EFEKTIVITAS GAME EDUKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR TUMBUHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR 8 JIMBARAN

Authors

  • Ketut Sepdyana Kartini Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Ni Luh Putu Labasariyani Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Made Irvan Sastra Abenk Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7177

Abstract Views: 55 File Views: 33

Keywords:

Augmented Reality, Media Pembelajaran, Struktur Tumbuhan, Planta, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran materi struktur tumbuhan di sekolah dasar sering kali terhambat oleh sifat konsepnya yang abstrak sehingga sulit divisualisasikan dengan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media game edukasi berbasis Augmented Reality (AR) sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan desain one-group pretest-posttest pada 21 siswa di SD Negeri 8 Jimbaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan sebesar 29.0% antara nilai rata-rata pre-test (64.5) dan post-test (83.2). Selain itu, hasil kuesioner menunjukkan tingkat penerimaan pengguna yang sangat positif, dengan persepsi kemanfaatan mencapai 89,52%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis AR merupakan media yang efektif dan diterima dengan baik untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. E. F. Susetya and N. Harjono, “Pengembangan Media Filter Instagram Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 6, pp. 10056–10072, 2022.

A. Alenezi, “The Role of E-Learning Materials in Enhancing Teaching and Learning Behaviors,” International Journal of Information and Education Technology, vol. 10, no. 1, pp. 48–56, 2020.

A. R. Prasetya and T. Widodo, “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Manusia Purba Berbasis Augmented Reality (AR),” EDUTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 24, no. 2, pp. 800–813, Jun. 2025.

A. P. Pratiwi and J. Riyanto, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented Reality,” J Eng Technol Appl Sci, vol. 4, no. 2, pp. 78–85, 2022.

L. Irawan and I. Yatri, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Realty pada Materi Struktur Tumbuhan Sekolah Dasar,” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, vol. 8, no. 3, pp. 971–978, 2022.

Mejul, “Tumbuhan Dengan Metode Outdoor Study Pada Siswa Kelas IV SDN Pasung Tahun Pelajaran 2018/2019,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2019.

Y. R. Bulowe, F. M. Yusuf, and N. Y. Kandowangko, “Implementasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP Negeri 12 Gorontalo Kelas VIII,” Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, vol. 3, no. 2, pp. 80–84, 2020.

R. Maulana and A. Pramono, “Aplikasi Media Pembelajaran 3D Tentang Bagan Tumbuhan Berbasis Augmented Reality Dengan Metode Marker-Based Untuk SDN Nginden Jangkungan 1 Surabaya,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 9, no. 2, pp. 3593–3599, 2025.

A. Agfary, M. Muhallim, and S. Paembonan, “Augmented Reality Media Pembelajaran Reproduksi Tumbuhan Pada Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP Negeri 8 Kota Palopo,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, 2025.

N. A. Fauzi and H. B. Saputro, “Pengembangan Media Pembelajaran Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (AR) Mata pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar,” Mandalika Mathematics and Educations Journal, vol. 7, no. 2, pp. 730–745, 2025.

B. Susetyo, R. Maryanti, and W. Siswaningsih, “Students With Hearing Impairments’ Comprehension Level Towards The Exam Questions of Natural Science Lessons,” Journal of Engineering Science and Technology, vol. 16, no. 2, pp. 1825–1836, 2021.

J. Garzón, “An Overview of Twenty-Five Years of Augmented Reality in Education,” Multimodal Technologies and Interaction, vol. 5, no. 7, p. 37, 2021.

S. Rani, S. Mazumdar, and M. Gupta, “Marker-Based Augmented Reality Application in Education Domain,” in International Conference on Machine Learning, Image Processing, Network Security and Data Sciences, Springer, 2023, pp. 98–109.

G. Booch, The unified modeling language user guide. Pearson Education India, 2005.

T. Marta, Heri Mulyono, and Irsyadunas, “Analisis Penerimaan Siswa Terhadap Penggunaan Google Classroom Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 30–37, Jan. 2023.

T. P. Socrates and F. Mufit, “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality: Studi Literatur,” EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 96–101, 2022.

I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, and M. I. S. Abenk, “Analisis Fungsional dan Pengalaman Pengguna Augmented Reality pada Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan,” in Seminar Nasional Riset Inovatif, 2024.

Downloads

Published

2025-07-13

How to Cite

Ketut Sepdyana Kartini, Ni Luh Putu Labasariyani, Made Irvan Sastra Abenk, & I Nyoman Tri Anindia Putra. (2025). EFEKTIVITAS GAME EDUKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP STRUKTUR TUMBUHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR 8 JIMBARAN. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7177

Issue

Section

Articles