PENGARUH PENGARUH E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN ESERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION PADA TOMORO COFFEE PURWAKARTA

Authors

  • Moh Fikri Fadilah University Of Singaperbangsa Karawang
  • Nono Heryana
  • Azhari Ali Ridha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7521

Abstract Views: 70 File Views: 40

Keywords:

E-Customer Relationship Management, E-Service Quality, E-Customer Satisfaction

Abstract

Meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia menunjukkan bahwa bisnis kedai kopi memiliki potensi keuntungan yang signifikan. Perubahan gaya hidup dan tren sosial, seperti kebiasaan berkumpul di coffee shop, telah mendorong pertumbuhan pesat dalam industri ini. Fenomena ini membuka peluang bisnis yang menjanjikan bagi pengusaha kedai kopi dan calon pengusaha. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-Customer Relationship Management (e-CRM) dan e-Service Quality terhadap e-Customer Satisfaction di Tomoro Coffee Purwakarta, dengan fokus pada sejauh mana e-CRM dan e-Service Quality berkontribusi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan secara online di kafe tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk menganalisis pengaruh e-CRM dan e-Service Quality terhadap e-Customer Satisfaction di Tomoro Coffee Purwakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-CRM dan e-Service Quality memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap e-Customer Satisfaction. Hasil ini menunjukkan bahwa kombinasi dari pengelolaan hubungan pelanggan elektronik yang baik dan kualitas layanan elektronik yang tinggi memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Mahmudan, “Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021?” [Online]. Available: https://dataindonesia.id/agribisnis-kehutanan/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021

M. A. Lutfi and R. P. Santoso, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan CRM (Costomer Relationship Manajement) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan PT. SBC Group Berkah Bersama),” BIMA J. Bus. Innov. Manag., vol. 4, no. 3, pp. 572–584, 2022, doi: 10.33752/bima.v4i3.5586.

A. F. Sorengpati and B. D. Andah, “Rancangan E-Crm Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Pt. Digital Travel Indonesia,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 6, pp. 187–193, 2019, [Online]. Available: https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1545

Sayed Bahaedin Musavi, Managing E-Crm Towards Customer Satisfaction and Quality Relationship. Partridge Publishing, 2019.

D. Wahyuni, “PENGARUH E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( E-CRM) DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY,” J. GEEJ, vol. 7, no. 2, 2020.

G. Whimphie Billyarta and E. Sudarusman, “Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy,” Optimal, vol. 18, no. 1, pp. 41–62, 2021.

F. T. dan G. Chandra, Service, Quality dan Customer Satisfaction. CV Andi Offset, 2019.

A. Fahira, T. I. F. Rahma, and R. Syahriza, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Nasabah Bank Sumut Syariah,” Din. Ekon. - J. Ekon. dan Bisnis, vol. 15, no. 1, pp. 247–264, 2022, doi: 10.53651/jdeb.v15i1.358.

I. Ul Haq and T. M. Awan, “Impact of e-banking service quality on e-loyalty in pandemic times through interplay of e-satisfaction,” Vilakshan - XIMB J. Manag., vol. 17, no. 1/2, pp. 39–55, 2020, doi: 10.1108/xjm-07-2020-0039.

M. R. RahmaPutri, D. S. Y. Kartika, and S. F. A. Wati, “Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Sat & Sun : the Almeaty Service Menggunakan Naive Bayesklasifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan Sat & Sun : the Almeaty Service Menggunakan Naive Bayes,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4844.

M. H. Mubarak, PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA TERHADAP REPURCHASE INTENTION, vol. 11, no. 1. 2019. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

O. R. Veronica dan Elly Mirati, O. Veronica, and R. Elly Mirati, “Analisis Implementasi Electronic Customer Relationship Management terhadap Customer Satisfaction Bank BCA (Studi pada Nasabah Bank BCA di Jakarta),” Pros. SNAM PNJ, 2022.

Mochaffan Fildameta Delfiero, “Membangun E-Trust, E-Service Quality, dan E-CRM Terhadap Customer Satisfaction Serta Berdampak Pada Customer Loyalty Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Demak,” 2023.

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Fadilah, M. F., Nono Heryana, & Azhari Ali Ridha. (2025). PENGARUH PENGARUH E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN ESERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER SATISFACTION PADA TOMORO COFFEE PURWAKARTA. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.7521

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)