VISUALISASI PREDIKSI PENJUALAN GAME DI DUNIA MENGGUNAKAN POWER BI

Authors

  • Eki Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6353

Abstract Views: 272 File Views: 231 File Views: 0 File Views: 0

Abstract

Data penjualan video game global dari berbagai sumber memerlukan pembersihan sebelum analisis. Penelitian ini menerapkan Eksploratory Data Analysis (EDA) menggunakan Power BI. Visualisasi meliputi tren penjualan tahunan (1980-2016), perbandingan regional, dan prediksi penjualan. Hasilnya menunjukkan peningkatan penjualan signifikan pada 2000-2010, dominasi pasar Amerika Utara, dan tren stabil/menurun pasca-2016. Pembersihan data dengan Power BI Query Editor melibatkan penghapusan baris header, penyesuaian tipe data, dan penghapusan kolom tak relevan. Terbatasnya data historis (hingga 2016) dan model prediksi sederhana mempengaruhi akurasi prediksi. Analisis lanjutan diperlukan untuk memahami dinamika pasar, mempertimbangkan faktor eksternal, dan memanfaatkan teknik machine learning untuk prediksi yang lebih akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eki Ramadhan, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer

Apriade Voutama, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer

References

S. Vishwakarma and S. Kumar, “Video game sales prediction model using regression model.” [Online]. Available: https://ssrn.com/abstract=4935036

F. Aryani and A. Voutama, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rental Motor di Daerah Bekasi Menggunakan Metode SDLC Design of a Motorcycle Rental Management Information System in the Bekasi Area Using the SDLC Method,” Jurnal Teknologi dan Informasi, doi: 10.34010/jati.v15i1.12636.

K. Steven, S. Hariyanto, R. Arijanto, and A. H. Wijaya, “PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MENGANALISIS DATA PADA PT. SURYAPLAS INTITAMA MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER BI,” 2021. [Online]. Available: https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/index

M. Kevin Adesyahputra, R. Febrianto, M. Nanang Khilmi Wibowo, T. Handayani, P. Studi Sistem Informasi, and F. Teknologi Informasi dan Komunikasi, “VISUALISASI DATA LOKASI RAWAN BENCANA DI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN POWER BI,” 2024.

B. Lailatul Nafiisa, Y. Novealita, W. Putri, and Q. Ayunin, “Dashboard Visualisasi Data UMK Sebagai Alat Pengambilan Keputusan Menggunakan Microsoft Power BI,” vol. 17, no. 2, pp. 86–105, 2022, [Online]. Available: https://akuntansi.pnp.ac.id/jam

I. N. Rizki, D. Prayoga, M. L. Puspita, and M. Q. Huda, “IMPLEMENTASI EXPLORATORY DATA ANALYSIS UNTUK ANALISIS DAN VISUALISASI DATA PENDERITA STROKE KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN PLATFORM TABLEAU,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3856.

D. T. Husni et al., “ANALISIS BIG DATA PENJUALAN VIDEO GAMES MENGUNAKAN EDA,” Jurnal Teknik Informasi dan Komputer (Tekinkom), vol. 5, no. 1, p. 43, Jun. 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i1.517.

H. A. Abdullah, D. Risky, D. Putra, and Y. Azhar, “ANALISA PENJUALAN VIDEO GAME MENGGUNAKAN METODE ENSEMBLE,” 2022. [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

N. N. F. Adzani, W. Witanti, and F. R. Umbara, “KLASIFIKASI TINGKAT PENJUALAN VIDEO GAME DENGAN MENGGUNAKAN METODE K – NEAREST NEIGHBORS,” INFOTECH journal, vol. 9, no. 2, pp. 618–625, Nov. 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i2.7371.

T. R. Mubaroq, “Analisis Penjualan Game di Berbagai Platform.” [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/388899515

Muhammad Alwi, Ninis Anggraini, and Rodia, “ANALISIS DATA MINING PADA PEMILIHAN JENIS GAME TERPOPULER MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, vol. 11, no. 1, pp. 9–15, Apr. 2023, doi: 10.21063/jtif.2023.v11.1.9-15.

I. Jubaidah, D. Pratiwi, and T. Siswanto, “FORECASTING SALES DATA ON E-COMMERCE USING SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING METHODS,” vol. 17, no. 2, doi: 10.47111/JTI.

T. Tasriq and S. O. Kunang, “PENERAPAN METODE DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING DAN VISUALISASI DASHBOARD UNTUK MENGANALISA DATA TRANSAKSI PENJUALAN PADA KEMITRAAN PT NATURAL NUSANTARA (STUDI KASUS : STOCKIS BG.3005 MUARA ENIM),” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 8, no. 1, pp. 254–265, Feb. 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i1.3441.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Ramadhan, E., & Voutama, A. (2025). VISUALISASI PREDIKSI PENJUALAN GAME DI DUNIA MENGGUNAKAN POWER BI. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6353

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>