ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SENTUH TANAHKU DI KABUPATEN BULELENG MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3S1.8034Abstract Views: 56 File Views: 28
Keywords:
Kepuasan Pengguna, Sentuh Tanahku, EUCS, Pelayanan Publik DigitalAbstract
Digitalisasi layanan publik menjadi kebutuhan penting dalam meningkatkan transparansi dan efisiensi birokrasi. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai lembaga yang menangani pertanahan menghadapi tantangan tingginya laporan pengaduan masyarakat ke Ombudsman RI pada tahun 2021. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dikembangkan aplikasi Sentuh Tanahku dengan sarana informasi pertanahan yang dapat diakses secara rutin dan transparan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Sentuh Tanahku di Kabupaten Buleleng serta menguji pengaruh variabel EUCS, yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness terhadap kepuasan pengguna. Menggunakan metode penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pengguna termasuk kategori puas dengan skor rata-rata 3,74. Variabel Content memperoleh skor 3,87, Accuracy 3,65, Format 3,78, Ease of Use 3,87, dan Timeliness 3,54. Uji hipotesis menunjukkan bahwa Content, Accuracy, Ease of Use, dan Timeliness berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction, sedangkan Format tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas konten, ketepatan, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu layanan merupakan faktor penting dalam meningkatkan user satisfaction aplikasi layanan publik digital
Downloads
References
Ombudsman Republik Indonesia 2021, “Laporan Tahunan Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2021,” 2021. [Online]. Available: https://ombudsman.go.id/produk/lihat/673/SUB_LT_5a1ea951d55c4_file_20220401_110804.pdf
Y. A. Putri, R. E. Putera, and W. K. Rahayu, “Inovasi Pelayanan Informasi melalui Aplikasi Sentuh Tanahku pada Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara,” J. Soc. Policy Issues, vol. 2, no. 2, pp. 87–94, 2022, doi: 10.35308/xxxxx.
A. B. Pratomo, M. A. K. Harahap, T. Oswari, P. M. Akhirianto, and A. Widarman, “The Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) to Analyze the Satisfaction of MyPertamina User,” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 78–83, Apr. 2023, doi: 10.37034/jsisfotek.v5i1.205.
M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma,” J. Sist. Inf., vol. 9, pp. 2302–8149, 2020.
M. D. M. Harahap, Ferdinand, and L. T. Harinie, “Pemanfaatan Aplikasi Sentuh Tanahku Guna Perbaikan Kinerja Layanan di Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya,” Edunomics J., vol. 4, no. 2, pp. 103–125, 2023.
S. R. Sasongko, “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021, doi: 10.31933/jimt.v3i1.707.
N. D. R. Iswara, “Evaluasi Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Speedid Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Universitas Pendidikan Ganesha, 2024.
Z. A. Golo, Subinarto, and E. Garmelia, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas,” J. Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 4, no. 1, pp. 52–56, 2021, doi: 10.31983/jrmik.v4i1.6789.
R. Piandari and M. T. A. Zaen, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Paksi Menggunakan Metode End User Computing Statisfaction,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 13, no. 3, p. 839, 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i3.7023.
L. A. T. Arakian, I. G. M. Darmawiguna, and I. G. A. A. D. Indradewi, “Evaluation of User Satisfaction Using the Pieces Framework in the Teman Bus Application,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 19, no. 1, pp. 11–18, 2023, doi: 10.33480/pilar.v19i1.3948.
W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 12, no. 2, 1988.
P. Mahesa, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Skill Academy Menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS),” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.
G. Pujana, I. M. A. Pradnyana, and I. K. R. Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2023, [Online]. Available: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/
I. Kurniasih and D. Pibriana, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 181–198, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.787.
N. Aprillia and M. R. Sanjaya, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Gofood Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 511–520, Oct. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.1053.
K. Gunawan, N. Suandana, I. G. M. Metera, F. Yudiaatmaja, and K. G. Chandra Dewi, “Analysis of Employee Job Achievement at Tirta Hita Buleleng Drinking Water Company through Job Satisfaction, Supervision and Work Discipline. Journal of Economics, Finance and Management Studies,” J. Econ. Financ. Manag. Stud., vol. 06, no. 11, pp. 5581–5586, 2023, doi: 10.47191/jefms/v6-i11-35.
W. A. Putera and I. M. Candiasa, “Analysis of e-learning user satisfaction itb stikom bali using end user computing satisfaction (eucs) method,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1810, no. 1, pp. 1–9, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1810/1/012017.
E. Yana, D. Y. Hardiyanti, and A. Rifai, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Dana Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 7, no. 2, pp. 265–275, 2023.
N. Sakir, J. N. U. Jaya, and N. Wahyuni, “Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Seabank di Balikpapan,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 344, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4047.
D. N. Diansyah, Q. H. Hidayah, A. H. Azizah, and R. P. Laksana, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile Cryptocurrency Pintu Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” vol. 18, no. 1, pp. 35–46, 2025.
W. G. S. Parwita, I. G. A. A. D. Indradewi, M. S. Ariantini, N. L. W. S. R. Ginantra, and I. K. A. Putra, “Penerapan Metode E-Service Quality Terhadap Pengukuran Tingkat Kepuasan Penggunaan Marketplace,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 5, no. 2, pp. 218–226, 2022, doi: 10.31598/sintechjournal.v5i2.1236.
Zulkarnain and D. A. Ningrum, “Determinan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah Kota Sukabumi,” J. Ilm. Indones., vol. 5, no. 5, pp. 197–211, 2020, doi: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i5.1161.
K. Widianto, H. Sulaiman, Priatno, and M. H. Ahdan, “Analisis Kepuasan Mitra Driver Gojek Terhadap Aplikasi Gopartner Dengan Metode End User Compunting Satisfaction (EUCS),” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 7, no. 2, pp. 350–359, Jul. 2024, doi: 10.29408/jit.v7i2.25901.
D. Ayu, D. Cintiya, G. Arna, J. Saskara, I. G. Lanang, and A. Raditya, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi M-Paspor Dengan Pendekatan EUCS Dan PIECES Pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja,” pp. 477–486, 2023.
N. P. E. Fridayanti, G. R. Dantes, and G. A. J. Saskara, “Evaluasi Kepuasan Aplikasi Pelayanan Rakyat Online Denpasar+ Menggunakan End User Computing Satisfaction,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 28–48, 2024, doi: 10.28932/jutisi.v10i1.6936.
N. R. Pramudibyo, M. R. Muttaqin, and M. A. Sunandar, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Redbus dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, pp. 1099–1107, Apr. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4133.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



