PERANCANGAN UI/UX APLIKASI KESEHATAN “RECOVERLY” BERBASIS MOBILE DALAM MENDUKUNG PEMULIHAN PASIEN PASCA RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
PERANCANGAN UI/UX APLIKASI KESEHATAN “RECOVERLY” BERBASIS MOBILE DALAM MENDUKUNG PEMULIHAN PASIEN PASCA RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6829Abstract Views: 79 File Views: 60
Keywords:
UI/UX, Aplikasi Kesehatan, Design Thinking, Pemulihan Pasien, Mobile AppAbstract
Abstrak. Kemajuan teknologi digital di sektor perawatan kesehatan menyoroti pentingnya kesinambungan perawatan, terutama dalam fase pemulihan pasca-perawatan di rumah sakit. Masalah umum adalah kurangnya komunikasi antara pasien dan tenaga medis setelah keluar dari rumah sakit, yang dapat menyebabkan ketidakpatuhan terhadap pengobatan, keterlambatan deteksi gejala, dan bahkan rawat inap ulang di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe aplikasi kesehatan seluler yang disebut Recoverly menggunakan pendekatan Design Thinking untuk mendukung proses pemulihan yang terstruktur dan berkelanjutan. Hasilnya menunjukkan bahwa Recoverly menyediakan fitur-fitur utama seperti pelaporan kesehatan harian, pengingat pengobatan, panduan pemulihan, dan komunikasi dua arah dengan tenaga medis. Temuan-temuan ini penting karena menunjukkan bahwa pendekatan desain yang berpusat pada pengguna dapat memberikan solusi digital yang efektif untuk mendukung pemulihan pasien setelah rawat inap.
Downloads
References
[1] R. Nugroho, M. Hidayat, E. D. D. Rianti, N. L. A. C. Mutiarahati, and A. F. Rosyid, “Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pelayanan Kesehatan Publik: Sebuah Tinjauan Analisis Kebijakan,” May 2023.
[2] P. Adinda, R. Hutagalung, R. Salsabila Parapat, L. Rahmanda, F. H. Andila, and H. Purba, “PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENDORONG AKSES KESEHATAN YANG MERATA PADA MASYARAKAT : LITERATUR REVIEW,” Jurnal Kesehatan Tambusai, vol. 5, Dec. 2024.
[3] F. R. Isadora, B. T. Hanggara, and Y. T. Mursityo, “PERANCANGAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI MOBILE HOMECARE RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 8, pp. 1057–1066, Oct. 2021, doi: https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550.
[4] M. R. Ramadhan and H. Tolle, “Evaluasi dan Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Registrasi Online Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi menggunakan Human-Centered Design,” Apr. 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[5] F. A. Muhammad, A. Putra Kharisma, and R. S. Sianturi, “Perancangan User Experience Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Online di Masa Pandemi berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking,” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[6] F. Kurnianto, J. Informatika, F. T. Industri, E. Gustri, and W. Jurusan Informatika, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung,” Yogyakarta, 2022.
[7] N. R. Wiwesa, “USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN,” Jan. 2021.
[8] F. Ilham Pradhana and A. Budi Cahyono, “Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Mobile Startup Sajiloka dengan Lean UX,” Yogyakarta, Aug. 2022.
[9] M. Agung Prastiyo and J. Sundari, “Analisis dan Rancangan UI/UX pada PT. Sherindo Cargo dengan Metode Design Thinking dan SUS,” 2023.
[10] M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, Dec. 2022.
[11] K. D. A. P. Sutarja and I. N. T. A. Putra, “APLIKASI MOBILE SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG DALAM MENGELOLA KECEMASAN SOSIAL,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 2, Apr. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i2.6486.
[12] P. Sukmasetya, A. Setiawan, and E. R. Arumi, “PENGGUNAAN USABILITY TESTING SEBAGAI ALAT EVALUASI WEBSITE KRS ONLINE PADA PERGURUAN TINGGI,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 9, no. 1, pp. 58–67, 2020.
[13] A. Lupita Dyayu and H. Yani, “Evaluasi Usability Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Manajemen Teknologi dan Sistem Informasi (JMS), vol. 3, no. 1, 2023, [Online].
[14] R. Fahrudin and R. Ilyasa, “PERANCANGAN APLIKASI ‘NUGAS’ MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN AGILE DEVELOPMENT,” Dec. 2021.
[15] V. K. Reynaldi and N. Setiyawati, “PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PLATFORM PENDIDIKAN TEKNOLOGI,” Sep. 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.