ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES
Abstract
Full Text:
PDF 829-835References
N. Agustina, D. H. Citra, W. Purnama, C. Nisa, and A. R. Kurnia, “Implementasi Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Ulasan Shopee pada Google Play Store,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 47–54, 2022, doi: 10.57152/malcom.v2i1.195.
S. Rahayu, Y. MZ, J. E. Bororing, and R. Hadiyat, “Implementasi Metode K-Nearest Neighbor (K-NN) untuk Analisis Sentimen Kepuasan Pengguna Aplikasi Teknologi Finansial FLIP,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 98–106, 2022, doi: 10.29408/edumatic.v6i1.5433.
E. S. Basryah, A. Erfina, and C. Warman, “Analisis Sentimen Aplikasi Dompet Digital Di Era 4.0 Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Play Store Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,” SISMATIK (Seminar Nas. Sist. Inf. dan Manaj. Inform. Univ., vol. 1, no. 1, pp. 189–196, 2021.
A. O. Permana et al., “Jurnal Computer Science and Information Technology ( CoSciTech ) Comparison of the K-Nearst Neighbor and Naïve Bayes Algorithms on the Sentiment Analysis Shopee Application,” vol. 4, no. 1, pp. 25–32, 2023.
Y. Harfian, “Klasifikasi sentimen aplikasi dompet digital DANA pada komentar di Instagram menggunakan metode Naive Bayes Classifier,” Tugas Akhir UIN, 2021.
A. Athallah Muhammad et al., “ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI DANA BERDASARKAN ULASAN PADA GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE Prodi S1 Informatika / Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta,” pp. 194–204, 2022.
B. Filemon, V. C. Mawardi, and N. J. Perdana, “Penggunaan Metode Support Vector Machine Untuk Klasifikasi Sentimen E-Wallet,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, 2022, doi: 10.24912/jiksi.v10i1.17824.
G. P. Kawani, “Implementasi Naive Bayes,” J. Informatics, Inf. Syst. Softw. Eng. Appl., vol. 1, no. 2, pp. 73–81, 2019, doi: 10.20895/inista.v1i2.73.
A. I. Tanggraeni and M. N. N. Sitokdana, “Analisis Sentimen Aplikasi E-Government pada Google Play Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 785–795, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i2.1835.
P. Aditiya, U. Enri, and I. Maulana, “Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Myim3 Pada Situs Google Play Menggunakan Support Vector Machine,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 1020, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4673.
D. G. Nugroho, Y. H. Chrisnanto, and A. Wahana, “Analisis Sentimen Pada Jasa Ojek Online ... (Nugroho dkk.),” pp. 156–161, 2015.
A. K. Dewi, “Analisis Sentimen Ekspedisi Sicepat Dari Ulasan Google Play Mennggunakan Algoritma Naïve Bayes,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 796–805, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i2.1802.
M. Diki Hendriyanto, A. A. Ridha, and U. Enri, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Mola Pada Google Play Store Menggunakan Algoritma Support Vector Machine Sentiment Analysis of Mola Application Reviews on Google Play Store Using Support Vector Machine Algorithm,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 1–7, 2022.
N. D. Abrilia and S. Tri, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 8, no. 3, pp. 1006–1012, 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v11i3s1.3348
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung
Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145
Email: jitet@eng.unila.ac.id
Website : https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet