PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE PRESENSI KEGIATAN KAMPUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7223Abstract Views: 26 File Views: 20
Keywords:
User Interface, Mobile Application, Design ThinkingAbstract
Pengelolaan presensi kegiatan kampus secara manual seringkali menghadapi berbagai kendala seperti keterlambatan pencatatan, data yang tidak akurat, dan kurangnya transparansi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini merancang antarmuka pengguna (user interface) aplikasi mobile presensi kegiatan kampus dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. Metode ini terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil dari tahap Empathize dan Define menunjukkan bahwa mahasiswa dan panitia kegiatan kampus membutuhkan sistem presensi yang cepat, akurat, dan mudah digunakan. Berdasarkan temuan tersebut, dirancanglah antarmuka aplikasi dengan fitur utama seperti pemindaian QR Code, riwayat kehadiran, dan notifikasi kehadiran. Prototipe diuji kepada pengguna dan mendapatkan respons positif dalam hal kemudahan penggunaan dan kejelasan tampilan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis pengguna dapat menghasilkan solusi antarmuka yang efektif dan relevan untuk kebutuhan presensi di lingkungan kampus.
Downloads
References
J. Hutasoit, V. Rohmatulloh, N. S. Putantri, and L. Efrizoni, "DESIGNING UI FOR STUDENT PRESENCE MOBILE APPLICATIONS USING THE HCD METHOD," JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 10, no. 1, pp. 105–114, Dec. 2023, doi: 10.33330/jurteksi.v10i1.2816.
N. Putri, Syaifuddin, and D. Pratiwi, Redesigning the UI/UX of a Mobile-Based Employee Presence Application at PT. Menara Indonesia Using the Design Thinking Method, Universitas Trisakti, Tech. Rep., Jan. 2025, pp. 20–24.
S. R. Alimin, N. H. Abdul Hamid, and Z. A. Nasruddin, "City i-Tick: The android based mobile application for students’ attendance at a university," Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, vol. 9, no. 3, pp. 1284–1290, Jun. 2020, doi: 10.11591/eei.v9i3.2078.
N. W. Utami, I. K. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, EVALUASI USABILITY PADA E-LEARNING UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DENGAN METODE USABILITY TESTING, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Tech. Rep., vol. 9, no. 1, pp. 107–118, Apr. 2020. [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=TYNXprAAAAAJ&citation_for_view=TYNXprAAAAAJ:4MWp96NkSFoC
N. M. M. R. Desmayani, N. W. Wardani, P. G. S. C. Nugraha, and G. S. Mahendra, "Sistem Informasi Laporan Keuangan pada Salon Berbasis Website Dengan Metode SDLC," Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI), vol. 4, no. 2, pp. 68–77, Dec. 2021, doi: 10.22146/jsikti.xxxx.
R. K. Gupta, “Principles and Practice of Design Thinking: Probing Deeper,” Research Gate, Mar. 2025. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/389647531
doi: 10.13140/RG.2.2.11453.78566
D. Firmansyah and A. Voutama, “Desain UI/UX Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online: Prototyping Menggunakan Figma dengan Metode KISS,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terapan, vol. 13, no. 2, Apr. 2025. [Online]. Available: https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet/article/view/6419
doi: 10.23960/jitet.v13i2.6419
K. W. Cahyadi, I. G. Ayu Agung, D. Indradewi, and Y. Pratiwi, “Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Pencarian Instruktur Olahraga 'BeFind' berbasis Mobile menggunakan Design Thinking,” SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 2025. [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
P. Y. Pratiwi, N. P. Ely, and E. Suchahyani, “Implementation of Design Thinking Method and Usability Testing in the Design of a Scholarship Information System,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuruan, vol. 21, no. 2, 2024.
K. W. Cahyadi, I. G. A. A. D. Indradewi, and P. Y. Pratiwi, “UI/UX Design for Mobile-based Sports Instructor Search Application ‘Befind’ using Design Thinking,” SISTEMASI, vol. 12, no. 3, pp. 835, Sep. 2023, doi: 10.32520/stmsi.v12i3.2986.
G. A. Supriatmaja, K. Mahendra, I. G. B. W. Atmaja, D. M. J. Putra, N. K. A. T. Wahyuni, and P. Y. Prawati, “Pengembangan Sistem Informasi Monitoring dan Pengarsipan Administrasi Keuangan Menggunakan Framework Laravel pada BPS Buleleng,” Infomatek, vol. 26, no. 2, pp. 239–252, Dec. 2024, doi: 10.23969/infomatek.v26i2.19231.
Y. Lu et al., “UXAgent: An LLM Agent-Based Usability Testing Framework for Web Design,” in Proc. Conf. Human Factors in Comput. Syst. (CHI), Apr. 2025, doi: 10.1145/3706599.3719729.
N. U. Ulita, “Menemukan Potensi untuk Strategi Desain Promosi: Empathy Map Gen Z terhadap Makanan Sehat sebagai,” unpublished.
Z. H. Z. Azlan and S. N. Junaini, “Erudite Survivor: Usability Testing of a Gamification-based Mobile App for Disaster Awareness Among Children,” J. Adv. Res. Appl. Sci. Eng. Technol., vol. 31, no. 3, pp. 290–298, Aug. 2023, doi: 10.37934/araset.31.3.290298.
K. Utama, A. Pradnyana, dan P. Pratiwi, "Perancangan Aplikasi Go on Vacation Berbasis Mobile Dengan Metode User Centered Design," Techno.Com, vol. 23, pp. 608–622, Aug. 2024, doi: 10.62411/tc.v23i3.11226.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.