RANCANG BANGUN GAME PETUALANGAN MELALUI CERITA WAYANG ARJUNA SEBAGI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Racjmawati Dwi Nuraeni Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan
  • Yusuf Sumaryana Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan
  • Missi Hikmatyar Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3257

Abstract Views: 294 File Views: 402

Abstract

Abstrak. Pengembangan game edukasi yang bergenre petualangan melalui cerita wayang tokoh Arjuna belum banyaknya media pembelajaran berbasis game edukasi untuk pembelajaran materi wayang Arjuna pada peserta didik Sekolah Dasar. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian pada game petulangan untuk mengetahui tingkat kefektifan bagi siswa SD. Pengujian yang dilakukan menggunakan teknik black box, pre-test dan post-test serta kuesioner terhadap pengguna sebagai tingkat keberhasilan dan kelayakan pada game edukasi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari observasi, pengembangan sistem, pengujian game, analisis hasil pengujian dan kesimpulan. Pengembangan sistem menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) melalui 6  tahapan yakni Konsep, Perancangan, Pengumpulan data, Pembuatan, Pengujian dan Distribusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Game petualangan wayang Arjuna bertujuan untuk meningkatkan kearifan lokal sebagai upaya pelestarian budaya, (2) Membentuk karakter peserta didik melalui karakter tokoh wayang Arjuna (3) Memberikan pengalaman belajar pada siswa melalui game. Dari hasil pengujian black box bahwa game petualangan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dan hasil pengujian kuesioner dari 30 orang menuntukan rata-rata prosentase penilaian sebesar 83%. Hasil pre-test dan post-test memnujukan bahwa adanya perkembangan yang awalnya 88% menjadi 94,66%. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. R. Fitrananda, E. H. Lukitasari and Y. Wibowo, “PERANCANGAN KARAKTER TOKOH WAYANG KULIT PURWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR,” Kemadha, vol. 11, Oktober 2022.

T. Ardyanto and A. R. Pamungkas, “Pembuatan Game 2D Petualangan Hanoman Berbasis Android,” JURNAL ILMIAH GO INFOTECH, vol. 23 No.2, Desember 2017.

I. Rahmawati, I. P. Leksono and H. Harwanto, “Pengembangan Game Petualang untuk Pembelajaran Berhitung,” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 5 No 1, pp. 11-23, April 2020.

Marzuki and F. Chandra, “GAME BERBASIS ADVENTURE SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN PENGENALAN KATA BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI,” Jurnal Sistem Informatika dan Telematika, vol. 4 No.2, 2014.

M. Susanti and S. Wahyuni, “Analisis Kebutuhan Model Media Audio Cerita Wayang Bagi Remaja,” Jurnal Pekommas, vol. 2 No. 1, pp. 29-42, April 2017.

B. Anggoro, “Wayang dan Seni Pertunjukan: Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang di Tanah Jawa sebagai Seni Pertunjukan dan Dakwah,” Jurnal peradaban Sejarah Islam, 2018.

K. Dewi, “PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARANUNTUK ANAK USIA DINI,” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 1 No. 1, 2017.

H. Sugianto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology, pp. 26-31, Mei 2018.

S. Alisyafiq, B. Hardiyana and R. P. Dhaniawaty, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android,” Jurnal Pendidikan Kebutuhan khusus, vol. 5 No. 2, 2021.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Nuraeni, R. D., Sumaryana, Y., & Hikmatyar, M. (2023). RANCANG BANGUN GAME PETUALANGAN MELALUI CERITA WAYANG ARJUNA SEBAGI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 11(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v11i3.3257

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)