EVALUASI PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI PERPLEXITY SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SIMPLIFIKASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)
Abstract
Chatbot AI seperti Perplexity AI menjadi populer di kalangan mahasiswa dengan menawarkan jawaban dengan kutipan referensi untuk meningkatkan kredibilitas. Meskipun ada keterbatasan, Perplexity AI tetap menjadi solusi potensial dalam pembelajaran. Selain itu, meskipun aplikasi ini memiliki potensi yang besar, belum banyak penelitian yang mengeksplorasi penerimaan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Perplexity. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerimaan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Perplexity sebagai penunjang pembelajaran dengan menggunakan simplifikasi Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri sejumlah 200.678 mahasiswa, probability sampling digunakan sebagai metode sampling kemudian data diolah menggunakan analisis SEM menggunakan software SmartPLS 3.2.9.
Full Text:
PDF 2547-2553References
A. Faiz and I. Kurniawaty, “Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam
Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral,” EDUKATIF : JURNAL
ILMU PENDIDIKAN, vol. 5, no. 1, pp. 456–463, Feb. 2023, doi:
31004/edukatif.v5i1.4779.
C. K. Tiwari, Mohd. A. Bhat, S. T. Khan, R. Subramaniam, and M. A.
I. Khan, “What drives students toward ChatGPT? An investigation
of the factors influencing adoption and usage of ChatGPT,”
Interactive Technology and Smart Education, Aug. 2023, doi:
1108/ITSE04-2023-0061.
G. Liu and C. Ma, “Measuring EFL learners’ use of ChatGPT in
informal digital learning of English based on the technology
acceptance model,” Innovation in Language Learning and Teaching,
pp. 1–14, Jul. 2023, doi: 10.1080/17501229.2023.2240316.
K. Li, “Determinants of College Students’ Actual Use of AI-Based
Systems: An Extension of the Technology Acceptance Model,”
Sustainability, vol. 15, no. 6, p. 5221, Mar. 2023, doi:
3390/su15065221.
bkpsdm.jogjakota, “MENGUNGKAP POTENSI AI DALAM
PEMERINTAHAN: DARI CHATBOT GPT HINGGA PERPLEXITY AI DAN
BING AI,” Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya
Manusia Pemerintah Kota Yogyakarta. Accessed: Jun. 08, 2024.
[Online]. Available: https://bkpsdm.jogjakota.go.id/detail/index/
M. Cunningham, “AI In Education ‒ Opportunities And Challenges,”
Brainz Magazine. Accessed: Nov. 21, 2023. [Online]. Available:
https://www.brainzmagazine.com/post/aiin-education
opportunities-and-challenges
F. D. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User
Acceptance of Information Technology,” MIS Quarterly, vol. 13, no.
, p. 319, Sep. 1989, doi: 10.2307/249008.
F. D. Davis, R. P. Bagozzi, and P. R. Warshaw, “User Acceptance of
Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models,”
Manage Sci, vol. 35, no. 8, pp. 982–1003, Aug. 1989, doi:
1287/mnsc.35.8.982.
Venkatesh, Morris, Davis, and Davis, “User Acceptance of
Information Technology: Toward a Unified View,” MIS Quarterly,
vol. 27, no. 3, p. 425, 2003, doi: 10.2307/30036540.
M. Haenlein, A. Kaplan, C.-W. Tan, and P. Zhang, “Artificial
intelligence (AI) and management analytics,” Journal of
Management Analytics, vol. 6, no. 4, pp. 341–343, Oct. 2019, doi:
1080/23270012.2019.1699876.
A. Tlili et al., “What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a
case study of using chatbots in education,” Smart Learning
Environments, vol. 10, no. 1, p. 15, Feb. 2023, doi:
1186/s40561-023-00237-x.
ditsmp.kemdikbud.go.id, “Mengenal Artificial Intelligence:Teknologi
yang akan Mengubah Kehidupan Manusia,”
ditsmp.kemdikbud.go.id. Accessed: Jul. 07, 2024. [Online].
Available: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenalartificial-
intelligence-teknologi-yang-akanmengubah-kehidupan-manusia/
K. Neha, “Role of Artificial Intelligence in Education,” Alochana
Chakra Journal, Sep. 2020.
S. Surahmat, “ANALISIS PENERIMAAN LEARNING MANAJEMEN
SISTEM JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI
SRIWIJAYA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL
(TAM),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no.
, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3843.
M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian
Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian
Kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7,
Apr. 2023.
W. Abdillah, Metode Penelitian Terpadu Sistem Informasi, Edisi 1.
Yogyakarta: Andi, 2018.
M. Indah and H. Agustin, “Penerapan Model Utaut (Unified Theory
Of Acceptance And Use Of Technology) Untuk Memahami Niat Dan
Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang,” JURNAL
EKSPLORASI AKUNTANSI, vol. 1, no. 4, pp. 1949–1967, Dec. 2019,
doi: 10.24036/jea.v1i4.188.
K. Winarso and Moh. Jufriyanto, “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN
INTERNET INDIHOME PADA PT. X DENGAN PENDEKATAN PART
LEAST SQUARE,” MATRIK, vol. 20, no. 1, p. 77, Sep. 2019, doi:
30587/matrik.v20i1.1017.
J. F. Hair, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, “PLS-SEM: Indeed a Silver
Bullet,” Journal of Marketing Theory and Practice, vol. 19, no. 2,
pp. 139–152, Apr. 2011, doi: 10.2753/MTP1069-6679190202.
I. Ghozali and H. Latan, Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan
Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan
Penerbit Undip, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4803
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet