IMPLEMENTASI APLIKASI PEMBELAJARAN PETUALANGAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN INTERAKTIVITAS DI SMAN 1 DUKUPUNTANG
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5688Abstract Views: 217 File Views: 194
Abstract
Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, termasuk di SMAN 1 Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, yang menghadapi masalah kejenuhan belajar. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika. Dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), aplikasi AR ini berhasil mengurangi kejenuhan dan meningkatkan keterlibatan siswa. Pada tahap analisis, observasi dan wawancara menunjukkan kebutuhan siswa akan metode belajar yang lebih menarik. Desain aplikasi mencakup skenario petualangan dengan visualisasi 3D, mempermudah pemahaman konsep abstrak seperti struktur atom. Implementasi di kelas menggunakan marker-based tracking untuk meningkatkan partisipasi siswa. Evaluasi menunjukkan peningkatan minat belajar dari 61% menjadi 90% setelah menggunakan aplikasi. Umpan balik siswa dan guru menyatakan aplikasi ini memenuhi kebutuhan media belajar inovatif, meskipun ada tantangan perangkat dan koneksi internet. Hasil penelitian ini menekankan bahwa AR efektif meningkatkan interaktivitas pembelajaran, menciptakan pengalaman belajar menyenangkan dan relevan, serta memiliki potensi besar untuk diterapkan lebih luas guna mendukung proses belajar yang inovatif di sekolah.Downloads
References
S. Khosyi dan R. Herlambang, “Pemanfaatan Tik Dalam Pengembangan Sumber Dan Media Pembelajaran Di Era Society 5.1,” 2021.
A. Mulyani dkk., “Peningkatan Pengetahuan Tentang Teknologi Digital Kepada Komunitas Maya Di Masa Pandemi,” Jurnal PkM MIFTEK, vol. 2, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.itg.ac.id
A. Sofyan dan A. Hidayat, “Dampak Perkembangan Teknologi Peningkatan Kualitas Pendidikan,” Jurnal Satya Informatika, vol. 4, no. 1, hlm. 90–97, Feb 2022, doi: 10.17977/um038v4i12021p090.
M. D. B. Al, “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya,” TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 3, hlm. 26–53, Jun 2023, doi: 10.47861/tuturan.v1i3.272.
S. Tita Faulina dkk., “Penerapan Metode Waterfall pada Aplikasi Pemesanan Soundsystem Dan Organ Tunggal Jefri,” Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 12, no. 2, hlm. 1–9, 2021, [Daring]. Tersedia pada: www.polinpdg.ac.id
A. F. Rojib dan D. Ratnawati, “Pengembangan Augmented Reality (Ar) Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Kelas X (STUDI KASUS MA DARUSSALAM),” 2023.
A. Febriyanto, R. M. H. Bhakti, dan P. Wahyuningsih, “Implementasi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Benda Langit Di Smp N 1 Tanjung,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Agu 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4996.
B. Nurien Windiantika, A. Panji Sasmito, dan H. Zulfia Zahro, “Perancangan Game 3d ‘Being Healthy’ Menggunakan Unity 3d,” 2024.
A. Dharmalau, I. Hiswara, dan D. C. Geovani, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Promosi Menggunakan Software Unity 3d Dan Vuforia,” Jurnal Teknologi Technoscientia, hlm. 15–22, Sep 2022, doi: 10.34151/technoscientia.v15i1.3833.
M. S. S. Ibrahim, A. Faisol, dan R. Promaswara, “Rancang Bangun Aplikasi Controling Dan Monitoring Ruangan Jemuran Pintar Menggunakan Firebase Pada Arduino Dan Android,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 7, 2023.
I. Al Ikhsan, N. Supriadi, dan W. Gunawan, “Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality: Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), vol. 7, no. 2, hlm. 289, Jul 2022, doi: 10.30998/jkpm.v7i2.12839.
Hidayat, S. Andriyanto, dan Y. A. Rindri, “Penerapan Augmented Reality pada Game Edukasi Tumbuhan Lumut untuk Siswa SMP Negeri 2 Parittiga Augmented Reality Integration in Moss Plant Educational Game for SMP Negeri 2 Parittiga Students,” Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), 2024, doi: 10.34010/jati.v14i1.
Reinaldi, “Pengembangan Media Simulasi Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Ipakelas Vi Mi Ddi Kalukuang Makassar,” 2020.