PERANCANGAN DESIGN USER INTERFACE ( UI ) APLIKASI WISHLIST BERBASIS METODE DESIGN THINKING DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE

Authors

  • Lintang Hilmi Mumtaz Surath Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Suratmin Suratmin Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6433

Abstract Views: 205 File Views: 116

Abstract

Teknologi informasi menjadi konsumsi publik di berbagai bidang dan lapisan masyarakat seperti dalam dunia kesehatan, pemerintahan, sosial, keagamaan, dan pendidikan [14]. Aplikasi daftar keinginan (wishlist) merupakan alat bantu bagi pengguna dalam mencatat dan mengelola barang atau pengalaman yang ingin mereka miliki di masa depan. Namun, banyak aplikasi wishlist yang tersedia saat ini belum menyediakan fitur pengelompokan serta pengingat otomatis, sehingga pengguna sering kesulitan dalam mengorganisir dan mengingat kembali keinginan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain antarmuka pengguna (User Interface/UI) aplikasi wishlist dengan fitur pengelompokan dan pengingat otomatis yang lebih intuitif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode design thinking. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan UI yang tidak hanya memudahkan pengguna dalam mengelompokkan daftar keinginan berdasarkan kategori tertentu tetapi juga memungkinkan sistem untuk memberikan pengingat otomatis sesuai dengan prioritas yang telah ditetapkan. Evaluasi desain dilakukan dengan metode system usability scale (SUS) untuk memastikan bahwa antarmuka yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan adanya fitur pengelompokan dan pengingat otomatis, diharapkan aplikasi ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengelola daftar keinginan mereka dengan lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Budiarto and C. Setiawan, "Perancangan Antarmuka Pengguna pada Aplikasi NimbleSpace dengan Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, pp. 45-57, 2023. [Online]. Available: https://journal.ppmi.web.id/index.php/jrsit/article/download/168/125. [Accessed: 16-Mar-2025].

D. Nugroho and E. Santoso, "Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile untuk Peningkatan Pengalaman Pengguna," Jurnal Teknologi dan Informatika, vol. 12, no. 1, pp. 67-78, 2023. [Online]. Available: https://journal.trunojoyo.ac.id/triac/article/view/24333. [Accessed: 16-Mar-2025].

R. Suryadi, "Aplikasi Pengingat Jadwal Kegiatan Berbasis Mobile," Jurnal Sistem Cerdas, vol. 8, no. 3, pp. 112-124, 2022. [Online]. Available: https://carisinyal.com/aplikasi-pengingat-jadwal-kegiatan. [Accessed: 16-Mar-2025].

A. Pratama, "Rekomendasi Aplikasi Pengingat Terbaik di Android," IDN Times, 2023. [Online]. Available: https://www.idntimes.com/tech/trend/arifgunawan/aplikasi-pengingat-terbaik-di-android. [Accessed: 16-Mar-2025].

T. Wijaya, "20 Rekomendasi Aplikasi Pengingat Jadwal yang Bisa Membantumu," Blog Docotel, 2023. [Online]. Available: https://blog.docotel.com/20-rekomendasi-aplikasi-pengingat-jadwal-yang-bisa-membantumu. [Accessed: 16-Mar-2025].

D. A. Norman, The Design of Everyday Things, Revised and Expanded Edition. New York: Basic Books, 2013.

J. Nielsen, "10 Heuristic Principles – Jakob Nielsen’s (Usability Heuristics)," UXness, 1994. [Online]. Available: https://www.uxness.in/2015/02/10-heuristic-principles-jakob-nielsens.html. [Accessed: 16-Mar-2025].

A. Kumar, "Categorization and prioritization in wishlist applications: A user behavior analysis," International Journal of Human-Computer Studies, vol. 140, pp. 45-60, 2020.

D. Brown, "The impact of push notifications on task completion and user engagement," Journal of Digital Interaction Studies, vol. 18, no. 3, pp. 112-125, 2021.

W. Cahyadi Cahyadi, I. G. A. A. D. Indradewi, P. Y. Pratiwi, and Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha, “UI/UX Design for Mobile-based Sports Instructor Search Application ‘Befind’ using Design Thinking,” Sep. 2023. [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

J. M. Garrett, The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, 2nd ed., New York: New Riders, 2011.

R. White, Designing for the Digital Age: How to Create Human-Centered Products and Services. Cambridge, MA: MIT Press, 2020.

L. N. Azizah, “EVALUASI USABILITY APLIKASI MOBILE IBIS PAINT X MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3726.

K. Imanuddin MR et al., “PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE BERBASIS APLIKASI MOBILE,” Feb. 2025.

K. S. Kartini 1*, I. N. T. A. Putra, and Prodi Teknik Informatika, STIMIK STIKOM Indonesia, Denpasar, Indonesia, “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Hidrokarbon,” journal-article, 2022. [Online].Available: https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41877

I. N. T. A. Putra, A. A. D. P. Sari, and N. T. L. Maharani, “Perancangan user interface pura teluk terima dengan metode design thinking,” TeknoIS Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, vol. 13, no. 2, pp. 221–233, Jul. 2023, doi: 10.36350/jbs.v13i2.210.

I. N. T. Anindia Putra, I. G. A. C. Wijaya, I. K. D. Saputra, and Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Dan Informatika,Institut Bisnis Dan Teknologi Indonesia, “USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS),” journal-article, Jun. 2023.

K. S. Kartini, I. N. T. A. Putra, and Program Studi Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA,” Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, vol. 3, no. 02, 2020.

“PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI BANK SAMPAH DI TPS 3R BAWANA LESTARI DESA PANGKUNGKARUNG,” journal-article, Jul. 2023. [Online]. Available: http://jurnalwidyalaksmi.com

K. S. Kartini, I. N. T. A. Putra, and Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia, Indonesia, “RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID,” journal-article, 2020. [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

“JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer),” JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), Sep. 2019, doi: 10.33387/jiko.

A. Wohllebe, D. S. Hübner, U. Radtke, and S. Podruzsik, “Mobile apps in retail: Effect of push notification frequency on app user behavior,” Innovative Marketing, vol. 17, no. 2, pp. 102–111, May 2021, doi: 10.21511/im.17(2).2021.10.

M. Faisal, M. A. Muda, T. Septiana, and M. Komarudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN BERBASIS WEB PADA PERHITUNGAN LUASAN KUMUH BALAI PRASARANA PERMUKIMAN WILAYAH LAMPUNG,” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 2, Apr. 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i2.2921.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Surath, L. H. M., Putra, I. N. T. A., & Suratmin, S. (2025). PERANCANGAN DESIGN USER INTERFACE ( UI ) APLIKASI WISHLIST BERBASIS METODE DESIGN THINKING DENGAN SYSTEM USABILITY SCALE. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6433

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2