daring]. Tersedia pada: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Putraditya, I. B. A. N., & Putra, I. N. T. A. (2025). PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN BAHASA BALI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6400

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>