PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE TOKOPEDIA.COM MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS

Apriliana Pramesinta Kusumaningayu, Arista Pratama, Anita Wulansari

Abstract


Dalam era globalisasi, kemajuan teknologi informasi sangat mempengaruhi berbagai aspek, terutama e-commerce. Data dari SimilarWeb Januari-Desember 2023 menunjukkan lima e-commerce terpopuler: Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak. Tokopedia adalah e-commerce asli Indonesia, yang dibangun buntuk mencapai pemerataan ekonomi digital, terutama untuk UMKM. Survei Goodstats 2023 menunjukkan Tokopedia menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dengan 44% suara, meski berada di peringkat kedua dalam kunjungan website. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi indikator yang perlu diperbaiki Tokopedia agar menjadi e-commerce paling sering dikunjungi dan top of mind masyarakat Indonesia. Pengukuran dilakukan menggunakan WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis dengan 400 responden yang berbelanja di Tokopedia dalam 3 bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesesuaian rata-rata 95,6% dan gap analysis -0,1575, menunjukkan website Tokopedia belum memenuhi harapan pengguna. Berdasarkan kuadran IPA, ada 4 indikator di kuadran I yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki, 10 indikator di kuadran II yang sudah sesuai harapan pengguna, 6 indikator di kuadran III yang perlu dipertahankan namun tetap berpotensi untuk perbaikan, dan 5 indikator di kuadran IV yang kinerjanya berlebihan dan diprioritaskan untuk mengalihkan sumber daya ke kuadran I.

Full Text:

PDF 2919-2927

References


M. Sutisna, A. D. Prayogo, and I. S. Sarah, “Evaluating Website Repeat Usage Using Webqual 4.0: a Guide for E-Commerce Business,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 662, no. 2, p. 022105, Nov. 2019, doi: 10.1088/1757-899X/662/2/022105.

M.- Marlina, Y. P. Santoso, K.- Kelvin, and J. F. Andry, “ANALISIS PENGARUH WEBSITE FASHION MACADAMIA HOUSE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0,” Jurnal Teknoinfo, vol. 13, no. 2, pp. 63–70, Jul. 2019, doi: 10.33365/jti.v13i2.215.

Tokopedia, “About Tokopedia.” Accessed: Dec. 09, 2023. [Online]. Available: https://www.tokopedia.com/about/

G. Nurcahyadi, “Survei : Sebagian Besar Masyarakat Indonesia Pilih Belanja Lewat E-commerce,” MediaIndonesia.com. Accessed: Dec. 10, 2023. [Online]. Available: https://mediaindonesia.com/ekonomi/608896/survei-sebagian-besar-masyarakat-indonesia-pilih-belanja-lewat-e-commerce

R. D. Shofi and A. D. Indriyanti, “Evaluasi Kualitas Website Tokopedia Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” JEISBI, vol. 03, no. 3, 2022.

G. Mandias, Y. Septiawan, and M. J. Bojoh, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa Terhadap Situs Sla Tompaso Website Quality Analysis Using Webqual 4.0 And Ipa Methods Of Sla Tompaso,” Cogito Smart Journal |, vol. 7, no. 2, pp. 396–406, 2021.

A. Darmanto, “PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI DI BUKALAPAK.COM,” Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, pp. 2–1, 2021.

J. F. Andry, K. Christianto, and F. R. Wilujeng, “Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website,” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. 5, no. 1, p. 23, Apr. 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.1.23-31.

P. Rita, T. Oliveira, and A. Farisa, “The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping,” Heliyon, vol. 5, no. 10, p. e02690, Oct. 2019, doi: 10.1016/j.heliyon.2019.e02690.

N. Pramudibyo, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI REDBUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4133.

E. K. R. E. Huizingh, “The content and design of web sites: an empirical study,” Information & Management, vol. 37, no. 3, pp. 123–134, Apr. 2000, doi: 10.1016/S0378-7206(99)00044-0.

S. Ratnawati, A. Zamhari, N. Hasanati, and R. N. Muktabar, “Analysis of Website Quality Using Webqual 4.0 Method and Importance Performance Analysis (IPA),” in 2023 11th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), IEEE, Nov. 2023, pp. 1–6. doi: 10.1109/CITSM60085.2023.10455539.

R. Romlih and C. Budihartanti, “Analisis Kualitas Website dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 5, no. 1, pp. 213–223, Oct. 2023, doi: 10.47065/josh.v5i1.3991.

J. H. L. Raja and K. G. Tileng, “Analisis Kualitas Website Jobstreet Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) ,” JUISI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi), vol. 8, no. 1, 2022.

S. Ratnawati, A. Zamhari, N. Hasanati, and R. N. Muktabar, “Analysis of Website Quality Using Webqual 4.0 Method and Importance Performance Analysis (IPA),” in 11th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2023, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2023. doi: 10.1109/CITSM60085.2023.10455539.

D. Ikasari, Widiastuti, and R. Andika, “The Quality Analysis of Smart Zoning Application Web Using Webqual and Importance Performance Analysis Method, Case Study Election of Senior High School in Depok,” in 4th International Congress on Human-Computer Interaction, Optimization and Robotic Applications, Proceedings, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2022. doi: 10.1109/HORA55278.2022.9799927.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet

Copyright (c) Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET)
pISSN: 2303-0577   eISSN: 2830-7062