ANALISIS USABILITY PADA GAME MOBILE GROWTOPIA MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Authors

  • Sahat Maruli Simanjuntak Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6446

Abstract Views: 358 File Views: 273

Abstract

Growtopia adalah salah satu game sandbox multipemain yang memiliki komunitas yang besar dan terus berkembang. Game ini menawarkan berbagai fitur seperti perdagangan, pembangunan dunia, dan interaksi sosial yang luas. Namun, terlepas dari kepopulerannya, tingkat kegunaan dan kenyamanan pengguna dalam memainkan Growtopia di platform mobile masih menjadi pertanyaan yang perlu diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dari Growtopia dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode ini melibatkan kuesioner dengan 10 pertanyaan yang mengukur berbagai aspek usability, seperti kemudahan penggunaan, kompleksitas, dan kepuasan pengguna. Data dikumpulkan dari 30 responden yang aktif memainkan Growtopia di perangkat mobile. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor SUS untuk Growtopia berada pada kategori Grade Scale B dan Adjective Rating Good. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa usability Growtopia sudah cukup baik, meskipun masih ada aspek yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Tri, A. Putra, I. Gede, A. Chandra Wijaya, I. Kadek, and D. Saputra, “USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS),” vol. 2, no. 2, 2023.

N. Tri et al., “Analisis User Experience Pada Layanan Telekomunikasi Operator Seluler Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” Digit. Transform. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 49–57, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.47709/digitech.v3i1.2391

J. Tyni, A. Turunen, J. Kahila, R. Bednarik, and M. Tedre, “Reward Types in Popular Recreational and Educational Mobile Games,” IEEE Access, vol. 11, no. December 2022, pp. 1166–1174, 2023, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3231936.

N. Tri, A. Putra, I. Putu, S. Dwipayana, and M. F. Somantri, “Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation Serta Pengaruh Skin dalam Kepercayaan Diri untuk Meningkatkan Probalitas Kemenangan,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, p. 119, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.fikom-unasman.ac.id

M. A. Nugroho, M. A. Nurwahid, K. M. Fauzan, L. Nurrahman, and F. Nopriani, “Peran E-Business dalam Ekonomi Virtual Game Growtopia,” JUSIFOR J. Sist. Inf. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 45–51, 2024, doi: 10.33379/jusifor.v3i1.4438.

M. Sužnjević, M. Miklec, and S. Poštić, “Case Study of Player Behavior in a Mobile Free-to-Play Interactive Story Telling Game,” IEEE Trans. Games, vol. 15, no. 3, pp. 450–459, 2023, doi: 10.1109/TG.2022.3221607.

A. M. H. Abbas, K. I. Ghauth, and C. Y. Ting, “User Experience Design Using Machine Learning: A Systematic Review,” IEEE Access, vol. 10, pp. 51501–51514, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3173289.

L. N. Azizah, “EVALUASI USABILITY APLIKASI MOBILE IBIS PAINT X MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE ( SUS ),” vol. 12, no. 1, pp. 289–294, 2024.

I. D. N. M. Suputera, I. M. A. Pradnyana, and I. K. R. Arthana, “Usability Testing pada Sistem Informasi Akademik New Generation (SIAK-NG) Undiksha Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa,” Inser. Inf. Syst. Emerg. Technol. J., vol. 3, no. 1, pp. 14–27, 2022, doi: 10.23887/insert.v3i1.43173.

E. I. Prayoga and T. Kristiana, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Hrmwincorp Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4094.

I. Walhidayah, I. Made Ardwi Pradnyana, and I. Gusti Lanang Agung Raditya Putra, “Evaluasi Usability Aplikasi Rudaya Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire Usability Evaluation of Rudaya Applications Using Usability Testing and USE Questionnaire Methods,” Techno.COM, vol. 21, no. 3, pp. 667–679, 2022, [Online]. Available: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.rudaya.rudayaapp

W. Ali, O. Riaz, S. Mumtaz, A. R. Khan, T. Saba, and S. A. Bahaj, “Mobile Application Usability Evaluation: A Study Based on Demography,” IEEE Access, vol. 10, pp. 41512–41524, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3166893.

N. L. G. E. Aprilianti and I. N. T. A. Putra, “Analisis Sistem Informasi Sma Negeri 1 Kerambitan Menggunakan System Usability Scale,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 19, no. 1, pp. 3–11, 2021, doi: 10.34010/miu.v19i1.5069.

P. Y. Pratiwi, I. M. Ardwi Pradnyana, and N. K. Winda Damayanti, “Usability Analysis on Digital Library Information System using System Usability Scale (SUS),” Proc. - IEIT 2023 2023 Int. Conf. Electr. Inf. Technol., no. September, pp. 293–298, 2023, doi: 10.1109/IEIT59852.2023.10335582.

I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P. Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 25–29, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i1.29289.

T. Alisya, M. L. Hamzah, E. Saputra, T. K. Ahsyar, and Syaifullah, “Evaluation of User Experience on ShopeePay Digital Wallet Using System Usability Scale (SUS) and User Experience Questionnaire (UEQ) Methods,” in 2023 3rd International Conference on Emerging Smart Technologies and Applications (eSmarTA), 2023, pp. 1–6. doi: 10.1109/eSmarTA59349.2023.10293705.

A. Rizma, R. Putri, and A. D. Indriyanti, “Evaluasi Usability User Interface dan User Experience pada Aplikasi M . Tix dengan Metode Usability Testing ( UT ) dan System Usability Scale ( SUS ),” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell. Univ. Negeri Surabaya, vol. 04, no. 02, pp. 21–32, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/51791

N. Kadek, V. Agustina, N. Tri, and A. Putra, “Analisis Front End Sistem Informasi Website Pt. Bali Swakinarya Cipta Sejahtera Dengan Metode System Usability Scale,” Jtii, vol. 6, no. 02, pp. 79–89, 2021.

H. Y. Madawara, D. Manongga, and H. Hendry, “Evaluasi Ketergunaan Website Perpustakaan Universitas Kristen Satya Wacana Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 44–55, 2023, doi: 10.37792/jukanti.v6i2.933.

H. Mubarok, “Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi,” J. Ilmu Pendidik. Nas., vol. 1, no. 1, pp. 01–07, 2023, doi: 10.59435/jipnas.v1i1.45.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Simanjuntak, S. M., & Putra, I. N. T. A. (2025). ANALISIS USABILITY PADA GAME MOBILE GROWTOPIA MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6446

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2