ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-PAKSI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING STATISFACTION

Authors

  • Reski Piandari STMIK Lombok
  • Mohammad Taufan Asri Zaen STMIK Lombok

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7023

Abstract Views: 43 File Views: 39

Keywords:

e-Paksi; End User Computing Satisfaction; EUCS Method; User Satisfaction; SPSS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi e-Paksi dengan menerapkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Aplikasi e-Paksi merupakan platform digital yang menyediakan informasi dan layanan kependudukan secara daring kepada masyarakat. Pendekatan EUCS digunakan sebagai kerangka dalam mengevaluasi kepuasan pengguna berdasarkan sejumlah dimensi yang telah ditetapkan. Penelitian dimulai dengan penarikan sampel dari pengguna aplikasi yang berada di Dinas Pupr kabupaten lombok tengah. Informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta penyebaran kuesioner yang disusun menggunakan skala Likert lima tingkat. Sebanyak 20 responden dari Dinas Pupr kabupaten lombok tengah yang telah menggunakan aplikasi e-Paksi terlibat dalam penelitian ini. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS, meliputi uji validitas, reliabilitas, dan analisis hubungan antar variabel. Hasil pengujian menunjukkan bahwa lima faktor dalam metode EUCS sepenuhnya mampu menjelaskan variabel kepuasan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Istianah and W. Yustanti, “Analisis Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Jenius dengan Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) berdasarkan Perspektif Pengguna,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 4, pp. 36–44, 2022.

K. Haerani, K. Imtihan, and W. Murniati, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sidawai Menggunakan End User Computing Statisfaction (EUCS) DAn Importance Performance Analysis (IPA),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 4, pp. 845–854, 2024.

F. S. Bawardi, A. Rachmadi, and N. H. Wardani, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)(Studi Kasus: PT. XYZ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7694–7700, 2019.

A. M Nur Amin, “Penerapan Metode EUCS Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 7, no. 3, pp. 1–29, 2024.

H. Al Rasyid, A. Pratama, and T. L. M. Suryanto, “Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Studi Kasus: Aplikasi XYZ),” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 10, no. 13, pp. 311–326, 2024.

H. Syafly and L. Lendrawati, “analisa kepuasan pengguna aplikasi elekrtonik pencatatan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-ppgbm) menggunakan metode end user computing satisfacion (eucs),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3S1, 2024.

N. Pramudibyo, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Redbus Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 2, 2024.

R. Zulfiqri, B. N. Sari, and T. N. Padilah, “Analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi media sosial Instagram pada situs Google Play Store menggunakan Naïve Bayes Classifier,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, 2024.

Y. A. Takke, L. F. Marini, and L. Y. Baisa, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PELNI Mobile Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS),” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 8, no. 3, pp. 1921–1930, 2024.

A. Purwanto, M. Asbari, and T. I. Santoso, “Analisis data penelitian marketing: perbandingan hasil antara amos, smartpls, warppls, dan spss untuk jumlah sampel besar,” J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 2, no. 4, pp. 216–227, 2021.

S. Suwanti, A. Yudhana, and H. Herman, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Teknol. dan Inf., vol. 12, no. 2, pp. 149–161, 2022.

F. Li, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat,” 2023.

A. Yudistira and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 176–188, 2022.

F. N. Ramadhayanti and E. Rasywir, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 17, no. 1, pp. 143–151, 2023.

R. Agustina and L. A. Abdillah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” arXiv Prepr. arXiv2207.00642, 2022.

A. D. A. Rinjani and D. R. Prehanto, “Analisis kepuasan pengguna aplikasi bibit reksadana menggunakan metode eucs dan ipa,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 123–136, 2021.

V. A. Izzati and Y. Firmanto, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Kesehatan Halodoc Melalui Model End User Computing Satisfaction Selama Masa Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Mhs. FEB, vol. 9, no. 2, pp. 1–16, 2021.

N. A. Bella, N. Mutiah, and S. Rahmayuda, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Halodoc Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus: Pengguna Aplikasi Halodoc di Kota Pontianak),” Coding J. Komput. dan Apl., vol. 12, no. 3, pp. 216–227.

Downloads

Published

2025-07-14

How to Cite

Piandari, R., & Zaen, M. T. A. (2025). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-PAKSI MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING STATISFACTION. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i3.7023

Issue

Section

Articles