PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) MOBILE LEARNING INFORMATIKA DENGAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • I Putu Rajendra Pradipatyudha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6432

Abstract Views: 218 File Views: 148

Abstract

Informatika merupakan mata pelajaran penting yang membekali peserta didik dengan pemahaman tentang pengolahan data, pemrograman, dan teknologi informasi yang dimana memberikan banyak dampak. Namun, para pelajar mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar karena media pembelajaran yang masih konvensional dan kurang interaktif, sehingga berdampak pada rendahnya efektivitas belajar, sehingga untuk mengatasi masalah ini perlu dirancang sebuah aplikasi mobile learning yang mendukung pembelajaran informatika. Penelitian ini berfokus pada perancangan user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi mobile learning dengan menggunakan metode Design Thinking. Metode ini diterapkan melalui lima tahap: empathize, define, ideiate, prototyping, dan testing. Pada tahap prototyping, perancangan dilakukan menggunakan Figma dengan desain high-fidelity, sedangkan tahap testing menggunakan software Maze untuk mengevaluasi fungsionalitas dan efektivitas desain. Hasil penelitian ini berupa prototipe aplikasi mobile learning yang lebih interaktif dan intuitif, sehingga meningkatkan pengalaman dan efektivitas belajar peserta didik dalam memahami konsep informatika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Alamsyah, E. Yuliani, N. Kartika Ramadhan, and R. Rosdiah, “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVATERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MATA PELAJARAN INFORMATIKA,” Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS), vol. 1, no. 2, pp. 77–87, 2023.

N. Kadek, T. Agustini, P. Wayan, A. Suyasa, I. Nyoman, and I. Wiradika, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERKONSEP GAMIFIKASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 13, no. 2, 2024.

I. Made, A. R. Putra, M. Windu, A. Kesiman, I. Gede, and M. Darmawiguna, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI KELAS X SMKN 1 MANGGIS,” 2023.

K. Agus Kamiana, M. Windu, A. Kesiman, and G. A. Pradnyana, “PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN VIRUS BERBASIS ANDROID,” 2019.

K. S. Kartini, N. Tri, and A. Putra, “RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID,” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, vol. 4, pp. 12–19, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPK/index

G. Doni Agustina, I. Gede Mahedra Darmawiguna, and I. Made Gede Sunarya, “Pengembangan Media Edukasi Wayang Kulit Bali (Balinese Shadow Pupet) berbasis Android,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 4, no. 4, 2015.

Y. Rumengan, C. Talakua, S. Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Gotong Royong Masohi, and J. Trans Seram Belakang Negeri Haruru, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS SMARTPHONE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SERAM UTARA BARAT,” Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi (Agustus), no. 10.

K. Sepdyana Kartini, N. Tri, and A. Putra, “Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Hidrokarbon,” Jurnal Edutech Undiksha, vol. 10, no. 1, pp. 117–125, 2022, doi: 10.23887/jeu.v10i1.41877.

A. Sönmez, L. Göçmez, D. Uygun, and M. Ataizi, “│Issue 1│2018 Learning.” [Online]. Available: http://dergipark.gov.tr/jetol

M. H. Santoso, “Pengembangan Aplikasi Mobile yang User-Friendly: Strategi Desain UX.”

M. N. Ashiddiq, “PERANCANGAN UI/UX LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) APLIKASI MOBILE EDU-LEARN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 1, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3693.

N. Tri, A. Putra, I. Putu, S. Dwipayana, and M. F. Somantri, “Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Metode Heuristic Evaluation Serta Pengaruh Skin dalam Kepercayaan Diri untuk Meningkatkan Probalitas Kemenangan,” vol. 9, no. 2, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.fikom-unasman.ac.id

M. Anwar, A. Ratnasari, Y. Wicaksono, and R. Nur Rachman Dzakiyullah, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI WAWANCARA DARING NARASOURCE,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.4922.

N. Tri et al., “Analisis User Experience Pada Layanan Telekomunikasi Operator Seluler Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” Digital Transformation Technology (Digitech) | e, vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.47709/digitech.v3i1.2391.

A. Aldi, A. H. Mufidah, and C. B. Sanjaya, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN PAKET WISATA DI DESA WONOKITRI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.5250.

N. Tri, A. Putra, A. A. Dewi, P. Sari, N. Trinity, and L. Maharani, “TeknoIS: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains [221] Perancangan User Interface Pura Teluk Terima Dengan Metode Design Thinking,” vol. 13, pp. 221–233, 2023, doi: 10.36350/jbs.v13i2.

P. Yudia Pratiwi, N. Putu, and E. Suchahyani, “IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD AND USABILITY TESTING IN THE DESIGN OF A SCHOLARSHIP INFORMATION SYSTEM,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 21, no. 2, 2024.

N. Shahrasbi, L. Jin, and W.-J. Zheng, “Teaching Tip: Design Thinking and Mobile App Development: A Teaching Protocol,” Journal of Information Systems Education, vol. 32, no. 2, pp. 92–105, 2021.

N. Putu Anisa Marta Widyasari, I. Ketut Resika Arthana, and P. Yudia Pratiwi, “Perbaikan Pengalaman Pengguna Sistem Pendaftaran Kembali Undiksha Menggunakan Metode Design Thinking Improving the User Experience of the Undiksha Re-registration System Using the Design Thinking Method.”

R. Fahrudin and R. Ilyasa, “PERANCANGAN APLIKASI ‘NUGAS’ MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN AGILE DEVELOPMENT,” 2021.

D. Schallmo, C. A. Williams, and K. Lang, “An Integrated Design Thinking Approach-Literature Review, Basic Principles and Roadmap for Design Thinking,” 2018. [Online]. Available: www.ispim.org.

I. Putu, N. Febrianto, P. Dessy, S. Wahyuni, and N. Sugihartini, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA KELAS XI MATA PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MATERI ‘SISTEM SIRKULASI PADA MANUSIA DAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN’ DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 3, 2021.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Pradipatyudha, I. P. R., & Anindia Putra, I. N. T. (2025). PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) MOBILE LEARNING INFORMATIKA DENGAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6432

Issue

Section

Articles