EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA PENGGUNA PADA FITUR LIVE SHOPEE MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

Authors

  • Ni Putu Dini Anggreni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Anindia Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Raditya Janardana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6427

Abstract Views: 321 File Views: 280

Abstract

Fitur Live Shopee merupakan layanan interaktif dalam aplikasi Shopee yang memungkinkan pembelian secara langsung melalui siaran langsung. Namun, sejumlah permasalahan ditemukan pada aspek UI/UX, seperti tampilan monoton, navigasi membingungkan, dan kurangnya daya tarik visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merancang ulang UI/UX fitur tersebut menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang mencakup enam skala: Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 60 responden sebelum dan sesudah desain ulang. Hasil menunjukkan peningkatan skor pada seluruh skala, yaitu: Attractiveness (0,19 → 1,31), Perspicuity (0,30 → 1,57), Efficiency (0,66 → 1,54), Dependability (0,38 → 1,20), Stimulation (-0,16 → 1,05), dan Novelty (0,04 → 0,73). Peningkatan ini mengindikasikan bahwa desain ulang berhasil memperbaiki kualitas pengalaman pengguna. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan berbasis data dan desain berorientasi pengguna efektif dalam meningkatkan kenyamanan dan efisiensi fitur e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Z. Alamin, R. Missouri, S. Sutriawan, F. Fathir, and K. Khairunnas, “Perkembangan E-commerce: Analisis Dominasi Shopee sebagai Primadona Marketplace di Indonesia,” J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), vol. 6, no. 2, pp. 120–131, Dec. 2023, doi: 10.52266/jesa.v6i2.2484.

Y. L. R. Rehatalanit, “PERAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS.” doi: https://doi.org/10.35968/jti.v5i0.764.g747.

N. Nyoman, A. Widiasih, and N. Sujana, “Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Pengaruh Viral Marketing dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Shopee Live pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha,” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 12, no. 1, pp. 60–66, Sep. 2024, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU

N. R. Wiwesa, “USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN,” 2021. Accessed: Mar. 15, 2025. [Online]. Available: https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2

“User Experience Questionnaire Handbook.” [Online]. Available: www.ueq-online.org

M. Schrepp, J. Kollmorgen, and J. Thomaschewski, “A Comparison of SUS, UMUX-LITE, and UEQ-S,” German, Feb. 2023.

I. S. K. Idris, Y. A. Mustofa, and I. A. Salihi, “Analisis Sentimen Terhadap Penggunaan Aplikasi Shopee Mengunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM),” Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, vol. 5, no. 6, pp. 823–35, Jan. 2023.

S. G. A’yuni and D. Chusumastuti, “Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee terhadap Minat Beli Masyarakat,” Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, pp. 49–58, Dec. 2021, doi: 10.56873/jimik.v5i1.154.

C. Cahyaningtyas, Y. Nataliani, and I. R. Widiasari, “Analisis sentimen pada rating aplikasi Shopee menggunakan metode Decision Tree berbasis SMOTE,” AITI: Jurnal Teknologi Informasi, vol. 18, no. Agustus, pp. 173–184, Nov. 2021, doi: https://doi.org/10.24246/aiti.v18i2.173-184.

I. M. A. P. Mitha, I. M. A. Pradnyana, and I. G. A. A. D. Indradewi, “Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Karya Akhir Menggunakan Metode McCall_Studi Kasus di Universitas Pe,” vol. 23, pp. 935–946, Nov. 2004.

P. Y. Pratiwi, I. M. Ardwi Pradnyana, and N. K. Winda Damayanti, “Usability Analysis on Digital Library Information System using System Usability Scale (SUS),” in Proceedings - IEIT 2023: 2023 International Conference on Electrical and Information Technology, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2023, pp. 293–298. doi: 10.1109/IEIT59852.2023.10335582.

N. Saputra et al., “ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PaTik BALI DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 8, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202182763.

M. Ariansidi, I. M. Candiasa, I. Made, and G. Sunarya, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Usability Pada Sistem Informasi LAPORBUP Menggunakan Performance Measurement, Retrospective Think Aloud dan User Experience Questionnaire,” Media Online), vol. 3, no. 6, pp. 754–764, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.807.

N. K. R. Juniantari, I. Nyoman, and T. A. Putra, “ANALISIS SISTEM INFORMASI DPMPTSP MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE,” Jurnal Informatika dan Komputer) Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.33387/jiko.

J. Kollmorgen, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Selecting the Appropriate User Experience Questionnaire and Guidance for Interpretation: the UEQ Family,” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, vol. In press, no. In press, p. 1, 2024, doi: 10.9781/ijimai.2024.08.005.

M. Schrepp, J. Kollmorgen, and J. Thomaschewski, “Impact of Item Polarity on the Scales of the User Experience Questionnaire (UEQ),” in International Conference on Web Information Systems and Technologies, WEBIST - Proceedings, Science and Technology Publications, Lda, 2023, pp. 15–25. doi: 10.5220/0012159900003584.

Z. M. Arkan, A. Gandhi, and A. P. Kurnianti, “Evaluasi dan Perancangan Ulang User Experience Pada Aplikasi Media Sosial Xyz Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” Bandung, Oct. 2023.

S. Rasio Henim and R. Perdana Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Politeknik Caltex Riau, vol. 6, no. 1, pp. 69–78, May 2020, [Online]. Available: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/

W. R. Putra and N. A. O. Saputri, “Desain UI/UX Aplikasi E-commerce Berbasis Mobile pada DK Tou Variasi Memanfaatkan Figma,” Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, pp. 221–228, Jan. 2024, doi: 10.35870/jimik.v5i1.455.

B. Nurohman and A. Aziz, “Analisis UI/UX Terhadap Perancangan Toko Online Dengan Menggunakan Pendekatan Human Centered Design,” Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 27–37, Jun. 2024, doi: https://doi.org/10.35329/jiik.v10i1.291.

R. Hasna Salsabil Rakha and S. Hadi Wijoyo, “Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 12, pp. 5391–5401, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

L. A. T. Arakian, I. G. M. Darmawiguna, and I. G. A. A. D. Indradewi, “EVALUATION OF USER SATISFACTION USING THE PIECES FRAMEWORK IN THE TEMAN BUS APPLICATION,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 19, no. 1, pp. 11–18, Mar. 2023, doi: 10.33480/pilar.v19i1.3948.

I. Walhidayah, I. Made Ardwi Pradnyana, and I. Gusti Lanang Agung Raditya Putra, “Evaluasi Usability Aplikasi Rudaya Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire Usability Evaluation of Rudaya Applications Using Usability Testing and USE Questionnaire Methods.” [Online]. Available: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.rudaya.rudayaapp

P. W. S. Dewi, G. R. Dantes, and G. Indrawan, “User experience evaluation of e-report application using cognitive walkthrough (cw), heuristic evaluation (he) and user experience questionnaire (ueq),” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, Jun. 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1516/1/012024.

D. Novianti, “REDESIGN USER INTERFACE WEBSITE UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4300.

M. Iqbal Sain, M. Asep Rizkiawan, M. A. Maulana Rahmat, and M. Sidik, “OPTIMALISASI PENGALAMAN PENGGUNA: REDESIGN UI/UX WEBSITE SIMAKIP UHAMKA DENGAN METODE DESIGN THINKING.,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 13, no. 1, Jan. 2025, doi: 10.23960/jitet.v13i1.5479.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Anggreni, N. P. D., Putra, I. N. A., & Janardana, I. K. R. (2025). EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG ANTARMUKA PENGGUNA PADA FITUR LIVE SHOPEE MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6427

Issue

Section

Articles