RANCANG BANGUN E-MARKETPLACE UMKM PASTRY & BAKERY (BAKEHOUSE) BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER

Authors

  • Muhammad Alfian Sendhy Ramadhinata Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Agussalim Agussalim Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Nur Cahyo Wibowo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5601

Abstract Views: 255 File Views: 247

Abstract

Banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pastry & bakery yang masih dijalankan oleh sedikit sumber daya manusia atau bahkan secara mandiri. Tantangan yang sedang dihadapi adalah kurangnya pemasaran, jangkauan pasar, dan pengelolaan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi e-marketplace berbasis mobile dengan menggunakan framework Flutter untuk antarmuka pengguna, Firebase sebagai layanan backend, serta Midtrans sebagai payment gateway. Metode pengembangan yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu perencanaan syarat-syarat, workshop desain RAD, dan implementasi. Aplikasi e-marketplace yang dihasilkan memiliki total 20 fitur, termasuk 4 fitur utama untuk memenuhi kebutuhan UMKM Pastry & Bakery. Fitur-fitur ini mencakup manajemen produk, pemrosesan pesanan, integrasi pembayaran, dan laporan pendapatan. Pengujian sistem dilakukan sebanyak dua kali iterasi menggunakan metode black box testing guna memastikan fungsionalitas dan kinerja aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keseluruhan sistem telah berjalan dengan baik tanpa adanya error. Melalui sistem ini, pengelola UMKM dapat mengatur penjualan dan keuangan, serta memantau inventori, dan pelanggan dapat menemukan UMKM terdekat dari lokasi mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Alfian Sendhy Ramadhinata, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Information Systems

Agussalim Agussalim, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Information Systems

Nur Cahyo Wibowo, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Information Systems

References

A. Ahdiat, “Indonesia punya UMKM terbanyak di ASEAN, bagaimana daya saingnya?,” diakses daring pada https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/11/indonesia-punya-umkm-terbanyak-di-asean-bagaimana-daya-saingnya, 15 September 2024.

A. Ahdiat, "Dampak Digitalisasi bagi UMKM Mayoritas Positif," diakses daring pada https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/019dc333a08eb3c/dampak-digitalisasi-bagi-umkm-mayoritas-positif, 15 September 2024.

A. Ahdiat, “Sektor UMKM yang banyak manfaatkan teknologi digital,” diakses daring pada https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/14/ini-sektor-umkm-yang-banyak-manfaatkan-teknologi-digital, 15 September 2024

Eric Ries, “The Lean Startup”, Cetakan Pertama, Fletcher & Company, New York 2011.

W. A. S. A. Hootsuite, "Digital 2020 Indonesia : All The Data, Trends, And Insights You Need To Help You Understand How People Use The Internet, Mobile, Social Media, And Ecommerce," 2020.

D. M. R. Islam and T. Mazumder, "Mobile Application and Its Global Impact," International Journal of Engineering and Technology, 2010.

D. Cahyo, "Penggunaan Smartphone di Indonesia Tahun," 18 April 2017.

Flutter.dev, "Flutter Documentation," 2020.

S. Aswati and Y. Siagian, "Model Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Rumah (Studi Kasus: Perum Perumnas Cabang Medan)," Open Access Journal of Information Systems (OAJIS), 2016.

M. Hasanudin, D. P. Kristiadi, A. Roihan and Haris, "Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Proyek(SiJasPro) berbasis Mobile," IT Journal Research and Development (ITJRD), pp. 149-156, 2020.

J. W. ,. D. K. ,. J. O. Efraim Turban, Introduction to Electronic Commerce and Social Commerce, 2017.

R. F. Adiyanto, "Authentication Of Transaction Process In E-marketplace Based On Blockchain Technology," Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 2, pp. 68-74, 2020.

Google, diakses daring pada https://flutter.dev/, 4 September 2024.

N. S. R. G. T. G. P. C. Aakanksha Tashildar, "Application Development Using Flutter," International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science, vol. 02, no. 08, pp. 1262-1266, 2020.

Google, diakses daring pada https://firebase.google.com/, 4 Oktober 2024.

K. E. Kendall and J. E. Kendall, Systems Analysis and Design (8th ed), New Pearson, 2011.

W. Andriati, "Sistem Informasi Pelaporan Realisasi E-Order Berbasis Web Pada Pemerintah Kota Jakarta Timur," Jurnal PROSISKO, 2023.

A. R. Sukamto and M. Shalahuddin, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, Bandung, 2011.

A. Hendini, "Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak)," Jurnal Khatulistiwa Informatika, 2016.

Al Rahma, A.Q., Afandi, M.I., & Arifiyanti, A.A., “Rancang Bangun Multi-Platform Mobile Application Sistem Informasi Pendukung Program Merdeka Belajar”, Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan (JITET), 2024.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Ramadhinata, M. A. S., Agussalim, A., & Wibowo, N. C. (2025). RANCANG BANGUN E-MARKETPLACE UMKM PASTRY & BAKERY (BAKEHOUSE) BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 13(1). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5601

Issue

Section

Articles