PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PEMANTAU JADWAL RUANG KELAS MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING

Authors

  • Ayuna Kintani Teknik Informatika Universitas Lampung
  • Gigih Forda Nama Teknik Informatika Universitas Lampung
  • Meizano Ardhi Muhammad Teknik Informatika Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v9i2.2428

Abstract Views: 342 File Views: 212

Abstract

Di jurusan Teknik Elektro umumnya mengetahui jadwal perkuliahan melalui siakad atau papan mading. Namun karena adanya hari libur, penyesuaian jadwal, dosen yang memiliki kendala terjadi perubahan jadwal yang telah ditetapkan. Jika informasi jadwal perkuliahan yang berubah bisa disematkan pada lokasi yang sebenarnya, hal ini berguna membantu mahasiswa untuk mengetahui pemakaian ruang kelas. Sehingga dibangun perancangan dan implementasi augmented reality pemantau jadwal ruang kelas menggunakan marker based tracking. AR merupakan penambahan realitas yang menggabungkan objek dunia nyata dengan dunia maya 2D (dua dimensi) maupun 3D (tiga dimensi) dari tempat yang sama. Mahasiswa menggunakan web virtual reality untuk mengakses marker yang telah disematkan informasi jadwal perkuliahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah user experience. Terdapat beberapa tahapan dalam user experience yaitu requirement gathering, alternative design, prototyping, evalution. Pengujian sistem menggunakan user acceptance test (UAT) dan diterima oleh mahasiswa sebanyak 84 sistem dinyatakan efektif, 69 sistem dinyatakan efisien. Sistem dapat menyajikan informasi jadwal perkuliahan yang sedang digunakan berbasis lokasi ruangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. A. Ramadhan, I. I. Tritoasmoro and U. Sunarya, "Perancangan dan Implementasi Aplikasi Teknologi Augmented Reality Pada Aksesoris Wajah," Telkom University, Bandung, 2014.

X. Ma, M. Cakcett, L. Park, E. Chien and M. Naaman, "Web-Based VR Experiments Powered by the Crowd," in International World Wide Web Conference Committee, France, 2013.

M. E. Apriyani, M. Huda and S. Prasetyaningsih, "Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah," Jurnal Infotel, vol. 8, no. 1, p. 7, 2016.

D. Lavarino and W. Larasati, "Rancang Bangun E-Voting Berbasis Website di Universitas Negeri Surabaya," Jurnal Manajemen Informatika, vol. 6, no. 1, p. 10, 2016.

M. Iqbal, M. Husni and H. Studiawan, "Implementasi Klien SIP Berbasis Web Menggunakan HTML5 dan Node.js," Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 2, p. 4, 2012.

A. Firman, H. F. Wowor and X. Najoan, "Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web," E-journal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 5, no. 2, p. 8, 2016.

F. Constantianus and B. R. Suteja, "Analisa dan Desain Sistem Bimbingan Tugas Akhir Berbasis Web dengan Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi," Jurnal Informatika UKM, vol. 1, no. 2, p. 13, 2015.

J. Saptari, R. Iswandari and R. Setyawati, "User Experience (UX) dalam pemanfaatan fasilitas Informal Learning Space (ILS) perpustakaan," Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 13, no. 12, p. 34, 2018,.

A. A. Prasetia, "Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains," Sistem Informasi Reservasi Gedung Serbaguna di Kota Palembang berbasis Andorid, vol. 7, no. 1, p. 8, 2018.

M. Afdal, M. Irsyad and F. Yanto, "Penerapan teknologi augmented reality pada media pembelajaran lapisan permukaan bumi berbasis 3D," Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 4, no. 1, p. 10, 2018.

I. D. Perwitasari, "Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android," Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 1, no. 1, p. 11, 2018.

G. Y. P. Pangestu, N. M. I. M. Mandenni and N. K. D. Rusjayanthi, "Aplikasi Web Augmented Reality Villa," Merpati, vol. 5, no. 1, p. 12, 2017.

A. T. Bahill and R. Bota, "Fundamental Principles of Good System Design," Engineering Management Journal, vol. 20, no. 8, p. 10, 2008.

A. SE, "Populasi dan Sampel," in Metode Penelitian Manajemen, vol. 3, Malang, Bayumedia Publishing Malang, 2015, p. 14.

Downloads

Published

2021-04-10

How to Cite

Kintani, A., Nama, G. F., & Muhammad, M. A. (2021). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PEMANTAU JADWAL RUANG KELAS MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 9(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v9i2.2428

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>