PEMANFAATAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENGUNGKAP POLA TRANSAKSI UNTUK DESAIN TATA LETAK PRODUK
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6181Abstract Views: 144 File Views: 132
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan tata letak produk di toko yono snack melalui analisis pola pembelian menggunakan Algoritma Apriori. Metode penelitian dilakukan dengan mengeksplorasi data transaksi penjualan untuk mengidentifikasi hubungan asosiasi antar barang. Dengan menerapkan parameter minimum support 30% dan minimum confidence 50%, penelitian berhasil menghasilkan enam aturan asosiatif. Hasil penelitian mengungkapkan empat kategori produk utama yang direkomendasikan untuk diposisikan berdekatan, mencakup: (1) wafer, (2) kopi, (3) minuman serbuk, dan (4) snack. Pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi belanja pelanggan dan optimalisasi tata letak produk di ruang ritel modern. Kontribusi utama penelitian ini adalah menghadirkan metode sistematis untuk merancang tata letak produk berbasis analisis data transaksi, yang dapat menjadi referensi bagi manajemen ritel dalam meningkatkan pengalaman belanja konsumen.
Downloads
References
P. Iswandi, I. Permana, and F. N. Salisah, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Hypermart Xyz Lampung Untuk Penentuan Tata Letak Barang,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, p. 70, 2020, doi: 10.24014/rmsi.v6i1.7613.
A. Firmansyah and N. Merlina, “Prediksi Pola Penjualan Tiket Kapal Pt. Pelni Cabang Makassar Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 183–190, 2020, doi: 10.33480/jitk.v5i2.1123.
A. N. Rahmi and Y. A. Mikola, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Pada Customer (Studi Kasus : Toko Bakoel Sembako),” Inf. Syst. J., vol. 4, no. 1, pp. 14–19, 2021.
I. Maryani, O. Revianti, H. M. Nur, and S. Sunanto, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Di Toko GOC Kosmetik Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 8, no. 1, pp. 92–98, 2022, doi: 10.31294/ijse.v8i1.13017.
A. Musaddad, O. Nurdiawan, and G. Dwilestari, “Penerapan Association Rule Menggunakan Frequent Pattern Growth Untuk Rekomendasi Produk Jersey Sepakbola,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 3, no. 3, pp. 100–105, 2022, doi: 10.47065/josyc.v3i3.1390.
N. Syahputri, “Penerapan Data Mining Asosiasi pada Pola Transaksi dengan Metode Apriori,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 4, no. 2, pp. 728–736, 2020, doi: https://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v4i2.345.
L. I. Prahartiwi and W. Dari, “Algoritma Apriori untuk Pencarian Frequent itemset dalam Association Rule Mining,” PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 7, no. 2, pp. 143–152, 2019, doi: 10.33558/piksel.v7i2.1817.
D. Juliadi, B. Irawan, A. Bahtiar, and O. Nurdiawan, “Penerapan Algoritma Fp-Growt Dan Association Rules Pada Pola Pembelian Pizza Hut,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 6, pp. 3443–3448, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i6.8217.
A. Setiawan and F. P. Putri, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 66–71, 2020, doi: 10.31937/ti.v12i1.1644.
A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.
M. Rajagukguk, “Implementasi Association Rule Mining Untuk Menentukan Pola Kombinasi Makanan Dengan Algoritma Apriori,” J. Fasilkom, vol. 10, no. 3, pp. 248–254, 2020, doi: 10.37859/jf.v10i3.2308.
F. A. Setiawan, “Pola Pembelian Produk Parfum Menggunakan Algoritma Apriori Berdasarkan Data Mining Rule Asosiasi,” vol. 4, no. 3, pp. 51–63, 2024, doi: https://doi.org/10.31850/jsilog.v4i3.3334.
S. Komariyah, S. Anwar, and B. Nurhakim, “Implementasi Data Mining FP-Growth Untuk Analisis Pola Pembelian Pada Transaksi Penjualan,” J. Manaj. Dan Bisnis Ekon., vol. 1, no. 2, pp. 62–75, 2023, doi: 10.54066/jmbe-itb.v1i2.128.
W. Sahara, S. D. Saragih, and A. P. Windarto, “Teknik Asosiasi Datamining Dalam Menentukan Pola Penjualan dengan Metode Apriori,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 2, no. 12, pp. 684–689, 2022, doi: 10.47065/tin.v2i12.1577.
M. S. Hanafi, O. Nurdiawan, and F. M. Basysyar, “PENINGKATAN MODEL ASOSIASI TOKO IKHSAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH,” vol. 13, no. 1, 2025.