PENILAIAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 SUBDOMAIN DSS02 MANAGE SERVICE REQUESTS AND INCIDENTS (STUDI KASUS : PT BANK MANDIRI LAMPUNG)

Authors

  • Arista Kirana Valerian Teknik Informatika Universitas Lampung
  • Gigih Forda Nama Teknik Informatika Universitas Lampung
  • Rio Ariestia Pradipta Teknik Informatika Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4302

Abstract Views: 503 File Views: 402

Abstract

Evaluasi tata kelola TI subdomain DSS02 di PT Bank Mandiri Lampung difokuskan pada permintaan layanan dan masalah dengan harapan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengenali tingkat kemampuan saat ini di PT Bank Mandiri Lampung serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan tata kelola teknologi informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui studi literatur, observasi, dan wawancara. Hasil rekapitulasi kuesioner IT Control Diagnostic menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 40%, menandakan bahwa beberapa jabatan memiliki tanggung jawab ganda, namun kinerja mereka tetap baik karena berhasil memenuhi tugas utama perusahaan. Berdasarkan hasil kuesioner Management Awareness Diagnostic, tingkat kemampuan saat ini rata-rata adalah 4,27 atau berada pada level 4, sedangkan tingkat kemampuan yang diharapkan adalah 4,53 atau level 5. Dari penelitian ini dihasilkan 12 rekomendasi untuk mengurangi kesenjangan antara tingkat kemampuan saat ini dan yang diharapkan, sehingga dapat mencapai level 5 proses yang dioptimalkan, dengan fokus pada efisiensi, efektivitas, inovasi, dan pengembangan manajemen berkelanjutan dalam proses DSS02.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. K. Setiawan and J. Fernandes Andry, “IT Governance Evaluation Using COBIT 5 Framework on The National Library,” Sistem Informasi , vol. 15, no. 1, 2019.

A. M. Syuhada, “Kajian Perbandingan Cobit 5 dengan Cobit 2019 sebagai Framework Audit Tata Kelola Teknologi Informasi,” Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 6, no. 1, p. 30, Jan. 2021, doi: 10.36418/syntax-literate.v6i1.2082.

H. Tamando Sihotang, “Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan COBIT Framework 4.1 Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan ( Persero ),” Mantik Penusa, vol. 17, no. 1, pp. 2088–3943, 2015.

Y. Fernando, R. Bi Ilmillah, and D. Darwis, “Audit Kinerja Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pada Pengadilan Agama Tanjung Karang Kelas I A Bandar Lampung,” Jurnal TEKNO KOMPAK, vol. 11, no. 1, pp. 18–23, 2017.

F. E. Gunawan, B. Sebastian Tiratana, J. Fernandes Andry, H. Tannady, and B. Sebastian, “Evaluation and Measurement of Automobile Service and Maintenance Company Performance Using Cobit Framework and Balanced Scorecard,” 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/344011986

Information Systems Audit and Control Association., COBIT 5 : a business framework for the governance and management of enterprise IT. United States of America : ISACA, 2012.

Information System Audit and Control Association, Enabling Processes. United States of America: ISACA, 2012. [Online]. Available: http://linkd.in/ISACAOfficial

N. Merdeka Wati, “Penilaian Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi Berdasarkan Framework COBIT 5 Fokus Subdomain DSS 02 (Deliver, Service, and Support) (Studi Kasus PT. Bank XXX Cabang X),” Journal of Engineering and Scientific Research, vol. 3, no. 2, pp. 65–70, 2021.

R. Adella Ferninda, “Penilaian Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Berdasarkan Domain APO08 Manage Relationship [Studi Kasus Departemen Marketing PT XYZ],” Skripsi, 2023.

F. Rahmadayanti, W. Cholil, and L. Atika, “Optimalisasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan COBIT 5 (Studi Kasus STT Pagar Alam),” Jurnal Bina Komputer JBK, vol. 1, no. 2, pp. 82–97, 2019.

M. Jasmin, F. Ulum, and M. Fadly, “Analisis Sistem Informasi Pemasaran Pada Komunitas Barbershops Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Deliver Service and Support (DSS) (Studi Kasus : Kec, Tanjung Bintang),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 3, pp. 66–80, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Profil perusahaan, “Mandiri.” Accessed: Oct. 25, 2023. [Online]. Available: https://bankmandiri.co.id/web/guest/profil-perusahaan

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Valerian, A. K., Nama, G. F., & Pradipta, R. A. (2024). PENILAIAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 SUBDOMAIN DSS02 MANAGE SERVICE REQUESTS AND INCIDENTS (STUDI KASUS : PT BANK MANDIRI LAMPUNG). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4302

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>