ANALISIS TINGKAT USABILITY APLIKASI LINKEDIN DALAM MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6470Abstract Views: 259 File Views: 147
Abstract
Teknologi digital telahmengubahcara orang berkomunikasisecaraprofesional, dengan LinkedIn menjadi salah satu platform utama untuk mencari kerja dan membangun branding personal. Namun, beberapa pengguna masih menghadapi masalah usability seperti pencarian yang tidakefisien dan navigasi yang tidak mudah dipahami. Dalam penelitian ini, Sistem Usability Scale (SUS) LinkedIn diuji dengan 55 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa LinkedIn menerima skor 83 (kategori Excellent), yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi. Namun, fitur pengelolaan koneksi dan fitur pencarian pekerjaan masih menghadapi kendala.Studi ini memberikan informasi tentang pengalaman pengguna LinkedIn dan saran untuk meningkatkan kemudahan penggunaan untuk mendukung interaksi profesional yang lebih baik.Downloads
References
A. N. R. Okyiosa, “Penggunaan LinkedIn untuk personal branding karyawan [Using LinkedIn for employee personal branding],” ArtComm: Jurnal Komunikasi dan Desain, vol. 2, no. 5, pp. 67–82, 2022.
A. N. C. Putra, I. Aknuranda, and B. T. Hanggara, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Situs Media Sosial Profesional menggunakan Evaluasi Heuristik dan Usability Testing: LinkedIn,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 2, 2024.
K. Dodi, I. N. T. A. Putra, and I. K. D. Saputra, “Usabilty Testing Game Pubg Mobile Dengan Metode System Usabilty Scale (Sus),” JTINFO: Jurnal Teknik Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 113–120, 2023. [4] E. I. Prayoga and T. Kristiana, “Evaluasi usability pada aplikasi hrmwincorp menggunakan metode system usability scale (sus),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, 2024.
F. Purwani and others, “USABILITY TESTING ANALYSIS ON PROFESSIONAL SOCIAL MEDIA USING THE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) METHOD,” JURNAL PERANGKAT LUNAK, vol. 6, no. 3, pp. 392–399, 2024.
M. A. F. Kamil, “User Experience Analysis of Linkedin Social Media using Usability Metric for User Experience (UMUX),” JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), vol. 7, no. 2, pp. 78–82, 2023.
D. H. Safitri, H. M. Az-Zahra, and M. C. Saputra, “Evaluasi Usability Sosial Media Profesional" LinkedIn" Menggunakan Metode Usability Testing,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 12, pp. 6019–6028, 2022.
R. A. Grier, A. Bangor, P. Kortum, and S. C. Peres, “The system usability scale: Beyond standard usability testing,” in Proceedings of the human factors and ergonomics society annual meeting, 2013, pp. 187–191.
A. E. Agazzi, “Study of the usability of LinkedIn: A social media platform meant to connect employers and employees,” arXiv preprint arXiv:2006.03931, 2020.
A. H. Al-Badi, O. O. Michelle, R. Al Roobaea, and P. Mayhew, “Improving usability of social networking systems: a case study of LinkedIn,” Journal of Internet Social Networking & Virtual Communities, vol. 1, 2013.
A. N. C. Putra, I. Aknuranda, and B. T. Hanggara, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Situs Media Sosial Profesional menggunakan Evaluasi Heuristik dan Usability Testing: LinkedIn,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 2, 2024.
B. C. Carmeline and I. Kamal, “Analisis Usability dan Redesign Aplikasi Seluler Dengan Metode User-Centered Design (Studi Kasus Starbucks Indonesia),” Journal of Digital Business Innovation, vol. 1, no. 1, pp. 87–100, 2023.