PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI VITAGLOW MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6401Abstract Views: 159 File Views: 108
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) aplikasi VitaGlow menggunakan metode Design Thinking. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan solusi dalam perawatan kulit dengan mengintegrasikan teknologi AI untuk analisis kondisi kulit dan fitur e-commerce untuk pembelian produk. Metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test digunakan untuk memastikan desain aplikasi dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna. Pada tahap empathize, dilakukan riset untuk memahami masalah yang dihadapi pengguna dalam memilih produk perawatan kulit. Tahap define berfokus pada pemahaman mendalam tentang masalah pengguna, sementara ideate menghasilkan berbagai solusi kreatif. Hasil dari tahap prototyping adalah desain UI aplikasi VitaGlow yang intuitif dan mudah digunakan. Pengujian dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS), yang menunjukkan skor rata-rata 83,083, mengindikasikan penerimaan yang sangat baik dan pengalaman pengguna yang memuaskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi VitaGlow berhasil merancang UI yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna dalam memilih dan membeli produk perawatan kulit.
Downloads
References
J. V. Wang, N. Saedi, and R. G. Geronemus, “Differentiation in a market of imitation: The evolving world of aesthetic dermatology,” J Cosmet Dermatol, vol. 19, no. 11, pp. 2987–2989, Nov. 2020, doi: 10.1111/jocd.13645.
N. Fadhilah, A. A. Riadi, and A. Susanto, “Aplikasi Konsultasi Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Wajah (Studi Kasus : Mariane Aesthetic Clinic),” Jurnal Dialektika Informatika (Detika), vol. 3, no. 2, pp. 60–66, Jun. 2023, doi: 10.24176/detika.v3i2.10350.
K. W. Cahyadi, I. Gusti, A. Agung, D. Indradewi, and Y. Pratiwi, “SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Pencarian Instruktur Olahraga ‘BeFind’ berbasis Mobile menggunakan Design Thinking UI/UX Design for Mobile-based Sports Instructor Search Application ‘Befind’ using Design Thinking.” [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
N. Tri, A. Putra, I. Gede, A. Chandra Wijaya, I. Kadek, and D. Saputra, “USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS),” JTINFO, vol. 2, no. 2, 2023.
D. A. . Norman, The Design of Everyday Things : Revised and Expanded Edition. Basic Books, 2013.
C. F. Aini, S. No, and J. A. Prasetyo, “PENGEMBANGAN FRONT-END MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA APLIKASI RESERVASI PESONA JAVA IJEN HOMESTAY,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4916.
J. James. Garrett, The elements of user experience : user-centered design for the Web and beyond. New Riders, 2011.
M. N. Ashiddiq, “PERANCANGAN UI/UX LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) APLIKASI MOBILE EDU-LEARN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3693.
E. Gonen, “Tim Brown, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation (2009),” Markets, Globalization & Development Review, vol. 04, no. 02, 2019, doi: 10.23860/mgdr-2019-04-02-08.
N. N. Parwati, P. B. Prameswara, I. G. W. Sudatha, and I. G. P. Suharta, “10_Artikel_DosSI_PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BAGI PARA GURU DI SINGARAJA,” in Proceeding Senadimas Undiksha 2024, 2024.
M. R. Febrianto, “11_Artikel_Diluar_Ai Untuk Identifikasi Kulit Wajah,” in Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 2025.
D. Chaffey, E-BusinEss and E-CommErCE managEmEnt. 2002. [Online]. Available: www.pearson-books.com
A. Putu Candra et al., “Sistem Informasi Penjualan Online Thrift Shop Berbasis Web,” Journal of Technology and Informatics (JoTI), vol. 5, no. 2, pp. 116–124, Apr. 2024, doi: 10.37802/joti.v5i2.586.
J. Brooke, “SUS - A quick and dirty usability scale.”
G. S. Mahendra and I. K. A. Asmarajaya, “Evaluation Using Black Box Testing and System Usability Scale in the Kidung Sekar Madya Application,” Sinkron, vol. 7, no. 4, pp. 2292–2302, Oct. 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i4.11755.
A. Aldi, A. H. Mufidah, and C. B. Sanjaya, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN PAKET WISATA DI DESA WONOKITRI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.5250.
I. Darmawan, M. Saiful Anwar, A. Rahmatulloh, and H. Sulastri, “INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION journal homepage : www.joiv.org/index.php/joiv INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION Design Thinking Approach for User Interface Design and User Experience on Campus Academic Information Systems,” 2022. [Online]. Available: www.joiv.org/index.php/joiv
P. Yudia Pratiwi, N. Putu, and E. Suchahyani, “IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD AND USABILITY TESTING IN THE DESIGN OF A SCHOLARSHIP INFORMATION SYSTEM,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 21, no. 2, 2024.
F. Zamakhsyari and A. Fatwanto, “INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION journal homepage : www.joiv.org/index.php/joiv INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION A Systematic Literature Review of the Design Thinking Approach for User Interface Design,” 2023. [Online]. Available: www.joiv.org/index.php/joiv
N. Tri, A. Putra, A. A. Dewi, P. Sari, N. Trinity, and L. Maharani, “TeknoIS: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains [221] Perancangan User Interface Pura Teluk Terima Dengan Metode Design Thinking,” TEKNOIS, vol. 13, pp. 221–233, 2023, doi: 10.36350/jbs.v13i2.
S. Fuada, E. Setyowati, N. Restyasari, Y. Mei Heong, and L. Paris Hasugian, “INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION journal homepage : www.joiv.org/index.php/joiv INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION UI/UX Redesign of SH-UPI App Using Design Thinking Framework,” 2024. [Online]. Available: www.joiv.org/index.php/joiv
DAN PENGEMBANGAN SISTEM ABSENSI REALTIME MELALUI METODE PENGENALAN WAJAH Nyoman Tri Anindia Putra, P. I., Bagus Gede Dwidasmara, I., & Gede Santi Astawa, I. (2014). Jurnal Sains dan Teknologi |450 (Vol. 3, Issue 2).
Juniantari, N. K. R., Nyoman, I., & Putra, T. A. (2021). ANALISIS SISTEM INFORMASI DPMPTSP MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. Jurnal Informatika Dan Komputer) Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, 4(1). https://doi.org/10.33387/jiko
Kartini, K. S., Tri, N., & Putra, A. (2020). RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4, 12–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index
Nyoman Tri Anindia Putra, I., & Sepdyana Kartini, K. (2021). PERBANDINGAN METODE PENGENALAN WAJAH MELALUI PENERAPAN PADA SISTEM SURVEILLANCE. SINTECH JOURNAL. https://doi.org/10.31598
Tri, N., Putra, A., Putu, I., Dwipayana, S., & Somantri, M. F. (2023). Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation Serta Pengaruh Skin dalam Kepercayaan Diri untuk Meningkatkan Probalitas Kemenangan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 9(2). http://ejournal.fikom-unasman.ac.id
Pratiwi, P. Y., Ardwi Pradnyana, I. M., & Winda Damayanti, N. K. (2023). Usability Analysis on Digital Library Information System using System Usability Scale (SUS). Proceedings - IEIT 2023: 2023 International Conference on Electrical and Information Technology, 293–298. https://doi.org/10.1109/IEIT59852.2023.10335582
Rudiartha, I. G. W., Pradnyana, I. M. A., & Pratiwi, P. Y. (2024). Evaluasi Usability Sistem Taring Dukcapil Menggunakan Metode Usability Testing dan Pendekatan UCD. Techno.Com, 23(2), 433–445. https://doi.org/10.62411/tc.v23i2.10079
Kim, S.-W., Go, H., Hong, S.-J., & Lee, Y. (2023). An Approach to the Utilization of Design Thinking in Artificial Intelligence Education. 13(6).
Peres, S. C., Pham, T., & Phillips, R. (2013). Validation of the system usability scale (sus): Sus in the wild. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society, 192–196. https://doi.org/10.1177/1541931213571043