DESAIN ANTARMUKA WEBSITE PELAYANAN PENGADUAN PELANGGAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.6104Abstract Views: 362 File Views: 342
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang tampilan atau desain antarmuka website yang digunakan untuk pelayanan pengaduan pelanggan di PDAM Tirtanadi Cabang Pemasaran Air Limbah Kota Medan dengan menggunakan pendekatan Design Thinking. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kebutuhan akan sistem pengaduan yang modern dan efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Metode ini diterapkan dalam lima tahapan utama design thinking, yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test, yang dirancang untuk memahami kebutuhan pengguna serta menciptakan solusi teknologi yang tepat. Prototipe dikembangkan menggunakan figma, dengan fokus pada fungsionalitas, estetika, dan kemudahan akses. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain antarmuka website yang telah dikembangkan tidak hanya mampu meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga memberikan transparansi dan efisiensi dalam proses pengelolaan pengaduan. Diharapkan, implementasi desain ini akan berkontribusi pada peningkatan kepuasan pelanggan, mempercepat penyelesaian pengaduan, dan memperkuat citra PDAM Tirtanadi sebagai penyedia layanan publik yang profesional.Downloads
References
Z. Zulfikri, “Sistem Informasi Pencatatan Pengaduan Dan Keluhan Di Unit Layanan Pelanggan PT. PLN Selatpanjang,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 146–151, 2022, doi: 10.47233/jteksis.v4i1.391.
H. Hurnaningsih, E. A. Julisawati, and S. Mardiyati, “Development of an Information System for Managing Customer Complaint Data at PT PLN Persero Depok City,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 8, no. 1, p. 92, 2024, doi: 10.52362/jisicom.v8i1.1522.
A. Fatmasari and F. Fitriasih, “Sistem Informasi Data Pelanggan Service Komputer Pada Cv Kurnia Komputer Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 3537–3544, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9745.
W. S. Hapsoro, A. P. Kharisma, and D. S. Rusdianto, “Pengembangan Sistem Pelayanan Pengaduan Pelanggan Pada PT . PLN ( Persero ) Rayon Malang Kota,” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 8706–8714, 2019.
I. Rochmawati, “Iwearup.Com User Interface Analysis,” Visualita, vol. 7, no. 2, pp. 31–44, 2019, doi: 10.33375/vslt.v7i2.1459.
N. Najib and M. R. Abidin, “PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA APLIKASI KOMUNITAS VIRTUAL,” vol. 4, no. 3, pp. 57–63, 2023.
L. A. Sholaihah, R. Andrian, and U. P. Indonesia, “UI UX DESIGN : SENI KERAJINAN YANG MELIBATKAN PENGALAMAN,” vol. 10, no. 1, pp. 49–54, 2024.
M. Menggunakan and A. Figma, “INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA,” no. December 2020, 2024, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
M. A. Rizkiawan and K. J. Timur, “OPTIMALISASI PENGALAMAN PENGGUNA : REDESIGN UI / UX WEBSITE SIMAKIP UHAMKA DENGAN METODE DESIGN THINKING,” vol. 13, no. 1, pp. 35–44, 2025.
E. Ardila, C. Aminuallah, and S. Informasi, “Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknologiterkini.org, vol. 2, no. 12, pp. 2022–2023, 2022, [Online]. Available: https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1597
M. Azmi, A. P. Kharisma, and M. A. Akbar, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking ( Studi Kasus GrabFood ),” vol. 3, no. 8, pp. 7963–7972, 2019.
I. A. Anggraini, E. Pujianto, T. M. Ningrum, and H. H. Adinugraha, “Training in Accounting Information Systems (Flowcharts) on the Financial Statements of Ukm Beladiri Uin Kh. Abdurrahman Wahid Pekalongan,” JIECEM J. Islam. Econ. Community Engagem., vol. 2, no. 1, pp. 160–168, 2021, doi: https://doi.org/10.14421/jiecem.2021.2.2.1642.
Ni Nyoman Emang Smrti, A. I Putu Gd Sukenada, D. T. R. Ni Kadek, A. Adnan, and J. Pande Putu Ode, “Flowgorithm Sebagai Penunjang Pembelajaran Algoritma dan Pemrograman,” J. Bangkit Indones., vol. 12, no. 1, pp. 56–64, 2023, doi: 10.52771/bangkitindonesia.v12i1.218.
H. Sitompul, Z. Matondang, E. Daryanto, and F. Syahputra, “Use Case Diagram Design For Information System Services To Students At The Faculty Of Engineering Universitas Negeri Medan,” 2024, doi: 10.4108/eai.24-10-2023.2342345.
K. ’Afiifah, Z. F. Azzahra, and A. D. Anggoro, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review,” Intech, vol. 3, no. 2, pp. 18–22, 2022, doi: 10.54895/intech.v3i2.1682.
S. M. Pulungan, R. Febrianti, T. Lestari, N. Gurning, and N. Fitriana, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram Dalam Perancangan Database,” J. Ekon. Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 98–102, 2023, doi: 10.47233/jemb.v1i2.533.
L. Ong, “Penguatan Kewirausahaan melalui Pengenalan Business Model Canvas,” J. Sustain. Community Dev., vol. 5, no. 1, pp. 123–131, 2023, doi: https://doi.org/10.32924/jscd.v5i1.73.



