ANALISIS TINGKAT KEPUASAN VISUAL SEBAGAI DAMPAK DARI UI/UX DALAM APLIKASI 'MANAJER PENGELUARAN'

Authors

  • Timothy Sitanggang Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6457

Abstract Views: 229 File Views: 149

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh UI/UX terhadap efektivitas penggunaan aplikasi manajemen keuangan digital. Evaluasi dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) melalui kuesioner untuk menilai pengalaman pengguna. Hasil analisis menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh skor 49.25, yang mengindikasikan bahwa tingkat kegunaan masih perlu ditingkatkan. Faktor utama yang memengaruhi hasil ini meliputi keterbacaan teks dan ikon yang kurang optimal, struktur navigasi yang belum intuitif, serta elemen visual yang tidak serasi. Namun, terdapat aspek positif seperti penyajian informasi yang cukup jelas dan struktur halaman yang sederhana. Temuan ini menegaskan bahwa UI/UX berperan penting dalam meningkatkan kenyamanan dan efisiensi pengguna dalam mengelola keuangan digital. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam desain visual, optimasi navigasi, serta peningkatan keterbacaan antarmuka agar aplikasi lebih mudah digunakan. Dengan peningkatan ini, aplikasi diharapkan dapat memberikan pengalaman yang lebih baik, meningkatkan kepuasan pengguna, serta membantu mereka dalam mencatat dan mengelola keuangan secara lebih efektif.


Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Wiryawan, W. Katriona, and I. J. Semaya, "UI/UX and E-Service Factors That Affect User Satisfaction and Loyalty in Online Transportation Using D&M Model," 2024 IEEE Symposium on Industrial Electronics & Applications (ISIEA), Kuala Lumpur, Malaysia, 2024, pp. 1-6, doi: 10.1109/ISIEA61920.2024.10607335.

S. Goyal, J. Sharma, K. Sharma, and A. Kumar, "Impact of UI/UX on usage of mobile apps for remote psychological health monitoring," 2023 14th International Conference on Computing Communication and Networking Technologies (ICCCNT), Delhi, India, 2023, pp. 1-4, doi: 10.1109/ICCCNT56998.2023.10307320.

A. S. Addany, N. I. Pradana, S. P. Putra Prabowo, and I. S. Widiati, "UI/UX Design of e-Wallet Application Using Design Thinking Approach," 2022 4th International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS), Prapat, Indonesia, 2022, pp. 1-5, doi: 10.1109/ICORIS56080.2022.10031309.

Dodi, K., Putra, I. N. T. A., & Saputra, I. K. D. (2023). Usability testing game PUBG Mobile dengan metode System Usability Scale (SUS). Jurnal Teknologi Informasi, X(X), XX-XX.

Putra, I. N. T. A., Sudipa, I. G. I., Sukerthi, N. M. S. D., & Yunia, N. P. Y. (2023). Analisis User Experience Pada Layanan Telekomunikasi Operator Seluler Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). Digital Transformation Technology, 3(1), 49-57.

Agustina, N. K. V., & Putra, I. N. T. A. (2021). Analisis Front End Sistem Informasi Website PT. Bali Swakinarya Cipta Sejahtera dengan Metode System Usability Scale. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 6(2), 79-89.

Pratiwi, P. Y., Pradnyana, I. M. A., & Damayanti, N. K. W. (2023, September). Usability Analysis on Digital Library Information System using System Usability Scale (SUS). 2023 International Conference on Electrical and Information Technology (IEIT), pp. 293-298. IEEE.

Yusuf, M., Gunawan, D., & Priatna, R. (2022). The impact of visual design on user satisfaction in mobile applications: A usability study. Journal of Digital Interaction, 14(2), 45-60.

Tama, R., Pratama, D., & Faroqi, M. (2023). Evaluating user comfort in UI/UX design for mobile applications. International Journal of Human-Computer Interaction, 19(3), 112-130.

Samsudin, A., Ardiansyah, F., Juardi, T., & Poetri, R. (2023). The effectiveness of UI/UX design in enhancing user interactions: A case study of e-commerce applications. Journal of Digital Business and Technology, 18(4), 56-75.

Siregar, H., & Hidayat, R. (2024). Applying user-centered design in financial management applications to enhance user experience. International Journal of Financial Technology, 15(2), 90-110.

Tangka, G. W. M., & Lompoliu, E. M. (2024). Perancangan desain UI/UX aplikasi manajemen keuangan menggunakan metode design thinking. Journal of Information System Research (JOSH), 5(4), 1196-1206.

Khairullah, K. (2019). Sistem Pencatatan dan Pengolahan Keuangan Pada Aplikasi Manajemen Keuangan E-Dompet Berbasis Android. Journal of Technopreneurship and Information System, 2(1), 24-29.

Baladiah, D. S. P., Komarudin, M., & Yulianti, T. PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE TIKET KONSER “EuFo” MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING.

Cahyadi, K. W., Indradewi, I. G. A. A. D., & Pratiwi, P. Y. (2023). Desain antarmuka dan pengalaman pengguna pada aplikasi pencarian instruktur olahraga “befind” berbasis mobile menggunakan design thinking. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 12(3), 835-850.

Pratiwi, P. Y., & Suchahyani, N. P. E. (2024). IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD AND USABILITY TESTING IN THE DESIGN OF A SCHOLARSHIP INFORMATION SYSTEM. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2), 133-144.

Utama, K. D., Ardwi Pradnyana, I., & Pratiwi, P. Y. (2024). Perancangan Aplikasi Go on Vacation Berbasis Mobile Dengan Metode User Centered Design. Techno.com, 23(3).

Sadnyana, M. A. W., Darmawiguna, I. G. M., Kom, S., & Pradnyana, I. M. A. (2017). Evaluasi Usability Sistem Informasi Prakerin Pendidikan Teknik Informatika di Universitas Pendidikan Ganesha dengan Metode Usability Testing. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(2), 309-319.

Mahendra, G. S., & Wiradika, I. N. I. (2024). Mobile-Based Decision Support System for Recommending Tourism Attraction Using MAGIQ-ARAS Methodology. TIERS Information Technology Journal, 5(2), 119-128.

Arthana, I. K. R., Pradnyana, G. A., & Pradnyana, I. M. A. (2018). Prototype aplikasi mobile preservasi warisan budaya Indonesia berbasis crowdsourcing. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 7(1), 59-66.

Aldi, A., Mufidah, A. H., & Sanjaya, C. B. (2023). Structured UI/UX approaches for improving user satisfaction in digital service applications. Journal of Information and Digital Solutions, 10(2), 34-50.

Pande, P. R. E., Putra, I. N. T. A., & Putri, N. W. S. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Kredit Pada Bumdesa Bersama Santhi Sedana. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 17(2), 171-181.

Putra, I. N. T. A. (2018). Sistem pengambilan keputusan untuk penerimaan pegawai baru PT. PLN (Persero) wilayah Aceh dengan metode heuristik. J. Ilmu Komput, 11(2), 109.

Sudipa, I. G. I., Sarasvananda, I. B. G., Prayitno, H., Putra, I. N. T. A., Darmawan, R., & WP, D. A. (2023). Teknik Visualisasi Data. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Aditama, P. W., & Tahalea, S. P. (2021). Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Natural Science and Engineering, 5(1), 25-29.

Patria, B., Andriati, S., & Tria, L. (2024). User interface and user experience: The key to long-term engagement in mobile applications. Journal of Applied Technology and User Experience, 22(1), 78-95.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Sitanggang, T., & Putra, I. N. T. A. (2025). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN VISUAL SEBAGAI DAMPAK DARI UI/UX DALAM APLIKASI ’MANAJER PENGELUARAN’. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6457

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2