PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE MEMBERSHIP GYM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6434Abstract Views: 150 File Views: 251
Abstract
Aplikasi membership gym berbasis mobile semakin dibutuhkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi manajemen gym. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa pengguna menghadapi tantangan dalam pembayaran keanggotaan, pencatatan jadwal latihan, serta kurangnya motivasi dalam berolahraga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan solusi berupa aplikasi dengan fitur utama seperti pembayaran otomatis, sistem pemesanan kelas, gamifikasi, dan personalisasi program latihan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan efisiensi operasional gym. Kesimpulannya, pendekatan berbasis pengguna ini efektif dalam menciptakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, dan pengembangan lebih lanjut dapat mencakup integrasi teknologi AI untuk pengalaman yang lebih personal.