DESAIN UI/UX APLIKASI MOBILE PEMESANAN MAKANAN ONLINE: PROTOTYPING MENGGUNAKAN FIGMA DENGAN METODE KISS
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6419Abstract Views: 327 File Views: 233
Abstract
Desain anatarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) berperan penting dalam keberhasilan aplikasi pemesanan makanan online.Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX aplikasi pemesanan makanan online dengan metode prototyping menggunakan Figma dan prinsip Keep It Simple Stupid (KISS).Metode penelitian mencakup studi literature serta pengembangan prototipe yang berfokus pada kesederhanaan dan efisiensi interaksi pengguna.Proses penelitian meliputi pengumpulan data,pembuatan prototipe desain,serta evaluasi berdasrkan prinsip KISS.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode KISS dalam desain UI/UX meningkatkan kemudahan navigasi,efisiensi penggunaan, serta pengalaman pengguna secara keseluruhan.Pengguna dapat memahami dan mengoperasikan aplikasi dengan lebih cepat,sehingga proses pemesanan makanan menjadi lebih intuisif.Selain itu,penggunaan Figma dalam protoyping memungkinkan pengujian dan iterasi yang lebih responsive terhadap kebutuhan pengguna.Kesimpulannya,kombinasi metode prototyping dan prinsip KISS terbukti efektif dalam mencioptakan desain UI/UX yang optimal untuk aplikasi pemesanan makanan online
Downloads
References
M. Z. Azziqra, I. Nuryasin, P. Informatika, and U. M. Malang, “IMPLEMENTASI CLEAN ARCHITECTURE PADA APLIKASI MOBILE AL-QURAN BERBASIS FLUTTER,” vol. 8, no. 2, pp. 369–380, 2024.
V. Yolanda, Amuharnis, and I. Stephanie, “Aplikasi Mobile Booking Lapangan Futsal Berbasis Android,” J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 8, no. 1, pp. 163–175, 2024.
I. Angelica and C. Nas, “Design UI / UX Prototype Aplikasi Pemesanan Produk Dimskuy Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Figma,” Manaj. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2022.
M. A. Senubekti, G. L. Dajoreyta, and N. Anggraini, “Pembuatan Desain UI/UX dengan Metode Prototyping pada Aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung menggunakan Figma,” J. Inform. Terpadu, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2024.
N. Hakam, “Perancangan UI/UX Aplikasi Amaze Layanan Online Travel Agent Menggunakan Aplikasi Figma,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 87–92, 2022.
R. Kurniawan and M. Budi, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 2–7, 2022.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020.
M. Fajar Nadillah and A. Voutama, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Daur Ulang Sampah Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 2663–2671, 2024.
I. Engineering et al., “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian Diskominfo,” vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
W. Bagaskara and A. Voutama, “Perancangan UI/UXAplikasi Perpustakaan Digital,” J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 10113–10124, 2023.
A. M. Yusuf, R. Gunawan, A. Priatna, and R. A. Pardian, “Perancangan UI/UX Sistem Informasi Pembayaran Pengunaan Air Dengan Metode Design Thinking Pada Website PDAM Karawang,” J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 6, no. 1, p. 8, 2023.
A. Z. Mubarok, C. Carudin, and A. Voutama, “Perancangan User Interface/User Experience Pada Aplikasi Baby Spa Berbasis Mobile Untuk User Customer Dan Terapis Menggunakan Metode User Centered Design,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 6368–6380, 2022.
S. Mufti Prasetiyo, A. Maulana, R. Hakiki, and T. Alawiyah, “Perancangan UI/UX Website Penjualan Ikan Hias Pada Toko AW Aquascape Menggunakan Metode Keep It Simple,” BULLET J. Multidisiplin Ilmu, vol. 1, no. 6, pp. 992–995, 2022.
Y. Christian and Olwin, “Perancangan dan Pengembangan Website Sekolah di SMA Yos Sudarso Menggunakan Metode 4D,” UIB Journals, vol. 4, no. 1, pp. 1162–1168, 2022.
I. G. N. A. W. Putra, A. D. Churniawan, and T. Sutanto, “Pelatihan Desain Pada Siswa Smk Ipiems Surabaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Desain UI/UX Aplikasi Mobile,” Transform. J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 86–95, 2023.
M. A. Rizkiawan and K. J. Timur, “OPTIMALISASI PENGALAMAN PENGGUNA : REDESIGN UI / UX WEBSITE SIMAKIP UHAMKA DENGAN METODE DESIGN THINKING,” vol. 13, no. 1, pp. 35–44, 2025.
R. Setiawan, M. Defriani, L. Sri, and A. Muni, “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Layanan Sistem Informasi Siswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Keep It Simple Stupid ( Kiss ) ( Studi Kasus : SMK PURNAWARMAN Purwakarta ) Program Studi Teknik Informatika , Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana , Indonesia,” vol. 2, no. 5, pp. 101–115, 2024.