ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA PADA PROTOTIPE APLIKASI MOBILE CRYPTO WALLET TOROGRIZZ MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6452Abstract Views: 113 File Views: 65
Abstract
Abstrak. Penelitian ini menganalisis pengalaman pengguna pada aplikasi mobile crypto wallet ToroGrizz melalui metode pengujian System Usability Scale (SUS). Studi fokus pada evaluasi antarmuka pengguna meliputi enam fitur utama: pembuatan dompet, impor dompet, beranda, pertukaran token, riwayat transaksi, dan pengaturan. Pengujian dilakukan terhadap 6 responden dengan menggunakan kuesioner standar SUS. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata 58.1, mengindikasikan tingkat kegunaan cukup untuk antarmuka dalam manajemen aset digital.Downloads
References
S. Houy, P. Schmid, and A. Bartel, “Security Aspects of Cryptocurrency Wallets—A Systematic Literature Review,” ACM Comput. Surv., vol. 56, no. 1, pp. 1–31, Jan. 2024, doi: 10.1145/3596906.
K. Krombholz, A. Judmayer, M. Gusenbauer, and E. Weippl, “The Other Side of the Coin: User Experiences with Bitcoin Security and Privacy,” in Financial Cryptography and Data Security, vol. 9603, J. Grossklags and B. Preneel, Eds., in Lecture Notes in Computer Science, vol. 9603. , Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg, 2017, pp. 555–580. doi: 10.1007/978-3-662-54970-4_33.
I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P. Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 25–29, Apr. 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i1.29289.
I. N. T. A. Putra, V. T. Djani, and Fariani, “Analisis User Experience Pada E-Wallet GoPay Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Nas. Komputasi Dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 3, pp. 295–300, Jun. 2013.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “FAKTOR-FAKTOR TAMPILAN UI/UX YANG MEMPENGARUHI PSIKOLOGIS MANUSIA,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, Dec. 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
G. S. Mahendra and I. K. A. Asmarajaya, “Konservasi Kidung Sekar Madya dalam Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Successive Approximation Model,” J. Sist. Dan Teknol. Inf. JustIN, vol. 10, no. 4, p. 542, Dec. 2022, doi: 10.26418/justin.v10i4.56806.
G. S. Mahendra, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS MOBILE UNTUK PEMETAAN DAERAH TUJUAN WISATA DI PULAU BALI”.
I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, and N. N. Widiyaningsih, “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE PADA MATERI HIDROKARBON,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 43–52, 2019.
P. W. Jordan, Ed., Usability evaluation in industry. London ; Bristol, Pa: Taylor & Francis, 1996.
A. Kusumaningtyas and P. Prihandoko, “Evaluasi Layanan Kesehatan Aplikasi Depok Single Window Dengan Metode System Usability Scale dan Heuristic Evaluation,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, pp. 167–174, Feb. 2024, doi: 10.25126/jtiik.20241117714.
L. N. Azizah, “EVALUASI USABILITY APLIKASI MOBILE IBIS PAINT X MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” J. Inform. Dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3726.
I. N. T. A. Putra, I. P. S. Dwipayana, and M. F. Somantri, “Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation Serta Pengaruh Skin dalam Kepercayaan Diri untuk Meningkatkan Probabilitas Kemenangan,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 107–115, Sep. 2023.
F. Amaliyah and T. Dirgahayu, “EVALUASI DAN REKOMENDASI PENINGKATAN UI/UX PADA APLIKASI E-PERPUS,” JATI J. Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 4, pp. 5749–5754, Jun. 2024, doi: 10.36040/jati.v8i4.10022.