IMPLEMENTASI PEMBATASAN AKSES GAME ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BELAJAR PADA JARINGAN RUMAH

Authors

  • Radi Alpiyanto Universitas Singaperbangsa Karawang
  • E. Haodudin Nurkifli Nurkifli Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Carudin Carudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6360

Abstract Views: 158 File Views: 118

Abstract

Abstrak. Pesatnya perkembangan teknologi digital telah membawa dampak besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Game online menjadi salah satu hiburan yang digemari, namun penggunaannya yang berlebihan dapat mengganggu produktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem pembatasan akses game online berbasis waktu guna meningkatkan produktivitas belajar pengguna jaringan Wi-Fi rumah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Science Research (DSR) yang terdiri dari identifikasi masalah, perancangan solusi, implementasi, demonstrasi, dan evaluasi. Sistem pembatasan diterapkan melalui konfigurasi firewall pada router untuk memblokir akses game online selama jam belajar (19:00–21:00). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pembatasan ini mampu mengurangi durasi bermain game hingga 59,11% serta meningkatkan waktu belajar sebesar 271,96%. Dengan demikian, sistem ini efektif dalam membantu pengguna mengelola waktu secara lebih produktif serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.

Abstract. The rapid development of digital technology has had a significant impact on various aspects of life, including education. Online games have become a popular form of entertainment, but excessive usage can disrupt learning productivity. This study aims to implement a time-based online game access restriction system to improve the learning productivity of home Wi-Fi users. The research method used is Design Science Research (DSR), which consists of problem identification, solution design, implementation, demonstration, and evaluation. The restriction system is applied through firewall configuration on routers to block online game access during study hours (19:00–21:00). The results show that implementing this restriction system reduces gaming duration by 59.11% and increases study time by 271.96%. Thus, this system effectively helps users manage their time more productively and creates a more conducive learning environment.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Alpiyanto, R., Nurkifli, E. H. N., & Carudin, C. (2025). IMPLEMENTASI PEMBATASAN AKSES GAME ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BELAJAR PADA JARINGAN RUMAH. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6360

Issue

Section

Articles