ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PELAYANAN DISDUKCAPIL KARAWANG MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER

Authors

  • Andriani Nurian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Tesa Nur Padilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Garno Garno Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4178

Abstract Views: 893 File Views: 651 File Views: 0

Abstract

Pengelolaan Administrasi Kependudukan penting dalam kehidupan di Indonesia karena terkait dengan banyak aktivitas seperti pemilihan umum, pengurusan dokumen kendaraan dan surat tanah, perbankan, dan lain-lain. Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Karawang melayani administrasi kependudukan kabupaten karawang dan memastikan setiap masyarakat di Kabupaten Karawang tercatat dan terdata oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui daerah dan melimpahkan sebagian wewenangnya kepada Dinas penduduk dan pencatatan sipil Kabupaten Karawang. Analisis sentimen terhadap pelayanan Disdukcapil Karawang digunakan untuk memberikan gambaran tentang opini publik terhadap pelayanan Disdukcapil Karawang. Hasil pengolahan opini atau sentimen dari penerapan algoritma Naïve bayes menggunakan metodologi KDD kedalam tiga kelas yaitu Positif, Netral dan Negatif melalui media sosial Twitter  menggunakan penerapan algoritma Naïve bayes diperoleh hasil yaitu 146 label positif, 189 label negatif, dan 961 label netral. Nilai accuracy tertinggi terdapat pada  model 90:10 dengan 69%, precision 82%, dan recall 48%. Selain menggunakan confusion matrix model diuji dengan grafik ROC yang menghasilkan nilai AUC tertinggi pada model 90:10 dengan nilai 0.79 yang dapat diartikan model ini kualitasnya good classification.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Andriani Nurian, Universitas Singaperbangsa Karawang

Informatika, Fakultas Ilmu Komputer

Tesa Nur Padilah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Informatika, Fakultas Ilmu Komputer

Garno Garno, Universitas Singaperbangsa Karawang

Informatika, Fakultas Ilmu Komputer

References

A. Wahana, “Analisis Sentimen Pada Jasa Ojek Online ... (Nugroho dkk.),” pp. 156–161, 2015.

N. Y. Septian, “Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro,” J. Semant. 2013, pp. 1–11, 2009.

A. Aisyah and S. Anraeni, “Analisis Penerapan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN) pada Dataset Citra Penyakit Malaria,” Indones. J. Data Sci., vol. 3, no. 1, pp. 17–29, 2022, doi: 10.56705/ijodas.v3i1.22.

Ryan, Cooper, and Tauer, “Peningkatan Kompetensi Kelulusan,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 12–26, 2013.

Y. U. Titan Nugraha, Purwantoro, “Analisis Sentimen terhadap Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Indonesia Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, pp. 1349–1358, 2022.

Downloads

Published

2024-04-02

How to Cite

Nurian, A., Padilah, T. N., & Garno, G. (2024). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PELAYANAN DISDUKCAPIL KARAWANG MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4178

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)