EVALUASI PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI PERPLEXITY SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SIMPLIFIKASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Authors

  • Ivana Elfirdaus Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Tri Lathif Mardi Suryanto Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Arista Pratama Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4803

Abstract Views: 638 File Views: 672

Abstract

Chatbot AI seperti Perplexity AI menjadi populer di kalangan mahasiswa dengan menawarkan jawaban dengan kutipan referensi untuk meningkatkan kredibilitas. Meskipun ada keterbatasan, Perplexity AI tetap menjadi solusi potensial dalam pembelajaran. Selain itu, meskipun aplikasi ini memiliki potensi yang besar, belum banyak penelitian yang mengeksplorasi penerimaan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Perplexity. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerimaan mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Perplexity sebagai penunjang pembelajaran dengan menggunakan simplifikasi Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri sejumlah 200.678 mahasiswa, probability sampling digunakan sebagai metode sampling kemudian data diolah menggunakan analisis SEM menggunakan software SmartPLS 3.2.9.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Faiz and I. Kurniawaty, “Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam

Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral,” EDUKATIF : JURNAL

ILMU PENDIDIKAN, vol. 5, no. 1, pp. 456–463, Feb. 2023, doi:

31004/edukatif.v5i1.4779.

C. K. Tiwari, Mohd. A. Bhat, S. T. Khan, R. Subramaniam, and M. A.

I. Khan, “What drives students toward ChatGPT? An investigation

of the factors influencing adoption and usage of ChatGPT,”

Interactive Technology and Smart Education, Aug. 2023, doi:

1108/ITSE04-2023-0061.

G. Liu and C. Ma, “Measuring EFL learners’ use of ChatGPT in

informal digital learning of English based on the technology

acceptance model,” Innovation in Language Learning and Teaching,

pp. 1–14, Jul. 2023, doi: 10.1080/17501229.2023.2240316.

K. Li, “Determinants of College Students’ Actual Use of AI-Based

Systems: An Extension of the Technology Acceptance Model,”

Sustainability, vol. 15, no. 6, p. 5221, Mar. 2023, doi:

3390/su15065221.

bkpsdm.jogjakota, “MENGUNGKAP POTENSI AI DALAM

PEMERINTAHAN: DARI CHATBOT GPT HINGGA PERPLEXITY AI DAN

BING AI,” Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya

Manusia Pemerintah Kota Yogyakarta. Accessed: Jun. 08, 2024.

[Online]. Available: https://bkpsdm.jogjakota.go.id/detail/index/

M. Cunningham, “AI In Education ‒ Opportunities And Challenges,”

Brainz Magazine. Accessed: Nov. 21, 2023. [Online]. Available:

https://www.brainzmagazine.com/post/aiin-education

opportunities-and-challenges

F. D. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User

Acceptance of Information Technology,” MIS Quarterly, vol. 13, no.

, p. 319, Sep. 1989, doi: 10.2307/249008.

F. D. Davis, R. P. Bagozzi, and P. R. Warshaw, “User Acceptance of

Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models,”

Manage Sci, vol. 35, no. 8, pp. 982–1003, Aug. 1989, doi:

1287/mnsc.35.8.982.

Venkatesh, Morris, Davis, and Davis, “User Acceptance of

Information Technology: Toward a Unified View,” MIS Quarterly,

vol. 27, no. 3, p. 425, 2003, doi: 10.2307/30036540.

M. Haenlein, A. Kaplan, C.-W. Tan, and P. Zhang, “Artificial

intelligence (AI) and management analytics,” Journal of

Management Analytics, vol. 6, no. 4, pp. 341–343, Oct. 2019, doi:

1080/23270012.2019.1699876.

A. Tlili et al., “What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a

case study of using chatbots in education,” Smart Learning

Environments, vol. 10, no. 1, p. 15, Feb. 2023, doi:

1186/s40561-023-00237-x.

ditsmp.kemdikbud.go.id, “Mengenal Artificial Intelligence:Teknologi

yang akan Mengubah Kehidupan Manusia,”

ditsmp.kemdikbud.go.id. Accessed: Jul. 07, 2024. [Online].

Available: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenalartificial-

intelligence-teknologi-yang-akanmengubah-kehidupan-manusia/

K. Neha, “Role of Artificial Intelligence in Education,” Alochana

Chakra Journal, Sep. 2020.

S. Surahmat, “ANALISIS PENERIMAAN LEARNING MANAJEMEN

SISTEM JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA POLITEKNIK NEGERI

SRIWIJAYA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

(TAM),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no.

, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3843.

M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian

Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian

Kombinasi (Mixed Method),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7,

Apr. 2023.

W. Abdillah, Metode Penelitian Terpadu Sistem Informasi, Edisi 1.

Yogyakarta: Andi, 2018.

M. Indah and H. Agustin, “Penerapan Model Utaut (Unified Theory

Of Acceptance And Use Of Technology) Untuk Memahami Niat Dan

Perilaku Aktual Pengguna Go-Pay Di Kota Padang,” JURNAL

EKSPLORASI AKUNTANSI, vol. 1, no. 4, pp. 1949–1967, Dec. 2019,

doi: 10.24036/jea.v1i4.188.

K. Winarso and Moh. Jufriyanto, “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN

INTERNET INDIHOME PADA PT. X DENGAN PENDEKATAN PART

LEAST SQUARE,” MATRIK, vol. 20, no. 1, p. 77, Sep. 2019, doi:

30587/matrik.v20i1.1017.

J. F. Hair, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, “PLS-SEM: Indeed a Silver

Bullet,” Journal of Marketing Theory and Practice, vol. 19, no. 2,

pp. 139–152, Apr. 2011, doi: 10.2753/MTP1069-6679190202.

I. Ghozali and H. Latan, Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan

Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan

Penerbit Undip, 2015.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Elfirdaus, I., Suryanto, T. L. M., & Pratama, A. (2024). EVALUASI PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI PERPLEXITY SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SIMPLIFIKASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4803

Issue

Section

Articles