ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GISTARU MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7024Abstract Views: 39 File Views: 38
Keywords:
GISTARU; Kepuasan Pengguna; WebQual4.0; PUPRAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna terhadap aplikasi Geographic Information System for Spatial Planning (GISTARU) yang dikembangkan oleh Kementerian ATR/BPN, dengan menggunakan metode WebQual 4.0 yang terdiri atas tiga dimensi: usability, information quality, dan service interaction quality. Penelitian dilakukan secara kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 24 responden yang merupakan pegawai aktif di Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Lombok Tengah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Nilai rata-rata skor pada ketiga dimensi berada dalam rentang 3,70 hingga 3,81 yang termasuk kategori “setuju”, dengan dimensi kualitas informasi memperoleh skor tertinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi GISTARU telah memberikan pengalaman penggunaan yang baik dan mampu memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengakses informasi tata ruang. Evaluasi dan pengembangan berkelanjutan tetap diperlukan untuk menjaga relevansi dan efektivitas layanan guna mendukung tata kelola ruang yang transparan dan akuntabel.
Downloads
References
I. Sirnajaya, A. M. Yusuf, and Y. Yudiana, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Manajemen SMAN 5 Karawang (AMS5K) Di SMAN 5 Karawang Menggunakan Webqual,” Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK), vol. 2, no. 1, pp. 57–66, 2022, doi: 10.35969/inotek.v2i1.209.
M. D. Firmansyah and C. Christian, “Analisa Kepuasan Pengguna Kualitas Website Portal Berita Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Pendekatan Importance Performance Analysis (IPA) Studi Kasus Batampos.co.id,” JASIEK (Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 109–120, 2023, doi: 10.26905/jasiek.v5i2.11572.
A. P. Kusumaningayu, A. Pratama, and A. Wulansari, “Pengukuran Kualitas Website E-Commerce Tokopedia.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4987.
G. Wanada, B. Irawan, and A. Faqih, “Analisa Kepuasaan Pengguna Website Sman 5 Kota Cirebon Menggunakan Metode Webqual 4.0,” 2023.
A. Jefri, B. Purnama, and H. Mulyono, “Analisis Kualitas Layanan Website SMA Terhadap Kepuasan Siswa Menggunakan Metode Webqual 4.0,” TIN: Terapan Informatika Nusantara, vol. 4, no. 9, pp. 596–606, Feb. 2024, doi: 10.47065/tin.v4i9.4829.
G. Wijonarko and A. Wirapraja, “Analisis Kualitas Aplikasi OrangeHRM Menggunakan WebQual 4.0 Dalam Mempengaruhi Kepuasan Karyawan dan Produktivitas Kerja,” Teknika, vol. 10, no. 2, pp. 146–151, Jul. 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.381.
I. A. Febriyanti, L. F. Marini, and L. Y. Baisa, “Analisis Pengaruh Hubungan antara Kualitas Layanan Aplikasi BlueBox dengan Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan End User Computing Satisfaction,” G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, vol. 8, no. 3, pp. 1969–1982, Jul. 2024, doi: 10.33379/gtech.v8i3.4729.
I. I. Nugraha, H. Supendar, and R. Fahlafi, “Analisa Kualitas Layanan Website Perpustakaan Nasional Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (Ipa),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3615.
D. Chungiarto, Moh. Sofyan S. Thayf, and Husni Angriani, “Analisis Kepuasan Pengguna Di Kota Makassar Terhadap Kualitas Website MyLPGO Menggunakan Metode Webqual 4.0,” KHARISMA Tech, vol. 16, no. 2, pp. 59–69, 2021, doi: 10.55645/kharismatech.v16i2.121.
F. A. Artanto, H. H. Kusumawardani, A. Sukani, H. T. Buwono, and J. Pagenstu, “Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer Analisis Kualitas Website Prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan Metode Webqual 4.0,” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 216–224, 2022.
J. Sinuraya, “Pengukuran Kualitas Website Dengan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Website Politeknik Negeri Medan),” Jurnal Teknovasi, vol. 6, no. 2, pp. 51–59, 2019.
F. A. Artanto, H. H. Kusumawardani, A. Sukani, H. T. Buwono, and J. Pagenstu, “Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer Analisis Kualitas Website Prodi Informatika Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan Metode Webqual 4.0”, doi: 10.33395/remik.v6i2.11493.
A. A. Ihsan, U. Hidayati, and M. Mardinawati, “Analisis Kualitas Website Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis,” KEUNIS, vol. 10, no. 2, p. 29, Jul. 2022, doi: 10.32497/keunis.v10i2.3519.
J. Sinuraya, J. T. Komputer, I. Politeknik, and N. Medan, “Pengukuran Kualitas Website Dengan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Website Politeknik Negeri Medan)”, [Online]. Available: www.polmed.ac.id
F. Falencia, B. Purnama, and H. Mulyono, “Analisis Kualitas Website SMKN Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” TIN: Terapan Informatika Nusantara, vol. 4, no. 8, pp. 481–489, Jan. 2024, doi: 10.47065/tin.v4i8.4718.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.