EVALUASI POTENSI PENERIMAAN APLIKASI EDUKASI BERBASIS MOBILE: NUSALEARN DALAM PEMBELAJARAN BUDAYA NUSANTARA MELALUI PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Authors

  • Made Isyana Macika Gunawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6661

Abstract Views: 76 File Views: 43

Abstract

Pembelajaran budaya Nusantara menghadapi tantangan dalam menarik minat generasi muda, terutama di era digital. Aplikasi edukasi berbasis mobile berpotensi menjadi solusi inovatif dalam menyampaikan materi budaya dengan cara yang lebih interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerimaan aplikasi Nusalearn dalam pembelajaran budaya Nusantara menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survey research. Responden penelitian terdiri dari siswa dan mahasiswa yang memiliki pengalaman dalam menggunakan aplikasi pembelajaran digital. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling - Partial Least Squares (SEM-PLS) untuk menguji hubungan antar variabel dalam model TAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap manfaat yang dirasakan, yang pada gilirannya membentuk sikap positif dan meningkatkan niat pengguna untuk dapat terus menggunakan aplikasi ini dalam pembelajaran budaya Nusantara. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa aplikasi edukasi berbasis mobile dapat diterima dengan baik apabila dirancang dengan mempertimbangkan usability dan manfaat nyata bagi pengguna. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan teknologi pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan generasi digital guna meningkatkan pelestarian budaya secara efektif. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi faktor eksternal yang dapat memengaruhi penerimaan aplikasi serta mengembangkan fitur inovatif guna meningkatkan keterlibatan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. N. T. A. Putra and K. S. Kartini, “Implementation of Mobile-Based Interactive Learning Media Case Study : Class Xi Hydrocarbons Material,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 43–52, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i2.28536.

H. Gunawan, Y. Septiana, and E. Gunadhi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 82–90, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.17-1.82.

M. Y. T. Martha and I. N. Tri Anindia Putra, “Penerapan Pembelajaran Secara Daring Aplikasi Google Classroom Di Smptk Galang Kasih,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 1, pp. 97–105, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i1.2414.

K. Minan, “Analisis Pendekatan Metode TAM Pada Penggunaan Aplikasi E-Commerce,” Ekon. Keuangan, Investasi dan Syariah, vol. 3, no. 2, pp. 181–187, 2021, doi: 10.47065/ekuitas.v3i2.1118.

P. N. Anisafitri, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas Vii,” Griya Cendikia, vol. 7, no. 2, pp. 560–574, 2022, doi: 10.47637/griya-cendikia.v7i2.393.

I. B. G. Sarasvananda, D. Selivan, M. L. Radhitya, and I. N. T. A. Putra, “Analisis Sentimen Pada Pembelajaran Daring Di Indonesia Melalui Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 5, no. 2, pp. 227–233, 2022, doi: 10.31598/sintechjournal.v5i2.1241.

K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Redoks J. Pendidik. Kim. Dan Ilmu Kim., vol. 3, no. 2, pp. 8–12, 2020, doi: 10.33627/re.v3i2.417.

B. Santoso and Edwin Zusrony, “Analisis Persepsi Pengguna Aplikasi Payment Berbasis Fintech Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 11, no. 1, pp. 49–54, 2020, doi: 10.51903/jtikp.v11i1.150.

A. Siswoyo and B. S. Irianto, “Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Pengguna Aplikasi Mobile Banking,” Owner, vol. 7, no. 2, pp. 1196–1205, 2023, doi: 10.33395/owner.v7i2.1440.

A. E. Irawati and E. Suhartono, “Analisis Technology Acceptance Model Aplikasi Linkaja,” J. Ris. Ekon. dan Bisnis, vol. 13, no. 3, p. 164, 2020, doi: 10.26623/jreb.v13i3.2861.

Rizky Arya Febriawan and Puspita Kartikasari, “Evaluasi Desain Antarmuka Pengguna pada Website Broadband Learning Center Menggunakan Metode Innovation Difussion Theory - Technology Acceptance Model (IDT-TAM),” J. Technol. Informatics, vol. 1, no. 2, pp. 89–94, 2020, doi: 10.37802/joti.v2i1.50.

Sefrika, “Implementasi Metode TAM Untuk Menganlisa Penerimaan Teknologi Aplikasi Peduli Lindungi,” J. Sains Komput. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 1060–1065, 2021.

A. Arly, N. Dwi, and R. Andini, “Implementasi Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Kelas A,” Pros. Semin. Nas., pp. 362–374, 2023.

K. Ratnasari et al., “Understanding E-Learning Satisfaction Through Technology Acceptance Model : A Case Study of Edlink Implementation at Sahid University,” vol. 3, no. 4, pp. 528–541, 2025.

A. Mulyanto, S. Sumarsono, T. F. Niyartama, and A. K. Syaka, “Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian Model Penerimaan Aplikasi MasjidLink,” Semesta Tek., vol. 23, no. 1, pp. 27–38, 2020, doi: 10.18196/st.231253.

F. Mawartini, R. Muchzawarni, P. Palentina Kristyani, and M. Mutmainnah, “Penerapan Technology Acceptance Model pada Aplikasi Canva untuk mendukung proses pembelajaran di SMK TRIGUNA 1956,” J. Econ. Bus. UBS, vol. 13, no. 2, pp. 477–491, 2024, doi: 10.52644/joeb.v13i2.1548.

A. Sutiyono, S. Bakhri, D. R. Ningsih, and F. Syukur, “Assessing E-learning Systems Using the DeLone & McLean and Technology Acceptance Models,” vol. 10, no. 12, pp. 10001–10012, 2024, doi: 10.29303/jppipa.v10i12.8790.

P. W. Aditama, P. S. U. Putra, I. M. M. Yusa, and I. N. T. A. Putra, “Designing augmented reality sibi sign language as a learning media,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1810, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1810/1/012038.

T. Irawati, E. Rimawati, and N. A. Pramesti, “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses),” is Best Account. Inf. Syst. Inf. Technol. Bus. Enterp. this is link OJS us, vol. 4, no. 2, pp. 106–120, 2020, doi: 10.34010/aisthebest.v4i02.2257.

K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981.

M. Ary, “Technology Acceptance Model (TAM) dan Webqual untuk Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Mahasiswa Baru (SIM-PMB),” J. Tekno Insentif, vol. 15, no. 1, pp. 41–53, 2021, doi: 10.36787/jti.v15i1.403.

M. Agustian, H. Sutopo, and Widyasari, “Developing Educational Mobile Game on Nusantara Heritage Thematic Learning for Elementary School,” J. Southwest Jiaotong Univ., vol. 56, no. 6, pp. 959–972, 2021, doi: 10.35741/issn.0258-2724.56.6.84.

H. Sulistyanto et al., “Impact of Adaptive Educational Game Applications on Improving Student Learning: Efforts to Introduce Nusantara Culture in Indonesia,” Indones. J. Learn. Adv. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 249–261, 2023, doi: 10.23917/ijolae.v5i3.23004.

R. Rouabhia and K. Kheder, “Using Duolingo in Teaching and Learning Vocabulary : A Systematic Review,” vol. 10, no. 2, pp. 91–107, 2024.

F. P. Radhiyya, N. Aulia, S. Shabrina, H. A. Putri, and B. N. Alamsyah Lubis, “An Analysis of Students’ Experience in Using English Learning Application ‘myON’ in Helping Students’ English Learning Process,” SCHOULID Indones. J. Sch. Couns., vol. 8, no. 2, p. 59, 2023, doi: 10.23916/083634011.

F. Mawartini, R. Muchzawarni, P. P. Kristyani, and M. Mutmainnah, “Penerapan Technology Acceptance Model pada Aplikasi Canva untuk mendukung proses pembelajaran di SMK TRIGUNA 1956,” JITET (J. Ilm. Teknol. dan Terapan), vol. 13, no. 2, pp. 477–491, 2024, doi: 10.52644/joeb.v13i2.1548.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Gunawan, M. I. M., & Putra, I. N. T. A. (2025). EVALUASI POTENSI PENERIMAAN APLIKASI EDUKASI BERBASIS MOBILE: NUSALEARN DALAM PEMBELAJARAN BUDAYA NUSANTARA MELALUI PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6661

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>