PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: FAKULTAS ILMU KOMPUTER)

Authors

  • Alifia Nurhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5185

Abstract Views: 755 File Views: 739

Abstract

Teknologi informasi telah membuka akses luas terhadap informasi dan pengetahuan, terutama melalui platform pembelajaran online dan sumber daya digital. Meskipun Fakultas Ilmu Komputer telah menerapkan sistem e-learning, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer masih menghadapi kendala dalam mencari informasi kelas, jadwal, tugas, dan peluang pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem e-learning yang ada melalui pendekatan User Centered Design (UCD). Metode ini digunakan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi e-learning yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi yang dikembangkan telah memenuhi prinsip usability, meskipun masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Penelitian ini diharapkan dapat memfasilitasi proses belajar-mengajar yang lebih optimal dan memenuhi kebutuhan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M. A. Saputra, L. P. I. Kharisma, A. A. Rizal, M. I. Burhan, and N. W. Purnawati, TEKNOLOGI INFORMASI: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

"APJII: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang," APJII, [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang. [Accessed: 07-Aug-2024].

U. Rahardja, N. Lutfiani, E. P. Harahap, and L. Wijayanti, "ilearning: Metode pembelajaran inovatif di era education 4.0," Technomedia J, vol. 4, no. 2, pp. 261–276, 2021.

A. S. Bagaskoro, R. Fauzi, and N. Ambarsari, "Perancangan User Interface Berdasarkan User Experience Aplikasi E-learning Dengan Menggunakan Metode User-centered Design Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Studi Kasus: Sma Santa Maria 3 Cimahi," eProceedings of Engineering, vol. 7, no. 2, 2020.

T. Sugiarto, E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika, vol. 550259. cv. Mine, 2020.

N. Fatmawati, "Pemanfaatan Teknologi Sebagai Pembelajaran E-Learning Google Classroom Pada Mata Pelajaran IPS," ASANKA: Journal of Social Science And Education, vol. 2, no. 1, pp. 31–42, 2021.

DEACON, Pamala B., “UX and UI Strategy: A step by step Guide on UX and UI design.” United States of America: Independently published, 2020.

R. A. Malik and M. R. Frimadani, Lean UX: Pemahaman dan Penerapan Metodologi Desain UI yang Efektif, vol. 1. Jejak Pustaka, 2023.

Y. Yudhanto and S. A. Susilo, Panduan UI/UX Aplikasi Digital. Elex Media Komputindo, 2024.

Himawan, H., and Mangaras Y.F. "Interface User Experience". Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, UPN Veteran Yogyakarta, 2020. ISBN: 978-623-7594-55-0.

T. Dakhilullah and B. Suranto, "Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi I-Star," Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2024.

A. Karimullah, A. Rizal, and A. S. Y. Irawan, "Perancangan UI/UX Aplikasi Transportasi Publik Berbasis Mobile Dengan Metode User Centered Design," JITET (Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan), vol. 12, no. 3, pp. 2664-2671, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4855.

Downloads

Published

2024-10-12

How to Cite

Nurhasanah, A., & Voutama, A. (2024). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: FAKULTAS ILMU KOMPUTER). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5185

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3