PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK TRADISIONAL BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4140Abstract Views: 519 File Views: 573
Abstract
Aplikasi alat musik tradisional ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa siswi atau bisa juga untuk umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat musik tradisional sebagai media pelestarian budaya sunda, media pembelajaran alat musik tradisional, mengenalkan budaya sunda terhadap alat musik tradisional khas sunda berbasis android dengan menggunakan metode MDLC, sebagai wadah kesenian budaya untuk dapat memotivasi anak-anak supaya lebih tertarik dan interaktif dalam mempelajari alat musik.Kemudian hasil dari 21 responden terhadap siswa siswi kelas 4 dapat disimpulkan bahwa untuk pengujian Single Ease Question (SEQ) pada aplikasi ini bernilai 88% yang artinya sangat mudah untuk digunakan. Sedangkan dari hasil pengujian System Usability Scale (SUS) pada aplikasi ini mendapatkan total jumlah skor System Usability Scale (SUS) 1627,5 dan dapat dihitung skor rata-ratanya yaitu mendapatkan 77,5 yang artinya yang termasuk kedalam kategori GOOD dengan grade scale yang bernilai C yang artinya juga sangat mudah digunakan.Downloads
References
BR. Ginting, S. L. (2018). Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Indonesia Menggunakan Metode Based Marker Augmented Reality Berbasis Android.
Demarest, A. (2020). What is Canva? A guide to the graphic design platform's features and capabilities. september 19.
Leli Novia, D. Z. (Mei 2021). Aplikasi Media Pembelajaran Mengenal Alat Musik Tradisional Untuk Anak-Anak Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Mobile. Majalengka: dadan.
Macharani Raschintasofi, Herti Yani. (2023). erancangan UI UX Aplikasi Learning Management System Berbasis. Jambi: Macharani Raschintasofi.
Wahyuningtyas, S. (2020). PENTINGNYA MEDIA DALAM PEMBELAJARAN GUNA MENINGKATKAN HASIL. Jawa Tengah: Jurnal Basicedu , Universitas Kristen Satya Wacana.
Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Dina.
I Ketut Herry Saptiawan, I. G. (2021). Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradisional Bali Berbasis Android. bali: JURNAL FASILKOM.
Sukatmi, E. S. (2018). APLIKASI ABSENSI SISWA BERBASIS WEB DENGAN DUKUNGANSMS GATEAWAY PADA SMK KRIDAWISATA BANDAR LAMPUNG. BANDAR LAMPUNG: JURnal InformASI dan KomPUTer.
Virdyra Tasril, M. Z. (2023). DESAIN UI/UX PROTOTIPE PEMBELAJARAN BERBASIS GAME KOSAKATA. Sumatra Utara: Journal of Information Technology and Computer Science.
Romadhanti, F. I. (2020). Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Musyawarah Masjid menggunakan Goal-Directed Design (GDD) (Studi Kasus : Masjid Ibnu Sina Jl.Veteran Malang). Malang: 3313-3321.
Muhammad Afwan, S. R. (2022). Perancangan Aplikasi Pemantauan Rumah Kaca Pintar Berbasis Android. Ponegoro: 21-29.
. Aryunita, (2024). Rancangbangun Sistem Monitoring Keamanan Kandang Ayam Bloiler Menggunakan Esp32- Cam Berbasis Iot Dengan Aplikasi Android, JITET (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan) Vol. 12 No. 1, pISSN: 2303-0577 eISSN: 2830-7062.