EVALUASI FAKTOR PENERIMAAN NASABAH TERHADAP APLIKASI MOBILE BANKING SYARIAH MENGGUNAKAN MODIFIKASI TAM (STUDI KASUS: BSI MOBILE)

Authors

  • Isyana Valda Pembangunan Nasional "Veteran" University, East Java
  • Asif Faroqi Pembangunan Nasional "Veteran" University, East Java
  • Eristya Maya Safitri Pembangunan Nasional "Veteran" University, East Java

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4828

Abstract Views: 367 File Views: 335

Abstract

Pada revolusi industri 4.0, perkembangan teknologi kini semakin hari semakin pesat. Peluang ini dimanfaatkan baik oleh Bank Syariah Indonesia. Akan tetapi, belum lama ini para nasabah dikejutkan dengan adanya kasus kebocoran data yang terjadi kepada BSI. Dengan adanya kasus kebocoran data tersebut, tentu hal ini akan berimbas kepada para nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor penerimaan apa saja yang terbukti memiliki pengaruh terhadap penerimaan pengguna pada aplikasi BSI Mobile. Menggunakan model konseptual yang mengintegrasi antara model TAM dan Religiosity-Intention. Pengujian yang ada dilakukan dengan menggunakan teknik SEM-PLS pada software SmartPLS 4 serta melibatkan 406 responden didalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use memiliki pengaruh terhadap user satisfaction dan intention to use. User satisfaction yang juga memiliki pengaruh terhadap intention to use, serta intention to use yang memiliki pengaruh terhadap adoption. Temuan ini memberikan wawasan yang dapat digunakan untuk perbaikan dan peningkatan aplikasi BSI Mobile guna mendorong niat adopsi pengguna di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Setiawati, “Cashless Makin Digemari, Ini 5 Digital Banking Pilihan Warga RI,” CNBC Indonesia, 2024. https://www.cnbcindonesia.com/research/20240610063016-128-545113/cashless-makin-digemari-ini-5-digital-banking-pilihan-warga-ri

T. Chaidir, I. Ro’is, and Akhmad Jufri, “Penggunaan Aplikasi Mobile Banking Pada Bank Konvensional dan Bank Syariah di Nusa Tenggara Barat: Pembuktian Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT),” Elastisitas - J. Ekon. Pembang., vol. 3, no. 1, pp. 61–76, 2021, doi: 10.29303/e-jep.v3i1.37.

M. K. Buckland, “Paper Knowledge: Toward a Media History of Documents edited by LisaGitelman (Ed.). Durham, NC: Duke University Press, 2014. 224 pp. $79.95. (hardcover). (ISBN: 978‐0822356578),” J. Assoc. Inf. Sci. Technol., vol. 66, no. 5, pp. 1088–1089, 2015, doi: 10.1002/asi.23492.

A. A. Shaikh, H. Alamoudi, M. Alharthi, and R. Glavee-Geo, Advances in mobile financial services: a review of the literature and future research directions, vol. 41, no. 1. 2023. doi: 10.1108/IJBM-06-2021-0230.

S. Surahmat, “Analisis Penerimaan Learning Manajemen Sistem Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sriwijaya Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3843.

D. Suhartanto, D. Dean, T. A. T. Ismail, and R. Sundari, “Mobile banking adoption in Islamic banks: Integrating TAM model and religiosity-intention model,” J. Islam. Mark., vol. 11, no. 6, pp. 1405–1418, 2020, doi: 10.1108/JIMA-05-2019-0096.

R. . S. Sindhu Singh, “Article information : Predicting the Intention to Use Mobile Banking in India Introduction,” Int. J. Bank Mark., vol. 36, no. 2, pp. 357–378, 2018.

R. F. Malaquias and Y. Hwang, “Mobile banking use: A comparative study with Brazilian and U.S. participants,” Int. J. Inf. Manage., vol. 44, no. May 2018, pp. 132–140, 2019, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2018.10.004.

D. Suhartanto, D. Dean, G. Leo, and N. N. Triyuni, “Millennial experience with online food home delivery: A lesson from Indonesia,” Interdiscip. J. Information, Knowledge, Manag., vol. 14, pp. 277–294, 2019, doi: 10.28945/4386.

S. Riptiono, D. N. Susanti, I. M. Rhamdhani, A. I. Anggraeni, and A. Prasetyo, “Parsing religiosity and intention to use Islamic mobile banking in Indonesia,” Banks Bank Syst., vol. 16, no. 4, pp. 34–44, 2021, doi: 10.21511/bbs.16(4).2021.04.

D. Jamshidi and N. Hussin, “Forecasting patronage factors of Islamic credit card as a new e-commerce banking service,” J. Islam. Mark., vol. 7, no. 4, pp. 378–404, 2016, doi: 10.1108/jima-07-2014-0050.

S. Adapa and S. K. Roy, “Consumers’ post-adoption behaviour towards Internet banking: empirical evidence from Australia,” Behav. Inf. Technol., vol. 36, no. 9, pp. 970–983, 2017, doi: 10.1080/0144929X.2017.1319498.

Mediaasuransinews, “PT Bank Syariah Indonesia Tbk: Pengguna BSI Mobile Capai 5,9 Juta,” Media Asuransi News, 2023. https://mediaasuransinews.co.id/majalah/pt-bank-syariah-indonesia-tbk-pengguna-bsi-mobile-capai-59-juta/

J. Dawes, “Do data characteristics change according to the number of scale points used? An experiment using 5-point, 7-point and 10-point scales,” Int. J. Mark. Res., vol. 50, no. 1, pp. 61–77, 2008, doi: 10.1177/147078530805000106.

H. Utomo, E. Muh, A. Jonemaro, and M. T. Ananta, “Perbandingan Usabilitas Aplikasi Taxi Online Android ( Grab-car dan Uber ) Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ( UTAUT ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Vol., vol. 1, no. 12, pp. 1708–1717, 2017.

J. F. Hair, G. T. M. Hult, and C. M. Ringle, “A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM),” 2017.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Valda, I., Faroqi, A., & Safitri, E. M. (2024). EVALUASI FAKTOR PENERIMAAN NASABAH TERHADAP APLIKASI MOBILE BANKING SYARIAH MENGGUNAKAN MODIFIKASI TAM (STUDI KASUS: BSI MOBILE). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4828

Issue

Section

Articles