PERANCANGAN UI/UX WEB E-COMMERCE OUTDOOR DENGAN METODE DESIGN THINKING. STUDI KASUS: ULTIMATE OUTDOOR GEAR

Authors

  • Rasyid Iskandar Prayogi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adjie Arrayan Surya Putra Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6611

Abstract Views: 99 File Views: 50

Abstract

Abstrak - Ultimate Outdoor Gear (UltiGear) adalah platform e-commerce yang dirancang untuk mempermudah para pendaki dan komunitas luar ruangan dalam mencari perlengkapan outdoor berkualitas dan terpercaya. Marketplace umum sering kali kurang spesifik dalam menyediakan kategori peralatan pendakian, serta memiliki risiko tinggi dalam distribusi produk yang tidak asli. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan metode Design Thinking untuk merancang dan menyempurnakan desain UI/UX “UltiGear” guna meningkatkan pengalaman pengguna. Tahapan yang dilakukan meliputi Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing untuk mengidentifikasi permasalahan pengguna, merancang solusi inovatif, serta menguji efektivitas desain. Hasil penelitian ini mencakup pengembangan fitur navigasi kategori yang lebih spesifik, sistem verifikasi keaslian produk, serta fitur perbandingan harga dan spesifikasi produk. Selain itu, platform ini dirancang agar responsif di berbagai perangkat, termasuk desktop dan mobile, dengan rencana pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan notifikasi dan pengalaman transaksi yang lebih intuitif. Evaluasi melalui pendekatan heuristic evaluation menunjukkan bahwa perancangan dengan Design Thinking dapat meningkatkan efisiensi pencarian produk, kepercayaan pengguna, dan kenyamanan dalam berbelanja.

Abstract -  Ultimate Outdoor Gear (UltiGear) is an e-commerce platform designed to help hikers and outdoor communities find high-quality and reliable outdoor equipment. General marketplaces often lack specific categories for hiking gear and pose a high risk of distributing counterfeit products. Therefore, this study applies the “Design Thinking” method to design and enhance the UI/UX of UltiGear to improve user experience. The process includes Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Testing to identify user problems, develop innovative solutions, and test the design’s effectiveness. The results of this study include the development of more specific category navigation features, a product authenticity verification system, and a price and specification comparison feature. Additionally, the platform is designed to be responsive across various devices, including desktop and mobile, with future development plans to enhance notifications and transaction experiences. Evaluation through the heuristic evaluation approach shows that designing with Design Thinking can improve product search efficiency, user confidence, and convenience in shopping.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Simangunsong, A. Voutama, and H. Hannie, “Rancang Bangun Sistem Informasi Online Marketplace Berbasis Web Application,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1261–1268, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6793.

A. Frayoga, N. Nilawati, and E. Sany, “PENERAPAN DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI/UX WEBSITE BOOTCHIN COFFE,” J. Manajamen Inform. Jayakarta, vol. 4, no. 1, p. 126, Feb. 2024, doi: 10.52362/jmijayakarta.v4i1.1314.

A. Chorwanda, G. Adyaksa, D. B. Santoso, and J. A. Razaq, “Perancangan UI / UX Aplikasi E-learning Kampus Universitas,” vol. 5, no. 3, pp. 2402–2412, 2024.

F. A. Syah, “IN-FEST 2024 Mengoptimalkan Desain UI / UX : Perbandingan Antara Design Thinking dan User-Centered Design IN-FEST 2024,” vol. 2, pp. 684–691, 2024.

A. Wibowo, D. Setiaji, K. Umar, G. V. Febrianta, and I. A. Saputro, “Perancangan UI / UX pada Toko Rental Outdoor Adventure Sphere Metode Design Thinking,” Merkurius J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 5, pp. 190–199, 2024.

P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 11, no. 3, pp. 246–253, 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.

Nursania Dasopang, “Jiemas E – Commerce Bisnis Dan Internet,” J. Ilm. Ekon. Manaj. dan Syariah JIEMAS, vol. 2, pp. 129–135, 2023, [Online]. Available: https://jiemas.stai-dq.org/index.php/home.

M. A. Rizkhullah and A. Voutama, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Mobile Untuk Pembelajaran Adaptif Public Speaking Dengan Metode User Centered Design,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4204.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

R. Yulius, M. F. A. Nasrullah, D. K. Sari, and M. A. Alban, “Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya,” Eureka Media Aksara, pp. 1–74, 2022.

A. Sutrisna, A. A. Ridha, and A. Masum, “PERANCANGAN UI / UX PADA WESBITE MANUFKATUR DENGAN METODE DESIGN THINKING PROCESS ( STUDI KASUS : PT . TRIJAYA TEKNIK KARAWANG ),” vol. 13, no. 2, 2025.

M. B. A. Kusuma, D. Sartika, and M. Ramadhan, “Penerapan Metode Design Thinking dan User Experience Questionnaire (UEQ) dalam Perancangan User Interface E-Learning,” J. Nas. Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, pp. 89–97, 2024, doi: 10.47747/jurnalnik.v5i2.1747.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Prayogi, R. I., Voutama, A., & Putra, A. A. S. (2025). PERANCANGAN UI/UX WEB E-COMMERCE OUTDOOR DENGAN METODE DESIGN THINKING. STUDI KASUS: ULTIMATE OUTDOOR GEAR. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.6611

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>