UJI KEMUDAHAN PENGGUNAAN WATTPAD: STUDI USABILITY UNTUK PENGGUNA BARU DENGAN METODE SUS
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6443Abstract Views: 175 File Views: 115
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kemudahan penggunaan aplikasi Wattpad bagi pengguna baru. Wattpad merupakan platform yang menampilkan berbagai cerita populer, namun penting untuk mengkaji apakah platform ini benar-benar bermanfaat bagi penggunanya. Metode System Usability Scale (SUS) digunakan untuk mensurvei 30 responden yang baru pertama kali menggunakan Wattpad. Responden diminta menyelesaikan beberapa tugas dasar sebelum mengisi kuesioner SUS. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata SUS sebesar 76,5 yang termasuk dalam kategori "baik". Meskipun demikian, ditemukan beberapa masalah pada navigasi pencarian dan perpustakaan yang menyebabkan frustrasi pengguna. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan antarmuka pengguna Wattpad agar lebih mudah digunakan oleh pengguna baru.
Downloads
References
Wattpad, Wattpad Platform Statistics, 2023. [Online]. Available: Internal company data.
Analisis Front End Sistem Informasi Website PT. Bali Swakanraya Cipta Sejahtera dengan Metode System Usability Scale,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTII), vol. 6, no. 2, 2021.
I. A. G. R. W. Astari and I. T. N. Yohan Putra, “Analisis Sistem Informasi KEMDIKBUD pada SD Negeri 2 Dawan Klod dengan System Usability Scale,” Jurnal Informatika dan Komputer Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, vol. 4, no. 1, 2021. doi: 10.33387/jiko.
A. P. Mulia, P. R. Piri, and C. Tho, “Usability Analysis of Text Generation by ChatGPT OpenAI Using System Usability Scale Method,” Procedia Computer Science, Elsevier B.V., 2023, pp. 381–388. doi: 10.1016/j.procs.2023.10.537.
T. A. Cahyono, “Analisa Pengaruh Komponen Desain UI/UX Konten Learning Management System (LMS) terhadap Kognitif dan Afektif Pengguna,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024.
I. M. A. R. Putra, M. W. A. Asmita, and I. G. M. Darmawiguna, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di Kelas X SMKN 1 Manggis,” KARMAPATI: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, vol. 12, no. 1, pp. 17–25, 2023. [Online]. Available: https://journal.unbara.ac.id/index.php/BaJET.
P. Y. Pratiwi, I. M. Ardwi Pradnyana, and N. K. Winda Damayanti, “Usability Analysis on Digital Library Information System using System Usability Scale (SUS),” in Proceedings - IEIT 2023: 2023 International Conference on Electrical and Information Technology, Sep. 2023, pp. 293–298. doi: 10.1109/IEIT59852.2023.10335582.
N. Tri, A. Putra, I. Gede, A. Chandra Wijaya, I. Kadek, and D. Saputra, “Usability Testing Game PUBG Mobile dengan Metode System Usability Scale (SUS),” JTINFO, vol. 2, no. 2, 2023.
K. Kusuma Wardana et al., “Usability Testing Pada Aplikasi Mobile E-Ganesha Undiksha Menggunakan Metode System Usability Scale,” Jurnal Ilmiah SINUS, vol. 22, no. 1, p. 1, Dec. 2023. doi: 10.30646/sinus.v22i1.765.
I. N. T. A. Pratiwi, N. L. G. E. Aprilianti, and I. M. A. Pradnyana, “Analisis Sistem Informasi SMA Negeri 1 Kerambitan Menggunakan System Usability Scale,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 1, no. 2, pp. 89–96, 2021.
N. Huda, F. Habrizons, A. Satriawan, and T. Pramuda, “Analisis Usability Testing Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee,” Simkom, vol. 8, no. 2, pp. 208–218, 2023. doi: 10.51717/simkom.v8i2.158.
I. N. T. A. Putra et al., “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” International Journal of Natural Science and Engineering, vol. 5, pp. 25–29, 2021. doi: 10.23887/ijnse.v5i.
L. A. T. Arakian, I. G. M. Darmawiguna, and I. G. A. A. D. Indradewi, “Evaluation of User Satisfaction Using the Pieces Framework in the Teman Bus Application,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 19, no. 1, pp. 11–18, 2023. doi: 10.33480/pilar.v19i1.3948.
K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android,” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 4, no. 1, p. 12, 2020. doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981.
N. Tri et al., “Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation Serta Pengaruh Skin dalam Kepercayaan Diri untuk Meningkatkan Probabilitas Kemenangan,” FIKOM – UNASMAN, vol. 9, no. 2, 2023. [Online]. Available: http://ejournal.fikom-unasman.ac.id.
S. Criollo-C, A. Guerrero-Arias, D. Buenano-Fernandez, and S. Lujan-Mora, “Usability and Workload Evaluation of a Cybersecurity Educational Game Application: A Case Study,” IEEE Access, vol. 12, no. October 2023, pp. 12771–12784, 2024. doi: 10.1109/ACCESS.2024.3352589.
I. G. W. Rudiartha, I. M. A. Pradnyana, and P. Y. Pratiwi, “Evaluasi Usability Sistem Taring Dukcapil Menggunakan Metode Usability Testing dan Pendekatan UCD,” Techno.Com, vol. 23, no. 2, pp. 433–445, 2024. doi: 10.62411/tc.v23i2.10079.
I. D. N. M. Suputera, I. M. A. Pradnyana, and I. K. R. Arthana, “Usability Testing pada Sistem Informasi Akademik New Generation (SIAK-NG) Undiksha Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa,” INSERT: Information System and Emerging Technology Journal, vol. 3, no. 1, pp. 14–27, 2022. doi: 10.23887/insert.v3i1.43173.
W. Chen and L. Zhang, “User Experience Design in Digital Reading Platforms: A Comprehensive Review,” International Journal of Human-Computer Interaction, vol. 45, no. 2, pp. 112–129, 2024.
I. P. A. S. Putra et al., “Pengujian dan Evaluasi Lont-Ar ‘Prasi Berteknologi Augmented Reality,’” INSERT: Information System and Emerging Technology Journal, vol. 3, no. 2, pp. 75–81, 2022.