PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI PENYEWAAN GEDUNG PERTEMUAN “TITIK TEMU” MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Shofiyyatul Badriyyah UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Dhian Satria Yudha Kartika UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Abdul Rezha Efrat Najaf UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4724

Abstract Views: 299 File Views: 271

Abstract

Gedung pertemuan adalah suatu bangunan yang dibangun khusus yang digunakan untuk menjadi tempat diselanggarakannya berbagai jenis acara yang memungkinkan melibatkan orang banyak.  Aktivitas penyewaan gedung pertemuan banyak memberikan manfaat kepada penyewa karena selain menyediakan tempat yang memadai, biasanya didukung dengan fasilitas yang disediakan oleh pengelola gedung. Namun sayangnya proses penyewaan masih tergolong rumit karena terdapat beberapa kendala dan belum efisien. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan desain antarmuka aplikasi penyewaan gedung pertemuan yang memiliki nilai kegunaan yang baik. Penelitian ini membahas desain antarmuka aplikasi penyewaan gedung pertemuan berbasis mobile menggunakan metode Design Thinking, yang berfokus pada pemahaman pengguna dan redefinisi masalah untuk menemukan strategi dan solusi inovatif. Desain diuji dengan dua jenis pengujian yaitu usability testing melalui platform Maze.co yang mendapatkan nilai kegunaan 84 untuk penyewa dan 86 untuk pengelola, serta system usability scale (SUS) yang mendapatkan nilai 85 (good dan acceptable).

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Agustami Dan R. M. Manikam, “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penyewaan Gedung Serbaguna Wilayah Jakarta Barat,” Jurnal Ilmiah FIFO, Vol. 12, No. 2, Nov 2020.

H. Ilham, B. Wijayanto, Dan S. P. Rahayu, “Analysis And Design Of User Interface/User Experience With The Design Thinking Method In The Academic Information System Of Jenderal Soedirman University,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif), Vol. 2, No. 1, Hlm. 17–26, 2021.

N. Aisyah, A. Asep, Dan A. Yoraeni, “Sistem Penyewaan Gedung Serbaguna Di Masjid Agung Al-Barkah Bekasi,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol. 14, No. 2, Hlm. 90–101, 2019.

Interaction Design Foundation, The Basics Of User Experience Design.

F. Fariyanto, S. Suaidah, Dan F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, Vol. 2, No. 2, Hlm. 52–60, 2021.

S. Deepalakshmi, Creative Thinking Process And Methods. 2021.

N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, Dan M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe Ui/Ux Website Crowde Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, Vol. 12, No. 1, Hlm. 18–26, 2023.

I. A. Maosul, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Pencarian Pekerjaan Didamel. Id Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, Vol. 12, No. 2, 2024.

K. Moran, “Usability Testing 101,” Https://Www.Nngroup.Com/Articles/Usability-Testing-101/.

L. Cunha, “How Your Usability Score Is Calculated,” Https://Help.Maze.Co/Hc/En-Us/Articles/360052723353-How-Your-Usability-Score-Is-Calculated.

D. A. Fatah, “Evaluasi Usability Dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing Dengan Pendekatan Human-Centered Design (Hcd),” Rekayasa, Vol. 13, No. 2, Hlm. 130–143, 2020.

S. Gibbons, “Empathy Mapping: The First Step In Design Thinking,” Https://Www.Nngroup.Com/Articles/Empathy-Mapping/.

M. N. Ashiddiq, “Perancangan Ui/Ux Learning Management System (Lms) Aplikasi Mobile Edu-Learn Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, Vol. 12, No. 1, 2024.

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Badriyyah, S., Kartika, D. S. Y., & Najaf, A. R. E. (2024). PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI PENYEWAAN GEDUNG PERTEMUAN “TITIK TEMU” MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4724

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)