ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMASARAN PADA TOKO ONLINE DI SHOPEE (STUDI KASUS: TOKO LINAZENSHOP OFFICIAL)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6358Abstract Views: 284 File Views: 291
Abstract
Perkembangan informasi teknologi telah mengubah lanskap bisnis, terutama dalam sektor e-commerce. Shopee sebagai salah satu platform pasar yang menawarkan berbagai fitur berbasis sistem informasi untuk membantu penjual dalam mengoptimalkan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan sistem informasi Shopee dalam pengambilan keputusan pemasaran, dengan studi kasus pada Toko Linazenshop Official yang bergerak di bidang produk kecantikan. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dengan data dari laporan transaksi penjualan, analitik Shopee, dan catatan pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur Iklan Shopee, Shopee Live, dan promosi diskon berkontribusi terhadap peningkatan jumlah pengunjung serta penjualan. Analisis ROI menunjukkan efektivitas biaya pemasaran yang bervariasi bergantung pada strategi yang diterapkan. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa pemanfaatan sistem informasi secara optimal dapat meningkatkan daya saing toko online, sehingga rekomendasi diberikan untuk mengembangkan strategi pemasaran berbasis data guna meningkatkan efektivitas penjualan.Downloads
References
A. Esty Purwanti and F. Lupiana, “Peran Sistem Informasi Pemasaran dalam Mengelola Proses Pemasaran Melalui Digital Marketing,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 88–102, 2023, doi: 10.51903/jimeb.v2i2.607.
T. M. Fahrudin, M. H. P. Swari, R. N. Irawan, N. A. V. Ansori, and N. R. A. Putri, “Optimalisasi dashboard analytics dan iklanku shopee sebagai strategi penjualan alat dan perlengkapan dapur secara online,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 17, no. 2, pp. 136–150, 2021, doi: 10.20414/transformasi.v17i2.3754.
N. I. P. Sari and N. Ravenska, “Optimalisasi Strategi Penggunaan E-Commerce Shopee Mall Pada Kampeong Radjoet Kota Bandung,” Konf. Nas. Ilmu Adm., vol. 7, no. 1, pp. 89–96, 2023.
S. Wardani, S. S. Lubis, and R. W. Dewantoro, “Analisis Big data untuk prediksi permintaan produk dalam E-commerce,” no. 1, 2025.
B. N. Khatimah, R. Yuliana, and M. Hamdani, “Peningkatan Penjualan di Market Place Shopee Pada Era Digitalisasi,” EconBank J. Econ. Bank., vol. 5, no. 2, pp. 293–301, 2023, doi: 10.35829/econbank.v5i2.340.
S. E. P. Sabarwo, L. Rahayu, N. R. Y. Ningrum, P. N. A. Risqi, and A. S. H. Hadi, “OPTIMALISASI KINERJA E-COMMERCE DI ERA INDUSTRI 4 . 0,” pp. 37–44, 2024.
Y. Yosa, “Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Online terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” Syntax Lit. ; J. Ilm. Indones., vol. 8, no. 12, pp. 6679–6686, 2023, doi: 10.36418/syntax-literate.v8i12.14161.
J. Saputra, I. Purwanto, M. Afriansyah, N. Fitrianingsih Hasan, V. Wati, and L. Hakim, “Analisis Return on Investment (ROI) dengan Penelusuran Basis Data Guna Perhitungan Tingkat Keberhasilan Promo Return on Investment (ROI) Analysis with Database Searching to Calculate the Success Rate of the Promo,” Magister Tek. Inform. Univ. AMIKOM Yogyakarta, STIMIK Sepuluh Nop. Jayapura, vol. 5, no. 3, pp. 196–208, 2019.
D. A. Maharani, G. J. Wahdani, and D. P. A.P, “Pengaruh Strategi Pemasaran Digital Terhadap Dodol di UMKM Ny. Lauw,” Perfect Educ. Fairy, vol. 1, no. 4, pp. 188–198, 2023, doi: 10.56442/pef.v1i4.830.
F. A. T. Laksono, S. D. Astuti, A. Widagdo, and S. Iswahyudi, “PENINGKATAN KEMAMPUAN DIGITALISASI PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK KELOMPOK EKS-BURUH MIGRAN DI KABUPATEN WONOSOBO Pendahuluan Para eks-buruh migran menghadapi permasalahan yang kompleks setelah menyelesaikan,” Transform. J. Pengabdi. Masy., vol. 17, no. 1, pp. 13–26, 2021.
A. Aprianti, Rodiyah, and S. P. Derajat, “PENGARUH STRATEGI HARGA DISKON DAN LIVE STREAMING INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GEN-Z PADA APLIKASI SHOOPE,” vol. 3, pp. 160–168, 2025, [Online]. Available: http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/index
M. L. Kurniasari, Zulistiani, and S. Ratnanto, “PENGARUH LIVE STREAMING, FLASHSALE, CASHBACK PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PENGGUNA SHOPEE,” vol. 3, pp. 440–449, 2024.