PERANCANGAN UI/UX BERBASIS MOBILE PADA PELAYANAN DI KANTOR DESA PULOKELAPA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Amellia Veronica Agustin University of Singaperbangsa Karawang
  • Nina Sulistiyowati University of Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama University of Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5210

Abstract Views: 610 File Views: 387

Abstract

Pemanfaatan teknologi dan pertumbuhan informasi yang pesat, khususnya melalui aplikasi mobile dan situs web, telah menjadi umum dalam pelayanan publik. Kantor desa, sebagai lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan kepada warga, juga mulai mengadopsi teknologi ini. Desa Pulokelapa adalah salah satu yang membutuhkan aplikasi mobile untuk mempermudah pelayanan, karena proses pengajuan saat ini masih manual dan memakan waktu 2-4 minggu. Penelitian ini bertujuan merancang tampilan aplikasi untuk memudahkan pelayanan di kantor desa Pulokelapa dengan metode Design Thinking, serta menguji kegunaan prototipe dan efektivitas metode ini memakai System Usability Scale (SUS). Metode Design Thinking dipilih karena berfokus pada kebutuhan pengguna dalam menyelesaikan masalah melalui lima tahapan: empati, definisi, ide, prototipe, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan prototipe user interface aplikasi Palapa (Pelayanan Desa Pulokelapa) mendapat skor SUS 89, masuk grade A dengan penilaian "best imaginable". Kesimpulannya, rancangan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna aplikasi Palapa memakai metode Design Thinking memenuhi kebutuhan pengguna dan memudahkan pelayanan di kantor desa Pulokelapa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking, vol. 7, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.51211/imbi.v7i1.1949.

T. Moch, R. Mochzen Gito, and T. Uus Muhammad Husni, “Ui/Ux Aplikasi Bumdes Sukatani Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking Dengan Pengujian System Usability Scale,” Jurnal Informatika, Teknologi dan Sains, vol. 4, no. 3, pp. 231–236, 2022, doi: 10.51401/jinteks.v4i3.1959.

P. Yanuar Risah, H. Fadilah Fahrul, R. Nana, A. Ahmad Syauqi, and E. Urfiyatul, “Penerapan Aplikasi Pelayanan Desa Berbasis Mobile Dengan Konsep Smart Village Di Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan,” vol. 4, no. November, pp. 646–652, 2020.

C. A. K. Ria and H. Ismail, “Pelayanan Sayang Warga Sebagai Wujud Pondasi Excellent Service Di Kantor Kelurahan Kendangsari,” vol. 3, no. 02, pp. 8–17, 2023.

J. M. Dumalang, C. E. J. C. Montolalu, and D. Lapihu, “Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 2, no. 2, pp. 41–52, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.19.

A. Permatasari, “Pelaksanaan Pelayanan Publik Yang Berkualitas,” DECISION: Jurnal Administrasi Publik, vol. 2, no. 1, pp. 51–56, 2020, [Online]. Available: https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/decision/article/view/2382

I. B. Karo Sekali, C. E. J. C. Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 2, no. 2, pp. 53–64, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.17.

N. R. Wiwesa, “User Interface dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Sosial Humaniora Terapan, vol. 3, no. 2, pp. 17–31, 2021.

W. Buana and B. N. Sari, “Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course,” DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, vol. 5, no. 2, p. 91, 2022, doi: 10.25273/doubleclick.v5i2.11669.

F. Fernando, “Perancangan User Interface (Ui) & User Experience (Ux) Aplikasi Pencari Indekost Di Kota Padangpanjang,” TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, vol. 7, no. 2, p. 101, 2020, doi: 10.26858/tanra.v7i2.13670.

M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “Perancangan Ui/Ux Semarang Virtual Tourism Dengan Figma,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 43–52, 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.

R. Widya Dwi Putri, H. Ade Andri, and R. Taufik, “Perancangan Ui Ux Aplikasi Website Sistem Informasi Desa Menggunakan Metode User Centered Design ( Studi Kasus Desa Losari Kidul ),” Jitet (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan), vol. 12, no. 3, pp. 2952–2964, 2024.

A. Wijaya et al., “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi WE-CARE Menggunakan Metode Design Thinking,” Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa Universitas Multi Data Palembang, pp. 465–471, 2022.

F. R. Isadora, B. T. Hanggara, and Y. T. Mursityo, “Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 5, pp. 1057–1066, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021844550.

M. A. Prastiyo and J. Sundari, “Analisis dan Rancangan UI / UX pada PT . Sherindo Cargo dengan Metode Design Thinking dan SUS,” vol. 14, no. 2, pp. 131–145, 2023.

F. Alexander, Arianti, and S. Bahri, “Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Flavour Fog Menggunakan Pendekatan User Centered Design,” KHARISMA Tech, vol. 17, no. 2, pp. 184–198, 2022, doi: 10.55645/kharismatech.v17i2.313.

M. S. Hartawan, “Desain User Interface Dan User Experience,” Jurnal Elektro & Informatika, vol. 02, pp. 43–47, 2022.

G. P. Sutrisno, Y. Sumaryana, and M. Hikmatyar, “Designing User Interface and User Experience of Mobile-Based Nguriling Kota Tasik (Ngulisik) Bus E-Ticket Application With Design Thinking Method,” Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 17, no. 1, pp. 97–110, 2023, doi: 10.35457/antivirus.v17i1.3047.

Downloads

Published

2024-10-12

How to Cite

Agustin, A. V., Sulistiyowati, N., & Voutama, A. (2024). PERANCANGAN UI/UX BERBASIS MOBILE PADA PELAYANAN DI KANTOR DESA PULOKELAPA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5210

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3