DESAIN ANTARMUKA WEBSITE PEMASARAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

Authors

  • Najwa Fadiyah Nasution Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tri Rahmadani Nasution Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yayi Naulia Silalahi Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rahmad Syuhada Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.6102

Abstract Views: 310 File Views: 208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain antarmuka website pemasaran pada PDAM Tirtanadi Cabang Pemasaran Air Limbah Kota Medan, dengan fokus pada peningkatan promosi layanan pengelolaan air limbah. Pentingnya topik ini didorong oleh kurangnya pemahaman masyarakat tentang layanan tersebut menyebabkan rendahnya minat dan kesadaran masyarakat terhadap layanan PDAM Tirtanadi. Desain antarmuka ini menggunakan pendekatan Design Thinking, pendekatan ini melibatkan analisis kebutuhan pengguna, perancangan antarmuka fungsional dan estetis, serta prototyping menggunakan Figma. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain antarmuka berkualitas baik dapat meningkatkan pengalaman pengguna serta efektivitas promosi, hal ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan memperkuat citra PDAM Tirtanadi sebagai penyedia layanan profesional. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi penting bagi pengembangan website pemasaran, tidak hanya informatif tetapi juga menarik dan mudah diakses oleh pengguna. Dengan demikian, penerapan desain secara tepat dapat mengoptimalkan proses promosi pada PDAM Tirtanadi Cabang Pemasaran Air Limbah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. Panggabean dan N. L. Meilani, “Digitalisasi Pelayanan Publik Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman Dalam Tinjauan Digital Era Governance),” SENTRI J. Ris. Ilm., vol. 2, no. 3, hal. 721–728, 2023, doi: 10.55681/sentri.v2i3.622.

I. Basyo dan Anirwan, “Pelayanan Publik Era Digital: Studi Literatur,” Indones. J. Intellect. Publ., vol. 4, no. 1, hal. 23–31, 2023, doi: 10.51577/ijipublication.v4i1.477.

A. Fadhlurrahman, “Analisis Pemasaran Melalui Optimalisasi Website Frozenjakarta. Com Di Pt. Niaga Digital Persada Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Tahun 2023,” J. Pijar, vol. 2, no. 1, hal. 168–189, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb/article/view/1231%0Ahttps://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb/article/download/1231/429

S. Aisyah dan K. R. Rachmadi, “Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, hal. 442–448, 2022, doi: 10.46576/rjpkm.v3i2.1866.

A. A. A. Ushud, I. Novita, dan N. Juliasari, “Pelatihan Pemanfaatan CMS Untuk Pembuatan Website Bagi OrangTua Siswa Sekolah Alam Tangerang,” JAM-TEKNO (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masy. TEKNO), vol. 2, no. 1, hal. 20–25, 2021.

“Tirtanadi.” Diakses: 21 Januari 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://tirtanadi.co.id/

L. Ramahdani, D. K. Putri, dan Zainarti, “Analisis Penerapan Aplikasi Digital Guna Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT PLN ( Persero ) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan ( UP3 ) Binjai,” J. Ilm. Res. Student, vol. 1, no. 1, hal. 172–180, 2023.

Husni, H. Basri, R. Ansahar, D. A. Maulana, dan J. Salat, “Faktor yang mempengaruhi antar muka pengguna pada aplikasi brainly berbasis mobile,” TECHSI, vol. 15, no. 2, hal. 15–27, 2024.

N. S. Ariani, T. Rochmadi, N. R. Dzakiyullah, dan A. Ratnasari, “PERANCANGAN DESIGN UI / UX PEMESANAN TIKET TRAVEL WEB PADA PT . RMANJA,” JITET (Jurnal Inform. dan Tek. Elektro Ter. pISSN, vol. 13, no. 1, hal. 280–291, 2025.

A. Kholik, A. Soegiarto, W. P. Sari, dan U. Negeri, “Strategi Komunikasi Visual dalam User Interface ( UI ) dan User Experience ( UX ) Untuk Membangun Kepuasan Pengguna,” TUTURAN J. Ilmu Komunikasi, Sos. dan Hum., vol. 2, no. 4, hal. 335–344, 2024.

Rakhmadi Rahman, Abdul Khalik Hartono, dan Natasya taslim, “Rekacipta Antarmuka Pengguna Intuitif dan Ramah Pengguna untuk Sistem Operasi Windows: Pendekatan Berbasis Pengalaman Pengguna (Ux),” J. Penelit. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 2, no. 3, hal. 17–28, 2024, doi: 10.54066/jptis.v2i3.2200.

M. Ridwan Wibowo dan H. Setiaji, “Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” Pros. Autom., vol. 8, no. 75, hal. 147–154, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:

W. Darmalaksana, “Template Penulisan Artikel Hadis dengan Pendekatan Design Thinking,” vol. 2507, no. February, hal. 1–9, 2020.

N. Herawati, T. Lindriati, dan I. Bagus Suryaningrat, “Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Kedelai Edamame Goreng,” J. Agroteknologi, vol. 13, no. 01, hal. 10, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.com.sg/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=22&ved=2ahUKEwiP6ITxiaXlAhWd6nMBHWxaASQ4FBAWMAF6BAgDEAI&url=https%3A%2F%2Fjurnal.unej.ac.id%2Findex.php%2FJAGT%2Farticle%2Fdownload%2F8554%2F6748%2F&usg=AOvVaw1Qb7cId3iNN0iHSKhF9BLV

A. Zalukhu, S. Purba, dan D. Darma, “Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart,” J. Teknol. Inf. dan Ind., vol. 4, no. 1, hal. 61–70, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://ejurnal.istp.ac.id/index.php/jtii/article/view/351

R. Rohmanto dan T. Setiawan, “Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Luring dan Daring Menggunakan Metode Use case dan Sequence Diagram,” Intern. (Information Syst. Journal), vol. 5, no. 1, hal. 53–62, 2022, doi: 10.32627/internal.v5i1.506.

H. E. Sari dan R. Prasetiawati, “Analisis Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada PT. INOVATIF TEKNIK MESINDO,” Technomedia J., vol. 5, no. 1 Agustus, hal. 1–13, 2020, doi: 10.33050/tmj.v5i1.881.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Nasution, N. F., Nasution, T. R., Silalahi, Y. N., & Syuhada, R. (2025). DESAIN ANTARMUKA WEBSITE PEMASARAN MENGGUNAKAN DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.6102

Issue

Section

Articles