IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK MINUMAN BOBA BERBASIS PYTHON (STUDI KASUS: KEDAI NGENYOD'S DESA BOGOR INDRAMAYU)

Authors

  • Soni Erpian STMIK IKMI CIREBON
  • Rini Astuti STMIK LIKMI BANDUNG
  • Willy Prihartono STMIK IKMI CIREBON
  • Ryan Hamonangan STMIK IKMI CIREBON

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6341

Abstract Views: 137 File Views: 103 File Views: 0 File Views: 0

Abstract

Penelitian ini menganalisis pola pembelian produk di Kedai "Ngenyod'S", dengan menggunakan algoritma FP-Growth untuk meningkatkan strategi pemasaranPola pembelian pelanggan sangat penting untuk membuat strategi promosi yang lebih baik dan mengelola stok.  Salah satu masalah yang dihadapi adalah tidak memanfaatkan data transaksi secara efektif saat menentukan strategi pemasaran.  Akibatnya, tujuan penelitian ini adalah menerapkan algoritma FP-Growth untuk menemukan itemsets sering dan pola asosiasi yang dapat digunakan dalam strategi bisnis berbasis data.  Proses penelitian ini terdiri dari beberapa langkah: pengumpulan data transaksi, preprocessing data, penerapan algoritma FP-Growth, dan analisis hasil dengan mempertimbangkan nilai dukungan dan kepercayaan tertentu. Dataset yang digunakan mencakup 508 penjualan dengan atribut seperti tanggal penjualan, nama produk, jumlah penjualan, harga satuan, dan pendapatan total.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa produk, seperti Milo Milk dan Milo Ori, memiliki pola pembelian yang kuat dengan keyakinan sebesar 70%. Pola ini memberikan wawasan untuk strategi pemasaran, seperti menerapkan promosi bundling atau diskon untuk produk terkait.  Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa algoritma FP-Growth lebih efisien dalam analisis data transaksi dibandingkan dengan metode konvensional. Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan algoritma FP-Growth dapat membantu bisnis menemukan pola pembelian pelanggan, meningkatkan efisiensi pemasaran, dan mengoptimalkan manajemen stok. Studi ini membantu mengembangkan sistem rekomendasi berbasis pola pembelian yang dapat digunakan dalam bisnis ritel, terutama usaha kecil dan menengah.  Memperluas atribut dataset dan menggabungkan teknik lain seperti algoritma Apriori untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap adalah saran untuk penelitian lanjutan. Model serupa juga dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi pemasaran berbasis data di berbagai industri bisnis lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyani, I., Ali, I., Akuntansi, K., Perangkat Lunak, R., IKMI Cirebon Jl Perjuangan No, S., & Majasem Kec Kesambi Kota Cirebon, B. (2023). IMPLEMENTASI DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN PADA INDUSTRI KULINER MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH. 18, 40–49.

Andini, E. (2024). ANALISIS ASOSIASI FP-GROWTH UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMILIHAN PRODUK FROZEN FOOD DI TOKO ANEKA FROZEN FOOD JOSEF FAMILY. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 2).

Astuti, N., Utamajaya, J. N., & Pratama, A. (2022). Penerapan Data Mining Pada Penjualan Produk Digital Konter Leppangeng Cell Menggunakan Metode K-Means Clustering. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 754. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i3.4351

Gultom, A. W. (2024). Implementasi Algoritma Fp-Growth Pada Persediaan Barang Elektrikal. Management of Information System Journal, 2(2), 20–28. https://journal.fkpt.org/index.php/MIS

Kando Sihombing, L., Fatimah Sari Sitorus Pane, U., Studi Sistem Informasi, P., & Triguna Dharma, S. (n.d.). Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Roti Menggunakan Algoritma Fp-Growth. JURNAL SISTEM INFORMASI TGD, 1, 228–238. https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsi

Muntari, S. (2024). PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGANALISA POLA PENJUALAN OBAT. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4860

Putu, I., Narayana, K. A., Made, I., Suarjaya, A. D., Made, N., & Mandenni, I. M. (2023). PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH SEBAGAI DASAR PERTIMBANGAN PROMOSI DI SPC MART. In JITTER-Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer (Vol. 4, Issue 2).

Salsabila, P., Wahyudin, E., Dwilestari, G., & Subhiyanto, F. (2024). PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN KONSUMEN DI WARUNG MAKAN DEDE. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 1).

Salsanu Fitrah, M., Fuazan Karo-Karo, M., & Ghadizah Nur Sitorus, S. (n.d.). STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING DALAM BISNIS MINUMAN BOBA: STUDI KASUS PADA MINUMAN BOBA NAYNAY JALAN DURUNG, MEDAN, SUMATERA UTARA STRATEGIES TO INCREASE COMPETITIVENESS IN THE BOBA BEVERAGE BUSINESS: A CASE STUDY ON NAYNAY BOBA DRINK DURUNG STREET, MEDAN, NORTH SUMATERA. In Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen Agribisnis (Vol. 2, Issue 2). Retrieved October 22, 2024, from STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING DALAM BISNIS MINUMAN BOBA: STUDI KASUS PADA MINUMAN BOBA NAYNAY JALAN DURUNG, MEDAN, SUMATERA UTARA

Sandi, A. P., & Ningsih, V. W. (2022). JURNAL PUBLIKASI ILMU KOMPUTER DAN MULTIMEDIA IMPLEMENTASI DATA MINING SEBAGAI PENENTU PERSEDIAAN PRODUK DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA DATA PENJUALAN SINARMART. JUPIKOM, 1(2).

Selong, M. T. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PADA KEDAI TENTANG KITA MINUMAN COKELAT KEKINIAN KOTA SORONG Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3).

Suryani, J. T., Rahaningsih, N., & Dana, R. D. (2024). PENERAPAN ASOSIASI UNTUK MENGANALISA PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 1).

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

Erpian, S., Astuti, R., Prihartono, W., & Hamonangan, R. (2025). IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK MINUMAN BOBA BERBASIS PYTHON (STUDI KASUS: KEDAI NGENYOD’S DESA BOGOR INDRAMAYU). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6341

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>