AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN REPRODUKSI TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI SMP NEGERI 8 KOTA PALOPO

Authors

  • Aden Agfary Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma
  • Muhlis Muhallim Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma
  • Solmin Paembonan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Andi Djemma

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5951

Abstract Views: 774 File Views: 659

Abstract

Abstark. Augmented reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan benda maya tiga dimensi dan dua dimensi kedalam lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan media webcam. Dengan augmented reality pengguna juga dapat melakukan interaksi secara langsung dengan dunia nyata secara bersamaan dengan menggunakan komputer/smartphone untuk mengeksplorasi informasi dan berinteraksi dengan benda-benda virtual. Perkembangan teknologi semakin pesat pada saat ini. Kemajuan ini menjadikan teknologi komputer semakin mendominasi. Salah satu teknologi komputer yang sangat tren dan berkembang saat ini adalah augmented reality. Augmented Reality atau biasa di singkat AR adalah teknologi yang dapat menggabungkan benda maya tiga dimensi dan dua dimensi kedalam lingkungan nyata dengan menggunakan bantuan media webcam. Selain digunakan untuk membuat game, AR juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Pada tahap pendidikan sekolah menengah pertama peserta didik cenderung lebih tertarik dengan pelajaran yang mudah dipahami dan didalamnya terdapat gambar animasi yang menarik perhatian. Dalam tahap ini peserta didik akan lebih mudah mengingat tulisan yang memiliki warna menarik, bentuk yang komunikatif dan menyenangkan.

Abstract. Augmented reality is a technology that can combine three-dimensional and two-dimensional virtual objects into a real environment using the help of webcam media. With augmented reality, users can also interact directly with the real world at the same time by using computers/smartphones to explore information and interact with virtual objects. The development of technology is getting faster at this time. This advancement has made computer technology increasingly dominant. One of the computer technologies that is very popular and developing today is augmented. Augmented Reality or commonly abbreviated as AR is a technology that can combine three-dimensional and two-dimensional virtual objects into a real environment using the help of webcam media. In addition to being used to make games, AR can also be used as a learning medium. At the junior high school education stage, students tend to be more interested in lessons that are easy to understand and in them there are animated images that attract attention. In this stage, students will find it easier to remember writing that has attractive colors, communicative and fun shapes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Devianty, R. Nur Ibrahim, H. Wahyudi, and S. Mardira Indonesia, “PERANCANGAN SISTEM E-ARSIP MENGGUNAKAN SUBJECT FILING SYSTEM BERBASIS FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS STMIK MARDIRA INDONESIA),” J. Comput. Bisnis, vol. 15, no. 2, pp. 100–107, 2021.

D. A. Dian, “Rancang Bangun E-Learning Berbasis Web Studi Kasus SMKN 1 Talang Padang,” J. Portal Data, vol. 1, no. 1, pp. 2021–2022, 2021, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/9

A. Diansyah and E. Sasmita Susanto, “RANCANG BANGUN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA SMK NEGERI 3 SUMBAWA,” 2021.

R. Gunawan et al., “Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Dengan Menggunakan Qr Code Berbasis Android,” vol. 14, no. 1, pp. 47–58, 2021.

A. Sebagai, S. Pembelajaran, S. Kasus, S. M. P. It, and M. Khulaimi, “RANCANG BANGUN SISTEM E-LEARNING BERBASIS WEB PADA SMPIT DAR AL- Article Information Article history : Keywords : PENDAHULUAN Perkembangan teknologi informasi pada saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat . Salah satu teknologi tersebut adalah intern,” vol. 1, pp. 37–43, 2022.

J. Inovasi Penelitian, O. Bayu Rianto, and M. Giatman, “RANCANG BANGUN APLIKASI WEBSITE E-LEARNING PADA LKP ENGLISH CLUB TEMBILAHAN,” vol. 1, no. 9, 2021.

R. Firdanu, S. Achmadi, and S. Adi Wibowo, “Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 276–282, 2020, doi: 10.36040/jati.v4i2.2657.

A. Pramono and M. D. Setiawan, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, p. 54, 2019, doi: 10.29407/intensif.v3i1.12573.

W. D. Aulianti, S. A. Karim, and M. Riska, “Pengembangan Game Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Android,” vol. 4, no. 2, pp. 27–32, 2021.

A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘ AMUDRA ’ Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 77–80, 2019.

R. M. Yusuf, “Sistem Keamanan Administrasi menggunakan Pesan Text Dengan Metode Transposisi,” Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, 2019.

I. S. Putra, F. Ferdinandus, and M. Bayu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Pernikahan Dengan Metode Saw Berbasis Web,” CAHAYAtech, vol. 8, no. 2, p. 136, 2019, doi: 10.47047/ct.v8i2.50.

M. S. S. Rivi Hamdani, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Mata Kuliah Sistem Digital Di Jurusan Teknik Informatika Unesa,” J. It-Edu, vol. 4, no. 52, pp. 153–161, 2020.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Agfary, A., Muhallim, M., & Paembonan, S. (2025). AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN REPRODUKSI TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI SMP NEGERI 8 KOTA PALOPO. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5951

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>