EVALUASI KEPUASAN PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM CANVAS PADA MAHASISWA MSIB MENGGUNAKAN MODEL TAM DAN MODEL ISSM
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4918Abstract Views: 433 File Views: 475
Abstract
Seiring perkembangan teknologi informasi, penggunaan Learning Management System (LMS) dalam pendidikan semakin meningkat, terutama dengan penggunaan LMS Canvas oleh PT. Revolusi Cita Edukasi (RevoU Tech Academy) sebagai mitra resmi program MSIB. Learning Management System Canvas dipilih karena kemampuannya dalam menyediakan pembelajaran daring yang interaktif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan Learning Management System Canvas pada mahasiswa MSIB menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dan Information System Success Model (ISSM). Dengan melibatkan data dari 290 mahasiswa MSIB di RevoU Tech Academy di lakukan analisis dengan teknik SEM-PLS menggunakan SmartPLS 3.2.9, melalui uji outer model, inner model, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mudah penggunaan (perceived ease of use), persepsi kegunaan (perceived usefulness), dan kepuasan pengguna (user satisfaction) secara signifikan berpengaruh terhadap niat untuk terus menggunakan LMS Canvas. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi RevoU dalam memahami penerimaan mahasiswa terhadap LMS Canvas, serta sebagai dasar evaluasi untuk meningkatkan dan mengembangkan LMS Canvas dan pendekatan pembelajaran daring mereka.
Downloads
References
N. Y. Sidratul Munti and D. A. Syaifuddin, "Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1799–1805, 2020.
A. Mulyani, D. Kurniadi, and M. H. Putri, "Analisis Penerimaan Learning Management System Institut Teknologi Garut Menggunakan Technology Acceptance Model," Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 4, pp. 843–850, 2023.
A. Firmansyah, "Analisis Penerimaan Learning Management System Akuntansi Terintegrasi Menggunakan Pendekatan UTAUT Yang Dimodifikasi dan Teori Difusi Inovasi," Accounting and Business Information Systems Journal, vol. 10, no. 3, 2022.
R. Chania, S. Zakir, Iswantir, and W. Aprison, "Pengaruh Penggunaan E-learning Aplikasi Moodle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Kapas," Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, vol. 1, no. 9, pp. 1278–1285, 2022.
S. P. Sari, B. Witono, and H. Nugroha, "Analisis Dampak Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dalam Peningkatan Keterampilan dan Keahlian Lulusan Program Studi Akuntansi (Magang pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk.)," Seminar Nasional Dampak Implementasi MBKM, pp. 1–20, 2021.
H. Hasanah, "Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial)," At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, p. 21, 2017.
F. P. Kesuma, Surahmat, K. Natawijaya, and Sulistiyanto, "Analisis Penerimaan Learning Manajemen Sistem Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)," JITET (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan), vol. 12, no. 1, p. 527.
F. Septia, "Pengembangan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Sederajat," Jurnal Tata Rias, vol. 9, no. 2, pp. 1–10, 2019.
Y. Fitriani, "Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19," Journal of Information System, Informatics and Computing, vol. 4, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.52362/jisicom.v4i2.312.
M. Sharifov and A. Mustafa, "Review of Prevailing Trends, Barriers, and Future Perspectives of Learning Management Systems (LMSs) in Higher Education Institutions," International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), vol. 17, no. 3, pp. 207–216, 2021.
I. G. N. Wiragunawan, "Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Dalam Pengelolaan Pembelajaran Daring Pada Satuan Pendidikan," EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 83–90, 2022.
H. K. S. Aljader, "Measuring the Effect of E-learning Information Quality on Student’s Satisfaction Using the Technology Acceptance Model," International Journal on Informatics Visualization, vol. 7, no. 3, pp. 878–885, 2023.
V. N. Kusumawan and E. Marpanaji, "Analysis factors acceptance of e-learning using Technology Acceptance Model approach," JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), vol. 8, no. 4, p. 1256, 2022.